Apakah Membeli Dota 2 Battle Pass Itu Worth It?

Dota 2

Dota 2 Battle Pass tentu sudah tidak asing lagi bagi para pemain kasual maupun pro game MOBA PC tersebut. Sejak dimulai pada 2013, Battle Pass memang selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu pemain. Sebab, dari sana tersedia akses eksklusif ke turnamen dan event tertentu hingga berbagai macam kosmetik menarik.

Dilansir dari killping, gamepedia dan otakukart, untuk mendapatkan akses Battle Pass, pemain harus membeli semacam tiket terlebih dahulu. Nantinya, hasil penjualan Battle Pass ini akan dikembalikan lagi kepada komunitas Dota 2. Biasanya dalam bentuk hadiah turnamen, sehingga tidak heran kalau turnamen Dota 2 berani menawarkan hadiah yang sangat tinggi.

Latar Belakang Dota 2 Battle Pass

TI9
TI9

Bagi pemain baru, terutama yang baru bermain setelah TI9 selesai mungkin kurang familier dengan Battle Pass. Sebab, event selanjutnya baru akan berlangsung sebelum TI10, yang seharusnya dijadwalkan Agustus ini. Sayangnya, perilisan Dota 2 Battle Pass 2020 belum bisa dipastikan akibat wabah COVID-19 di seluruh dunia.

Nah, bagi yang belum tahu, pada 2013 hingga 2015 event ini sempat menggunakan nama The International Compendium. Baru mulai 2016 Valve mengubah namanya menjadi Dota 2 Battle Pass dan sistemnya digunakan sampai sekarang. Bisa dibilang ini adalah bentuk dukungan dari dan untuk komunitas Dota 2 sendiri.

Seperti diketahui, Dota 2 adalah permainan gratis yang bisa diunduh oleh siapapun melalui Steam. Valve sama sekali tidak mendapat keuntungan dari penjualan game, walaupun ada transaksi mikro di dalam game. Sampai akhirnya, pada awal 2016 Valve mulai menjual Battle Pass yang kemudian dikenal sebagai acara musiman DLC.

Mengenal Battle Pass

TI9

Pemain kasual bisa membeli ‘tiket’ Battle Pass ini dengan harga kurang dari $10. Jika dirupiahkan harganya memang lumayan mahal, tetapi masih masuk akal. Ketika memasuki Battle Pass, pemain memulai dari level satu dan akan terus naik dengan menyelesaikan Quests.

Ada beberapa jenis Quests yang bisa diselesaikan, baik tugas harian atau pencapaian tertentu. Setiap kali naik level, maka hadiah baru akan terbuka dan biasanya itu adalah kosmetik eksklusif. Jika Anda juga menonton turnamen Dota 2, di sini Anda juga bisa membuat prediksi hasil pertandingan.

Ada banyak event di dalam Battle Pass termasuk berbagai macam undian berhadiah. Namun yang tak kalah menarik adalah Valve juga menyediakan tiket Battle Cup untuk para pemain. Ini layaknya turnamen, yang membuat seorang pemain kasual bisa berperan layaknya pemain pro selama sehari.

Selain itu Battle Cup juga diadakan setiap minggu di setiap wilayah. Semua pemain diperbolehkan berpartisipasi dengan cara membeli tiket khusus Battle Cup. Namun khusus pemilik Battle Pass, maka berhak mendapatkan satu tiket masuk gratis.

Haruskah Membeli Battle Pass?

Biasanya ketika Valve mengumumkan Dota 2 Battle Pass release date, penggemar sudah ramai mengantre. Sebenarnya itu menunjukkan bahwa Battle Pass ini adalah sebuah momen spesial bagi semua pemain. Walaupun, bagi pemain yang hanya bermain Dota 2 untuk menghabiskan waktu luang ini mungkin tidak terlalu penting.

Dota Battle Pass 2020 sendiri rencana awalnya akan dirilis Mei mendatang. Itu termasuk acara khusus Valve untuk penggemar mereka di Tiongkok dan fitur baru yang memungkinkan pemain mendapatkan hadiah uang ke akun mereka. Selain itu Battle Pass biasanya juga memberikan hadiah fisik kepada pemain dengan kinerja terbaik.

Jika Anda memainkan Dota secara teratur, mendapatkan kosmetik eksklusif tentu akan sangat luar biasa. Apalagi Battle Pass di Dota 2 ini tidak semahal yang dikatakan orang-orang. Kemudian fitur prediksi pertandingan juga bisa menjadi menyenangkan atau membuat frustrasi, tergantung seberapa sering Anda menonton game.

Beberapa hal mungkin tidak akan Anda temukan di sini, tetapi secara keseluruhan ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan mood. Mungkin setelah membeli Battle Pass, Sobat Gamer bisa lebih bersemangat saat bermain, apalagi jika sudah mendapatkan kosmetik baru.

Kesimpulan

valve

Pertanyaan terakhir yang mungkin ada di benak Anda sekarang adalah apakah membeli Battle Pass itu worth it? Beberapa pemain ingin membelinya karena mereka ingin mendapat tampilan baru di layar. Tetapi jika Anda merasa sayang mengeluarkan uang, tidak ada salahnya mengetahui pro dan kontranya dulu.

Lagi pula ini bukanlah upgrade yang akan memengaruhi gameplay secara keseluruhan. Tetapi jika boleh saran, sebaiknya tidak perlu membeli bundel untuk level tinggi di Dota 2 Battle Pass. Seringkali itu hanya jadi pemborosan uang semata tanpa hasil yang sesuai ekspektasi.

Leave a Reply