valve
eSports Dota 2

5 Top Roster Dota 2 Menurut Analis Noxville Berdasarkan Winrate

Ben “Noxville” Steenuisen, salah seorang analis andal Dota 2 baru-baru ini membuat peringkat top roster Dota 2 berdasarkan winrate. Noxville mengumpulkan data dari 750 games min dan menggunakan winrate sebagai indikatornya. Dia juga menganalisis perbedaan kekuatan tim-tim lawan yang dihadapi oleh pemain.

Dilansir dari revivaltv, cybersport, noxville twitter dan medium, hasil risetnya itu dia pos di Twitter beberapa hari lalu, yang menunjukkan 247 pemain Dota 2 teratas dunia. Di posisi 50 besar, terdapat nama-nama seperti Ramzes (ke-21), 9pasha (ke-32), No[o]one (ke-34), hingga Solo (ke-41). Namun yang menarik tentu saja lima teratasnya, terutama persaingan ketat antara posisi pertama dan kedua.

Top Roster Dota 2 Berdasarkan Winrate

valve

Dari grafis yang dibuat Noxville di Twitter, sumbu Y menunjukkan winrate dan sumbu X adalah peringkat rata-rata lawannya. Semakin tinggi posisi pemain di grafik tersebut, berarti dia memiliki winrate tinggi dan sering menang dari lawan-lawan yang kuat. Dari 247 top roster Dota 2, berikut adalah lima teratas, dimulai dari posisi kelima.

5. Clement “Puppey” Ivanov

Dari data yang diperbarui Noxville per tanggal 30 Maret, Puppey berada di posisi kelima dengan rating 1240,91. Kapten Team Secret Dota 2 itu memang menunjukkan performa impresif selama ini. Terutama ketika Secret berhasil merebut gelar juara DreamLeague Season 13 Leipzig Major bulan Februari lalu.

Meski performa Secret belum kembali ke tingkat tertinggi sejak saat itu, tetapi setidaknya Puppey punya winrate yang bagus. Sebagian besar lawan yang dihadapi Secret selama ini memang punya kapasitas setara atau lebih bagus. Dalam kariernya, pemain Estonia berusia 30 tahun itu telah mengumpulkan 29 trofi.

4. Arthur “Arteezy” Babaev

Di atas Puppey ada mantan rekan satu timnya, yang kini bermain untuk Evil Geniuses, Arteezy. Pemain muda ini memang menunjukkan penampilan luar biasa sejak bergabung ke Evil Geniuses pada 2016 lalu. Baru berusia 23 tahun, Arteezy total sudah meraih 26 trofi dalam karier profesionalnya di Dota 2.

Berdasarkan Dota 2 player rankings yang dibuat oleh Noxville, Arteezy memiliki rating 1244,39. Meski masih bertahan di posisi keempat, namun rating-nya mengalami penurunan -0.68 per tanggal 30 Maret. Ini karena dia baru saja mengikuti WeSave! Charity Play Amerika Utara, yang mana lawan-lawannya tidak lebih kuat dari EG.

3. Maroun “GH” Merha

Naik ke posisi ketiga, tidak ada yang menduga bahwa GH memiliki rating cukup bagus di antara pemain-pemain bintang lainnya. Pemain Lebanon yang kini memperkuat Nigma itu terakhir berhasil memenangi WePlay! Dota 2 Tug of War: Mad Moon. Lawan-lawan yang dihadapi terbilang cukup kuat, termasuk Team Secret di babak grand final.

Namun rating pemain support Nigma itu menurun sejak 30 Maret lalu dari 1247,45 menjadi 1246,13. Sebenarnya meski tidak terlalu mendapat sorotan dalam permainan tim, GH memiliki performa yang konsisten.

2. Ludwig “zai” Wahlberg

Winrate zai, menurut Noxville, masih sedikit lebih baik ketimbang rekan setimnya di Team Secret Puppey. Hal itu ditunjukkan dengan winrate rata-rata di atas 0.66 berdasarkan grafik Noxville. Kemampuan pemain yang satu ini memang tak pernah luput dari perhatian saat Secret bermain.

Dalam peringkat ini, rating-nya hanya tertinggal di bawah 1 poin dari pemain teratas. Mungkin itu menggambarkan siapa pemain terbaik di kancah Dota 2 profesional saat ini. Walaupun, Noxville sendiri mengakui bahwa data yang dibuatnya ini indikatornya masih belum lengkap secara keseluruhan.

1. Yeik “MidOne” Nai Zheng

MidOne

Tentu tidak akan ada yang meragukan kalau MidOne adalah salah satu pemain Dota 2 terbaik sejauh ini. Sempat memperkuat Team Secret dan meraih kesuksesan di sana, kini MidOne menjadi bagian dari OG Dota 2. Kiprah pemain asal Malaysia itu selalu ditunggu-tunggu dan kapasitasnya mampu dibuktikan pada debutnya bersama OG.

OG meraih kemenangan mudah sepanjang babak kualifikasi terbuka dan tertutup untuk Los Angeles Major. Namun tak dapat dimungkiri, raihan winrate tingginya juga diraih saat dia memperkuat Secret. Winrate rata-rata MidOne berada sedikit di atas zai, dan rating keseluruhannya sebesar 1256,47, juga sedikit di atas zai.

valve

Noxville mengakui bahwa metodologinya masih cacat, karena dia tidak memasukkan indikator kontribusi pemain secara merata. Namun, setidaknya daftar top roster Dota 2 di atas sedikit menggambarkan tentang situasi saat ini.

Leave a Reply