Mengenal SumaiL, Pemimpin Dota 2 Leaderboard Global

Dota 2

Dota 2 leaderboard selalu mengalami perubahan, tetapi tidak banyak mengalami pergeseran posisi dalam beberapa bulan terakhir. Dalam daftar itu ada banyak pemain profesional dengan Dota 2 gameplay menyenangkan untuk ditonton. Ada yang tidak berhasil bersama timnya, namun ada pula yang namanya menonjol sendirian.

Dilansir dari estnn dan liqupedia, salah satu bintang muda paling menjadi sorotan di jajaran leaderboard adalah Syed Sumail “SumaiL” Hasan. Meski sekarang baru berusia 21 tahun, tetapi dia sudah tampil konsisten sejak muda saat bermain untuk Evil Geniuses pada 2015. Sampai akhirnya dia memulai perjalanan barunya bersama tim OG pada tahun ini.

SumaiL Berkarier Sejak Muda

youtube
OG youtube

Dilansir dari situs resmi Dota 2, SumaiL saat ini adalah pemimpin Dota 2 leaderboard untuk posisi core wilayah Amerika. Secara keseluruhan, dia juga berada di posisi teratas untuk seluruh pemain Dota 2 di tingkat Immortal.

Sama seperti pemain Dota 2 papan atas lainnya, SumaiL juga memulai kariernya dari di game pub berperingkat tinggi. Bahkan, dia mulai bermain Dota ketika baru berusia delapan tahun karena saudaranya, Yawar “YawaR” Hassan. Saat ini YawaR juga merupakan pemain Dota 2 profesional di tingkat atas.

Namun, langkah besar pertama untuk anak muda dari Pakistan itu terjadi pada tahun 2012. Saat itu keluarganya memutuskan pindah dari Pakistan ke Amerika Serikat. SumaiL muda pun mulai bermain di turnamen lokal yang disebut North American Elite League.

Meski usianya masih sangat muda, ia dengan cepat naik ke tingkat atas dan membuktikan dirinya sebagai pemain berbakat. Dia tidak pernah takut mengambil risiko sehingga membuat para pemain kelas dunia memperhatikannya. Saat itu satu offlaner top dunia, Saahil “Universe” Arora, membujuk EG untuk merekrut talenta muda itu.

Karier SumaiL di Evil Geniuses

sumail
sumail

Setelah keputusan Universe untuk membantu SumaiL, mid laner muda itu pun resmi bergabung dengan EG pada Januari 2015. Turnamen besar pertama baginya adalah Dota 2 League Season 5, yang ternyata tidak berbuah manis. Turnamen itu hanya menjadi bencana bagi tim Amerika Utara itu.

Namun, pengalaman buruk tersebut tidak menghentikan semangat pemuda asal Pakistan untuk bangkit. Satu bulan kemudian, EG menghadapi turnamen yaitu DAC. Perlu diingat bahwa dalam kurun waktu tersebut, Valve masih belum menetapkan format turnamen Dota 2 Circuit Pro (DPC).

Di ajang DAC itu, akhirnya EG meraih juara dan mendapatkan kumpulan hadiah yang cukup besar. Semua orang bermain dengan sangat baik, terutama SumaiL, yang sangat menonjol dengan gaya permainan inovatifnya. Ini adalah turnamen yang membuat SumaiL dicap sebagai salah satu mid laner terbaik di Dota 2.

Berkat permainan yang luar biasa dengan Storm Spirit, SumaiL bahkan mendapatkan gelar sebagai pemain SS terbaik sepanjang masa. Hero inilah yang menjadi salah satu alasan utama mengapa EG berhasil mengatasi Vici Gaming yang sangat kuat pada saat itu.

EG pun menjadi salah satu tim terbaik di dunia selama 2015 dan akhirnya memenangkan TI 5. Sekali lagi, itu berkat permainan menonjol dari SumaiL, yang mengantarkan tim menuju kesuksesan.

SumaiL Bergabung OG di Tahun 2020

OG youtube

Singkatnya, EG tidak benar-benar bermain sebaik dulu dalam beberapa tahun terakhir. Setelah akhir DPC 2018-2019, SumaiL memutuskan untuk beristirahat sejenak dari Dota 2. Namun, hal yang tidak diharapkan terjadi setelah itu.

EG Mengumumkan SumaiL akan hengkang dari tim setelah lima tahun memperkuat tim Amerika Utara itu. Jelas ini sangat mengejutkan bagi para penggemar. Sampai akhirnya, OG memanfaatkan momentum tersebut untuk membawa SumaiL ke lineup mereka.

Bersama OG, SumaiL yang masih berstatus sebagai pemimpin Dota 2 leaderboard saat ini akan memulai petualangan baru. Pemain kelahiran Pakistan itu mengambil peran sebagai carry dan dipercaya memiliki masa depan yang cerah bersama OG.

Leave a Reply