ModSKinDota
eSports Dota 2

3 Game Terlama dalam Sejarah Turnamen Dota 2

Setelah patch 7.23 dirilis akhir tahun lalu, banyak yang bilang meta turnamen Dota 2 berubah drastis. Beberapa game memang berlangsung lebih cepat dari biasanya, namun perlahan-lahan hal itu telah berubah. Valve merilis pembaruan yang memungkinkan game berlangsung dalam durasi wajar. Inilah berita yang wajib disimak selain berita gejala corona.

Secara teori, satu game Dota 2 hanya berdurasi sekitar 15-40 menit. Jika sampai di atas 60 menit, berarti kedua tim sama-sama kuat atau memang sedang sial. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapa game di turnamen resmi Valve yang berlangsung sangat lama?

Rekor Game Terlama di Turnamen Dota 2

ModSKinDota

Pertandingan terpanjang pada turnamen Dota 2 2019 pasca patch 7.23 adalah 1:08:27, yang mempertemukan Gambit dan Team Spirit. Sementara game tersingkat terjadi pada saat Chaos EC mengalahkan DoZe Esports hanya dalam waktu 13 menit. Jauh sebelum itu, turnamen Dota 2 pernah mencatat tiga game terlama dalam sejarah.

1. Complexity Gaming vs Team Archon (Januari 2016)

Game terpanjang yang pertama adalah antara Complexity Gaming melawan Team Archon di kualifikasi Shanghai Major 2016. Game ini berlangsung selama 131 menit 15 detik. Saat itu DPC baru memperkenalkan Dota Major Championship dalam format baru mereka.

Masalahnya, pada edisi pertama, tim-tim Amerika memiliki beberapa masalah. Salah satunya adalah kehati-hatian kedua tim selama pertandingan, karena keduanya tidak ingin membuat kesalahan. Saat itu Major sudah menjadi salah satu turnamen paling menguntungkan secara finansial.

Game berjalan sangat lambat dengan tidak adanya kill hingga delapan menit waktu berjalan. Setelah lebih dari satu jam, tepatnya menit 80 ke atas, kedua tim sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kesalahan. Hebatnya butuh 130 menit untuk menunggu sampai kesalahan dilakukan oleh Archon.

Complexity pun memenangkan game tersebut, tetapi justru Team Archon yang akhirnya memenangi seri.

2. Vega Squadron vs Team Empire (Juni 2017)

Vega Squadron
Vega Squadron

Sebelum liga regional digunakan untuk Dota 2 tournament 2020, setidaknya format lama DPC sudah meninggalkan banyak cerita. Salah satunya adalah pertandingan panjang antara Vega Squadron melawan Team Empire di kualifikasi CIS untuk TI7. Kedua tim harus bertanding selama lebih dari 140 menit hanya untuk satu game.

Seperti diketahui, kualifikasi terbuka The International adalah tempat yang sangat tricky untuk semua tim Dota 2. Ada banyak hal yang dipertaruhkan dan tak satu pun dari tim-tim peserta bersedia untuk terlalu mengambil risiko. Pada akhirnya terjadilah game panjang yang menjadi salah satu game terlama dalam sejarah Dota 2.

Sebelum game panjang tersebut, Team Empire sudah mengamankan satu game terlebih dahulu. Mereka hanya butuh satu kemenangan lagi dalam best-of-three untuk memenangi seri lower bracket final dan berkesempatan lolos ke TI7. Pertandingan berjalan 49 menit, namun belum ada tanda-tanda siapa yang akan menang.

Berbeda dengan game antara Complexity melawan Archon, di laga ini kedua tim bermain dengan tingkat agresi tinggi. Pada menit ke-104, Vega akhirnya memiliki kesempatan untuk menang. Namun, setelah hampir dua setengah jam, Vega berhasil dikalahkan oleh Empire.

3. Cloud9 vs Scaryfacez (Maret 2015)

Pada tahun 2015, game antara Cloud9 dan Scaryfacez tercatat sebagai yang terpanjang dalam sejarah kompetitif Dota 2. Semua hal dari game tersebut pun telah menjadi pembicaraan selama bertahun-tahun. Tetapi sebenarnya itu adalah pertandingan ‘biasa’ di kualifikasi SL StarSeries Season 12.

Lineup Cloud9 saat itu memiliki beberapa nama tenar seperti Johan “N0tail” Sundstein dan Jacky “EternaLEnVy” Mau. Mereka memulai permainan dengan normal dalam seri best-of-three. Tidak ada tim yang membuat kesalahan besar sehingga game berlangsung secara konstan hingga 100 menit.

Setelah itu semua jadi terasa aneh dan permainan benar-benar mengerikan bagi penonton. Gangguan visual mulai terlihat dan pada menit ke-200 permainan berakhir secara tiba-tiba. Bisa dibilang itu adalah akhir yang antiklimaks untuk game kompetitif terpanjang dalam sejarah Dota 2.

ModSKinDota

Daftar di atas dilansir dari Hotspawn berdasarkan data dari situs web datdota. Kemungkinan game panjang seperti itu tidak akan terjadi lagi pada turnamen Dota 2 saat ini. Kamu bisa menonton ulangannya di YouTube, sambil menunggu kejelasan Dota 2 tournament schedule 2020 yang sedang berhenti karena coronavirus.

Leave a Reply