Cara Memainkan Dota 2 Android dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Dota 2

Banyak penggemar bertanya-tanya mengapa Valve tak kunjung merilis Dota 2 Android. Sebenarnya ini bisa dipahami karena Dota 2 adalah game berjenis MOBA yang sangat kompleks. Secara keseluruhan, game ini jauh lebih detail daripada MOBA yang tersedia di perangkat mobile seperti MLBB atau AOV misalnya.

Sebagai gantinya, Valve merilis Dota Underlords untuk para penggemar yang ingin bermain di perangkat mobile. Ini sama sekali berbeda dengan Dota 2 walaupun sama-sama bergenre game strategi peperangan. Jauh lebih sederhana dan mungkin akan membosankan bagi beberapa orang.

Dota underlords
Dota underlords

Jadi Bisa atau Tidak Bermain Dota 2 Android?

Kembali ke pembahasan di awal, yaitu apakah Dota 2 Android sebenarnya memungkinkan atau tidak? Kalau mau dipaksa, sebenarnya ada cara yang bisa dilakukan untuk membawa Dota 2 dari layar komputer ke smartphone. Setidaknya ada dua aplikasi yang bisa Sobat Gamer coba gunakan.

1. Moonlight Game Streaming

Satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk memainkan Dota 2 di smartphone Android adalah dengan melakukan mirroring. Sebab, kekuatan hardware smartphone kebanyakan masih belum memenuhi spesifikasi standar untuk menjalankan Dota 2. Nah, aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Moonlight Game Streaming.

Sangat sederhana dan cocok bagi para pemain yang mungkin bermasalah dengan layar lebar komputer. Program ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan memiliki pengaturan yang sederhana. Untuk menyambungkan layar monitor komputer Anda ke smartphone, ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • perangkat komputer menggunakan VGA GTX Series,
  • aplikasi NVIDIA GeForce Experience telah terpasang di komputer,
  • memasang Moonlight Game Streaming di Android.
apkpure

Setelah itu langsung ikuti langkah-langkah pemasangannya berikut ini:

  • Jalankan aplikasi NVIDIA GeForce Experience. Masuk ke menu ‘Settings’, lalu pilih tab Shield dan centang pilihan ‘Allows your PC to stream games to SHIELD devices’.
  • Tambahkan game komputer yang ingin kamu streaming ke smartphone Android Anda.
  • Ketiga, jalankan Moonlight Game Streaming di Android. Masuk ke menu ‘Settings’ dan centang opsi ‘show on-screen controls’. Centang semua opsi yang ada pada bagian ‘gamepad settings’.
  • Hubungkan kedua perangkat lewat jaringan hotspotyang sama. Bisa dengan menggunakan WiFi internet di rumah atau menyalakan tethering hotspot dari komputer. Pada langkah ini hanya PC yang perlu terkoneksi internet untuk menjalankan game Dota 2.
  • Setelah itu pilih nama komputer yang muncul di layar smartphone, lalu inputkode untuk menyambungkan kedua perangkat.

2. Remotr

Aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan untuk mirroring adalah Remotr. Sebenarnya baik Remotr maupun Moonlight Game Streaming memiliki konsep yang mirip dengan TeamViewer. Akan tetapi, keduanya lebih dioptimalkan untuk bermain game.

Untuk menyambungkan komputer dan smartphone dengan Remotr, caranya sangat mudah. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Unduh Remotr untuk PC dari situs http://remotrapp.com/. Buat akun dan login ke akun tersebut.
  • Berikutnya unduh aplikasi Remotr untuk mobiledi Android, iOS atau Windows Phone Anda.
  • Login di smartphonemenggunakan akun Remotr yang telah dibuat tadi, lalu hubungkan kedua perangkat dengan opsi yang tersedia.
  • Jalankan gameDota 2 dari komputer dan nikmati permainannya di smartphone.

Remotr ini adalah aplikasi gratis yang bisa Sobat Gamer gunakan untuk mirroring layar komputer ke HP. Sesuai dengan tujuan Remotr, mereka ingin memudahkan penggunanya untuk memainkan game komputer di manapun dan kapanpun. Baik dari smartphone, tablet atau bahkan smartTV.

Penutup

jalantikus youtube

Trik di atas bukan hanya memungkinkan Sobat Gamer bermain Dota 2 Android, tetapi hampir semua jenis game. Untuk kontrolnya sendiri lebih disarankan menggunakan mouse dan keyboard wireless. Sebab mengontrol game Dota 2 Android dengan layar sentuh ternyata sangat sulit. Selamat mencoba!

Leave a Reply