Dota Plus Bukan Pay-2-Win, Ini Keuntungan yang Anda Dapatkan

Dota 2

Jika Overwatch mempopulerkan Lootbox, maka Valve memiliki layanan berlangganan Dota Plus untuk Dota 2. Ini adalah fitur tambahan berupa alat analisis real-time yang belum pernah ada di dalam permainan sebelumnya. Akan tetapi, keberadaan fitur ini juga sering dinilai sebagai upaya pay-to-win karena berbagai kemudahannya.

Dilansir dari usgamer dan metaco gg, sebenarnya ini adalah langkah yang cukup inovatif untuk permainan MOBA. Namun dari segi permainan kompetitif, arahnya memang masih belum dipetakan. Untuk mengenal lebih jauh tentang layanan Plus di Dota 2, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Dota Plus

blog dota
blog dota

Dota Plus adalah layanan berlangganan yang ditawarkan Valve sejak 2018 lalu. Anda harus membayar $3,99 per bulan untuk mendapatkan akses fitur eksklusif di dalam permainan. Di dalamnya termasuk set perk, bonus dan yang paling penting adalah alat untuk membantu pemain melacak dan menganalisis permainannya.

Perlu digaris bawahi bahwa layanan plus sama sekali tidak menawarkan buff atau peningkatan statistik. Semua yang terjadi di arena pertempuran akan berjalan sebagaimana adanya.

Kendati demikian, tak dapat dimungkiri bahwa alat analisis dari Valve ini benar-benar sangat membantu pemain Dota 2. Alat ini membuat pemain lebih memahami permainan mereka sendiri sehingga Sobat Gamer bisa tumbuh menjadi lebih baik.

Plus Menggantikan Battle Pass

metaco gg

Pemain yang sudah lama memainkan Dota 2 pasti mengetahui fitur Battle Pass. Ini adalah fitur berbatas waktu di setiap acara Major pada beberapa tahun lalu. Setiap tantangan untuk pemain berhadiah poin untuk membuka kosmetik eksklusif.

Kemudian layanan DotaPlus dirilis untuk menggantikan Battle Pass, namun tetap dengan fitur yang sama. Bedanya adalah layanan ini tidak terbatas waktu dan hadir dengan berbagai keuntungan lainnya. Banyak fitur dari DotaPlus yang tidak dimiliki Battle Pass di masa lalu.

Fitur yang Diunggulkan

overwolf

Apakah Dota Plus worth it atau tidak tergantung bagaimana Anda memanfaatkan fiturnya. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan berlangganan layanan Plus di Dota 2.

  • Hero Leveling: Hero akan mendapat XP setiap dimainkan, tetapi level ini tidak memengaruhi kemampuan pada game. Ini hanya statistik yang berguna untuk memantau perkembangan penggunaan hero. Setiap level baru juga akan membuka Shard Reward.
  • Hero Challenge: Ini adalah cara mempercepat level hero. Sebelumnya hero challengejuga digunakan dalam Battle Pass. Selesaikan setiap tantangan untuk terus meningkatkan XP hero.
  • Hero Relics: Alat ini berfungsi melacak berbagai pencapaian Anda di medan pertempuran dan menampilkan statistiknya. Ini adalah alat yang melengkapi hero progression pada DotaPlus.
  • Hero Chat Wheel: Alat ini memungkinkan pemain memilih kata atau kalimat untuk dikatakan oleh hero yang digunakan dalam pertempuran. Fitur ini biasanya baru didapat jika Anda sudah naik beberapa level untuk hero tertentu.
  • Item Eksklusif Plus: Pengguna layanan Plus juga bisa membeli beberapa item eksklusif di toko. Item tersebut dapat dibeli menggunakan Shard dari dalam game.
  • Tiket Battle Cup: Acara mingguan ini memberikan hadiah sebesar 20.000 Shard. Jika Anda bukan pelanggan Plus, maka tiket untuk mengikuti Battle Cup harganya $0,99.

Punya ‘Asisten Pribadi’

Dota Plus Assistant menjadi fitur eksklusif lainnya yang bisa dinikmati oleh pengguna Plus. Di saat yang bersamaan juga menjadi alat paling kontroversial karena pemain akan ‘diajari’ strategi bermain oleh asistennya. Meski demikian, Plus Assistant sebenarnya bekerja sesuai data yang dikumpulkan dari si pemain sendiri.

Biasanya alat ini akan memberitahu Sobat Gamer tentang item apa yang cocok, skill dan hero. Plus Assistant dapat memilihkan jalan terbaik untuk skenario yang dihadapi. Selain itu ada pula alat analisis Death Summary untuk mengetahui bagaimana hero itu terbunuh.

Apakah Ini Upaya Pay-to-win?

Di berbagai forum diskusi komunitas Dota 2, banyak pemain yang menganggap layanan Plus adalah upaya pay-to-win.  Seperti yang disebutkan sebelumnya, fitur Plus Assistant akan memandu Anda dengan memberi tahu berbagai macam hal. Ini dianggap telah menghilangkan pengambilan keputusan dari seorang pemain.

Tapi apakah itu berarti fitur berbayar Plus ini adalah pay-to-win? Mungkin saja, tetapi itu tidak pasti. Meskipun Plus Assistant berpotensi menempatkan Anda pada posisi terbaik untuk menang, itu semua tergantung pada si pemain sendiri. Caranya mengeksekusi dengan baik akan lebih menentukan untuk meraih kemenangan.

Jadi sebenarnya fitur Plus Assistant pada Dota Plus ini tidak bisa selalu dipandang buruk. Ini adalah layanan Valve yang sangat worth-it karena biayanya murah, tetapi bukan suatu keharusan untuk berlangganan. Jika menginginkan Dota Plus free, cobalah versi alternatifnya dari Overwolf.

Leave a Reply