remotr, dota 2, main dota 2, cara main dota 2, cara main dota 2 di android, remotr android

Cara Main Dota 2 dengan Remotr di Android

Dota 2

Cara Main Dota 2 di Android

Valve tidak menawarkan cara main Dota 2 dari HP alih-alih hanya merilisnya untuk Windows dan Mac. Alasannya karena sangat tidak mungkin pemain mobile bisa merasakan pengalaman serupa dengan Dota 2 di PC. 

Kabar baiknya, kalian bisa mengakali hal itu menggunakan aplikasi bernama Remotr.

Apa Itu Remotr?

Singkatnya, aplikasi ini membuat kalian bisa memindahkan tampilan Dota 2 dari PC ke Android. Bukan hanya perangkat mobile, tetapi juga di Android Smart TV.

Dengan Remotr, kalian bisa merasakan pengalaman seperti bermain di PC dengan sedikit tantangan. Bahkan mereka mengklaim cara main Dota 2 ini lebih praktis di manapun dan kapanpun. 

Cara Menggunakan Remotr

Ini bukan berarti aplikasi Dota 2 dipasang di HP Android. Kalian harus tetap memiliki Dota di PC. Jika belum, download Dota 2 terlebih dahulu dari klien Steam.

Setelah itu Remotr akan bekerja layaknya aplikasi streaming namun dengan kontrol penuh. Berikut tutorial cara main Dota 2 di Android.

Pasang Remotr di PC dan Android

  • Download aplikasi Remotr apk dari situs resminya.
  • Pilih Remotr untuk PC, pasang dan buat akun baru untuk masuk ke klien.
  • Lakukan hal yang sama di Android kalian. Pasang Remotr dari Play Store, kemudian login dengan akun yang barusan dibuat.
  • Pastikan PC dan perangkat mobile/TV kalian berada di jaringan WiFi yang sama. Akan muncul notifikasi setelah kedua perangkat saling terhubung.

Tambahkan Dota 2 ke Klien Remotr

Kembali ke aplikasi Remotr di PC untuk menambahkan Dota 2 di klien. Apabila game terpasang dari Steam, seharusnya aplikasi bisa mendeteksi secara otomatis.

Cara lain adalah menambahkan secara manual dengan mencari file aplikasi Dota 2 yang ada di Program Files. Temukan file dota2.exe’ di direktori berikut:

  • 32-bit – C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\dota 2 beta\game\bin\win32\dota2.exe
  • 64-bit – C:\Program Files (x86)\Steam\steamapps\common\dota 2 beta\game\bin\win64\dota2.exe

Terakhir, klik tombol ‘Add Game’.

Jalankan Game dari PC

Setelah game ditambahkan, mainkan atau buka Dota 2 dari PC. Game akan muncul dalam beberapa detik di layar PC dan Android kalian. 

Terlihat sederhana, tetapi tidak semudah yang dibayangkan. Terutama terkait perbedaan mekanisme Dota 2.

Aturlah Kontrol Dota di HP

Di HP kalian akan muncul menu pengaturan untuk mengubah layout tombol di layar. Tekan pengaturan, kemudian pilih ‘Edit Control’.

Atur senyaman mungkin, tetapi segalanya memang akan jadi sangat terbatas. Kalian bisa menambahkan beberapa tombol sesuai fungsinya di keyboard, begitu pula klik kiri dan kanan mouse.

Alternatif Kontrol

Salah satu kelebihan Remotr adalah kalian juga bisa menggunakan keyboard dan mouse bluetooth. Alat ini tentu membuat kontrol Dota 2 dari HP jadi lebih leluasa.

Salah satu rekomendasi merek terbaik adalah Keyboard Mouse Wireless Logitech MK220. Dalam satu paket terdapat keyboard, mouse dan USB dongle sebagai receiver. Kalian akan memerlukan USB OTG untuk memasang receiver di HP.

Membuka Dota 2 di HP Saat di Luar Rumah

Terakhir pada tutorial Dota 2 kali ini, Remotr juga memungkinkan kalian bisa membukanya saat di luar rumah. Yang perlu dilakukan hanya mengatur port forwarding pada perangkat router.

Sambungkan komputer yang telah dipasangi Remotr ke port TCP 8193. Dengan begitu, kalian bisa memainkan Dota dari Android dimanapun selama HP terhubung dengan internet.

Bagaimanapun, cara main Dota 2 di Android dengan Remotr ini tetap punya banyak kelemahan. Di antaranya membutuhkan dua perangkat, harus ada internet yang kuat dan kemungkinan terjadi delay. Namun jika ingin merasakan pengalaman berbeda, tidak ada salahnya mencoba cara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *