The International

5 Kota yang Punya Potensi Jadi Tuan Rumah Dota 2 TI

eSports Dota 2

Pada akhir Februari lalu, Valve membuka pengajuan proposal bagi kota-kota yang ingin menjadi tuan rumah Dota 2 TI 2021. Ini memberi kesempatan bagi kota yang merasa mampu menyelenggarakan perhelatan akbar Dota 2 itu. Pasalnya, menurut portal berita bisnis, acara ini dapat menghadirkan masa dalam jumlah besar dan mendukung perekonomian setempat.

Masalahnya, menggelar acara sebesar The International membutuhkan biaya jutaan USD. Bahkan ini adalah kali pertama Valve membuka kepada publik pengajuan menjadi tuan rumah TI. Biasanya hanya kota-kota tertentu saja yang ditunjuk karena dianggap telah memenuhi berbagai persyaratannya.

Daftar Kota yang Layak Menggelar Acara Dota 2 TI

The International

Tentu saja, ini menimbulkan pertanyaan, kota mana yang paling ideal untuk mengadakan turnamen Dota 2 TI? Bagaimanapun, Dota 2 memiliki pengaruh besar di beberapa negara berkat basis penggemarnya di seluruh dunia. Nah, dari kriteria yang ada mungkin kelima kota ini menjadi kandidat teratas untuk TI tahun depan.

1. Kyiv (Ukraina)

twitter

Wilayah CIS memiliki sejarah panjang dengan game Dota 2, dimulai dari masa Dota AllStars hingga dominasi tim Natus Vincere. Ukraina dan Rusia misalnya, kedua negara sering menjadi tuan rumah untuk banyak acara Major Valve. StarLadder dan Epicenter adalah penyelenggara acara favorit yang selalu sukses di wilayah CIS.

Agak mengherankan memang karena wilayah ini belum mendapat kesempatan untuk menyelenggarakan The International. Tetapi kalaupun terpilih, kota Kyiv di Ukraina tentu sangat cocok menjadi tempat diselenggarakannya acara ini. Terutama setelah mereka sukses dengan dua acara Minor DPC musim 2019-2020.

2. Frankfurt (Jerman)

Dreamhack

Dota 2 TI 10 menjadi penanda kembalinya ajang bergengsi itu ke benua Eropa, tepatnya di Stockholm, Swedia. Nah, tahun depan Frankfurt mungkin juga bisa menjadi opsi alternatif kota untuk menyelenggarakan TI. Sebab, kota ini telah lama menjadi lokasi favorit para penyelenggara turnamen.

Frankfurt pernah menjadi tuan rumah untuk tiga edisi ESL One yang diadakan di stadion sepak bola Commerzbank-Arena. Tentu akan menarik melihat acara seperti The International digelar di sebuah stadion megah tanpa atap di atasnya. Riot Games pernah melakukan itu pada LoL World Championship pada 2018 lalu.

3. Las Vegas (Amerika Serikat)

Dikenal sebagai kota pusat hiburan dunia di negara bagian, Nevada, A.S, kota ini bisa menjadi tempat yang cocok untuk TI. Seperti diketahui, Las Vegas tidak asing lagi dengan dunia game dan kompetisi dengan hadiah besar. Apalagi Dota 2 TI prizepool adalah yang terbesar sepanjang masa dalam sejarah esports.

Las Vegas memiliki banyak mega-hotel mewah untuk acara-acara besar berskala internasional. Tempat seperti MGM Grand, Ceasar’s Palace dan Mandalay Bay adalah semua tempat ikonik untuk olahraga seperti tinju dan MMA. Mandalay Bay sendiri bahkan pernah digunakan untuk menggelar kompetisi game Evo Series.

4. Singapura

Meskipun negaranya kecil, tetapi Singapura adalah salah satu kota paling maju di dunia. Singapura menjadi tujuan wisata utama dan rumah bagi pemain Dota 2 ternama, Daryl “iceiceice” Koh. Singapura akan membuktikan bahwa Asia Tenggara layak menggelar acara besar seperti The International.

Sebelumnya mereka telah membuktikan dengan sukses menggelar ONE Esports Dota 2 World Pro Invitational pada Desember 2019. Ditambah, Singapura juga akan menjadi tuan rumah untuk Major terakhir DPC musim 2019-2020. Ini adalah kali pertama Major DPC digelar di Singapura.

5. Manila (Filipina)

Negara Asia Tenggara lain yang patut masuk dalam daftar kandidat tuan rumah TI adalah Manila di Filipina. Para penggemar di kota tersebut telah membuktikan antusiasme mereka di beberapa kesempatan sebelumnya. Misalnya pada ESL One Manila 2016, di mana itu adalah debut Major Valve di negara Filipina.

TNC Predator, pemuncak klasemen poin DPC sementara juga merupakan tim yang berbasis di Filipina. Mereka berpeluang besar masuk ke acara The International 2020 lewat jalur undangan. Jadi apabila tahun depan TI digelar di Filipina, sambutan para pendukung TNC mungkin akan sangat luar biasa.

Dota 2 TI 2019 sukses digelar di Shanghai, Tiongkok, dan membuktikan bahwa Asia bisa menjadi rumah yang baik untuk TI. Tetapi beberapa kota di negara lain pada daftar di atas juga layak diperhitungkan oleh Valve. Bagaimanapun, kabarnya Valve akan segera mengumumkan tuan rumah Dota 2 TI 2021 dalam waktu dekat.

Leave a Reply