Dota 2

Stop Bandingkan Game Dota 2 dan MLBB, Ini Alasannya

Game Dota 2 adalah salah satu jenis MOBA PC paling populer sepanjang masa. Namun ketika ponsel pintar mulai merajalela di semua kalangan, kepopuleran Dota 2 mulai tertutup dengan permainan mobile. Kemudian beberapa tahun lalu muncul Mobile Legends Bang Bang, yang menjadi MOBA mobile nomor satu saat ini.

Dilansir dari oneesports, hitekno dan revivaltv, Banyak orang yang membandingkan kedua game tersebut karena sama-sama bergenre MOBA. Ditambah lagi, keduanya memiliki komunitas besar dan fanatik, tidak terkecuali di Indonesia. Akan tetapi, sebenarnya Dota 2 dan MLBB ini tidak pas untuk dibandingkan dari satu sudut pandang saja.

Game Dota 2 Tak Kehilangan Penggemar

valve

Salah satu alasan banyak orang lebih memilih MLBB saat ini mungkin karena masalah Dota 2 system requirements. Ya, untuk memainkan game ini Sobat Gamer memang perlu PC dengan spesifikasi tertentu. Sedangkan MLBB bisa dimainkan ponsel pintar dengan spesifikasi menengah.

Setidaknya ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda berhenti membandingkan kedua game ini.

1. Tumbuh di Era yang Berbeda

Valve

Game Dota 2 sudah populer sejak awal tahun 2010-an setelah berkembang dari mod Warfcraft III. Jadi, penggemarnya kebanyakan adalah para pemain lama, yang sudah bermain sejak era DotA. Sementara MLBB baru muncul pada tahun 2017, di mana jaraknya cukup jauh dengan MOBA PC.

Generasi pemainnya pun pasti tidaklah sama, di mana MLBB masih banyak dimainkan anak-anak di bawah umur. Sebab, game ini sangat mudah didapat dan dimainkan dari ponsel pintar. Sementara Dota 2 biasanya dimainkan oleh kalangan remaja hingga dewasa, karena butuh perangkat khusus.

2. Perbedaan Platform

Lebih spesifik dari poin sebelumnya, perbedaan utama dari kedua game ini adalah pada platform. Dota 2 hanya bisa dimainkan di PC dengan spesifikasi menengah hingga tinggi untuk performa maksimal. MLBB sebenarnya juga bisa dimainkan di PC dengan emulator, namun basisnya adalah perangkat mobile.

Perbedaan mendasar inilah yang membuat keduanya berada di tempat berbeda. Jadi, tidak seimbang apabila membandingkan antara Dota 2 dengan MLBB.

3. Mekanisme

Dari poin kedua tentu akan berbuntut pada alasan ketiga, yaitu perbedaan mekanisme permainan. Berbeda platform sudah pasti membuat cara memainkannya juga berbeda. Di sini tidak diragukan lagi bahwa Dota 2 jauh lebih sulit ketimbang MLBB.

Mekanisme di Dota 2 lebih kompleks karena bukan permainan yang bisa dimainkan kapanpun dan dimanapun. Berbeda dengan MLBB, yang bahkan saat naik transportasi umum pun Anda bisa memainkannya. Adapun mekanisme yang dimaksud mencakup Dota 2 gameplay, items, pengaturan, dan lain-lain.

4. Popularitas Lebih Merata

Sejak popularitasnya semakin melejit, turnamen internasional MLBB sudah sangat sering dilangsungkan. Tetapi, itu hanya untuk wilayah-wilayah tertentu saja, terutama di Asia. Sedangkan popularitas Dota 2 lebih merata di seluruh dunia dan skala turnamennya juga lebih besar.

Seperti diketahui, The International Dota 2 adalah turnamen esports dengan hadiah terbesar sepanjang masa. Bahkan sepertinya MLBB juga masih ada di bawah League of Legends, yang juga merupakan permainan MOBA PC.

5. Tingkat Kesulitan Pemain

Valve

Di banyak kesempatan, sudah sering muncul pernyataan di mana pemain Dota 2 lebih mudah menguasai MLBB. Sebaliknya, pemain yang mahir di MLBB, belum tentu bisa langsung klop dengan gaya bermain di Dota 2. Hal tersebut pernah dikatakan oleh langganan pemain top global MLBB, Sie Khang.

Dikutip dari ONE Esports, dia mengatakan bahwa adaptasi pemain Dota 2 ke MLBB jauh lebih mudah. Ini terkait penguasaan Dota 2 heroes yang lebih rumit dengan tombol-tombolnya di keyboard. Begitu pula durasi permainannya, di mana rata-rata game MLBB selesai 10-20 menit saja.

Kesimpulan

Itulah alasan mengapa sebaiknya berhenti membandingkan Dota 2 dan MLBB mulai dari sekarang. Masing-masing game memiliki tempat mereka sendiri dan tidak bisa dinilai dari satu sudut pandang saja.

Bagi pemain game Dota 2 dan MLBB mungkin lebih bisa membandingkan sendiri perbedaannya. Tetapi, yang jelas di sini terlihat bahwa Valve dan Moonton bekerja dengan mengembangkan ekosistem mereka masing-masing. Sama sekali tidak ada keterkaitan sehingga membuat Dota 2 dan MLBB sama sekali berbeda.

Leave a Reply