The International
Dota 2

Format dan Alur Kompetisi Dota 2 Regional League

Valve secara resmi memastikan bahwa Dota 2 Regional League akan dimulai pasca esports event The International 2020. Format kompetisi baru ini dinilai bisa menciptakan pertandingan yang lebih teratur dan konsisten. Di satu sisi juga sangat berguna untuk pengembangan pemain-pemain potensial di tier 2 dan 3.

Ini akan membuat turnamen Minor DPC dihapus sepenuhnya dan hanya akan ada Major sebagai ujung dari liga regional. Setiap tahunnya akan diadakan tiga Major dan tiga putaran liga sebagai kualifikasinya. Kemudian tim-tim terbaik dari enam wilayah yang ditentukan berhak memperebutkan tempat untuk The International.

Pembagian Divisi di Dota 2 Regional League

dotesports

Dota 2 Regional League menerapkan pembagian dua divisi di semua wilayah, yang mana setiap divisi terdiri dari delapan tim. Secara keseluruhan, akan ada 96 tim yang mengikuti kompetisi format baru Dota Circuit Pro. Akan ada sistem promosi dan degradasi dari divisi atas dan bawah layaknya olahraga tradisional.

Ini dilakukan untuk menghindari dominasi tim-tim besar atas tim yang lebih lemah dari tier 2 di pertandingan kualifikasi. Dengan begitu, tim tier 2 punya kesempatan lebih besar untuk bersaing di kompetisi tertinggi. Lalu bagaimana dengan tim terbawah yang ada di divisi dua?

Nantinya Valve juga mengadakan kualifikasi terbuka di setiap wilayah sebagai pintu masuk menuju Regional League. Dua tim teratas di kualifikasi terbuka berhak menggantikan dua tim yang terlempar dari divisi dua.

Liga-liga di setiap wilayah menawarkan hadiah total sebesar $280 ribu per musim untuk dua divisi. Lima teratas di Divisi atas juga berhak mendapatkan poin DPC, yang mana berguna untuk lolos langsung ke ajang TI.

Peraturan Baru untuk Tim Kontestan

ESL
ESL

Untuk memberikan keadilan bagi semua tim dan pemain, Valve memperketat peraturan. Sebuah tim bisa berpartisipasi di wilayah manapun dengan merekrut minimal tiga pemain dari wilayah yang diikutinya.

Sedangkan untuk peraturan pemain pengganti atau stand-in, kali ini hanya boleh bermain maksimal empat kali bersama tim. Dengan catatan, pemain stand-in itu bukanlah pemain yang sedang bersaing di Divisi Atas.

Jadi, nantinya daftar roster dari semua tim akan dikunci selama musim berlangsung hingga Major berakhir. Setelah Major berakhir, Valve baru membuka kesempatan untuk tim-tim kontestan melakukan perubahan. Akan tetapi, setiap perubahan akan mengurangi poin DPC yang dimiliki tim saat ini sebanyak 15 persen.

Terakhir, tim boleh berpindah wilayah ke manapun ketika musim DPC berlangsung. Dengan catatan, tim tersebut akan dikeluarkan dari Divisi DPC dan harus memulai dari babak kualifikasi terbuka. Valve melakukan ini untuk mencegah adanya pertukaran wilayah di tengah musim yang selama ini sering terjadi.

Perubahan pada Format Major DPC

Dreamleague youtube

Dalam periode satu tahun, Regional League memiliki tiga musim yang masing-masing diakhiri dengan Major. Tidak seperti sebelumnya, Major DPC kali ini diikuti oleh 18 tim dari keseluruhan wilayah. Sayangnya, hadiah yang ditawarkan lebih kecil dari Major sebelumnya, yakni hanya $500.000.

Hanya tim dari Divisi Atas regional yang berkesempatan memperebutkan tempat untuk Major. Adapun pembagian slot untuk keenam wilayah adalah sebagai berikut:

  • Eropa: 4
  • Tiongkok: 4
  • Amerika Utara: 3
  • Asia Tenggara: 3
  • CIS: 2
  • Amerika Selatan: 2

Pertandingan juga tidak dimulai dari babak grup seperti yang sudah-sudah. Tim-tim pemenang Regional League langsung lolos ke playoff Major (6 tim). Sedangkan runner-up masing-masing liga berhak mengantongi tiket babak grup (6 tim). Sisanya berasal dari format baru, yakni Wildcard.

Wildcard diikuti oleh enam tim dan dua teratas dari babak ini akan lolos ke babak grup. Berikut adalah ketentuan untuk tim-tim yang ingin lolos ke babak Wildcard.

  • Tempat ke-3 Eropa
  • Tempat ke-4 Eropa
  • Tempat ke-3 Tiongkok
  • Tempat ke-4 Tiongkok
  • Tempat ke-3 Amerika Utara
  • Tempat ke-3 Asia Tenggara

Format Pertandingan Major

Di babak grup Major, pertandingan menggunakan sistem best-of-two round-roubin. Dua tim teratas setiap grup berhak lolos ke upper bracket playoff, sedangkan dua tim terbawah tereliminasi. Tim yang tersisa akan dilemparkan ke babak eliminasi lower bracket.

Tim teratas dari masing-masing Regional League tidak bermain di babak grup, melainkan langsung lolos ke upper bracket playoff.

Format baru Dota 2 Regional League akan dimulai pada 5 Oktober 2020. Semua pertandingan Divisi Atas akan disajikan dari siaran studio dan pertandingan Divisi Bawah akan ditampilkan di DotaTV.

Leave a Reply