eSports Dota 2

6 Pemain Dota 2 Indonesia Terbaik yang Bisa Jadi Inspirasi

Belum banyak prestasi yang dicatatkan pemain Dota 2 Indonesia di pentas internasional. Namun, dalam beberapa tahun terakhir penggemar bisa melihat ada cukup banyak pemain lokal yang go international. Mereka mulai dilirik oleh tim-tim top dunia dan tampil di ajang-ajang utama seperti Minor dan Major Valve.

Dilansir dari kincir, gamebrott, indozone dan esports id, meski kancah kompetitif Dota 2 dalam negeri sedang kurang diminati, setidaknya para pemain terbaik bisa berkarier di luar negeri. Pada kenyataannya, mereka kini memiliki penghasilan cukup besar hingga ribuan USD. Tekad dan usaha keras mereka pun layak menjadi inspirasi bagi para pemain Dota 2 pemula di Indonesia.

Daftar Pemain Dota 2 Indonesia Terbaik

KWonderkid

Patokan dalam daftar ini keberhasilan pemain Dota 2 Indonesia adalah penghasilan, tim yang diperkuat, atau jumlah MMR. Jadi di antara pemain dalam daftar ini, silakan Sobat Gamer menilai sendiri siapa yang terbaik. Tetapi yang jelas mereka ini adalah panutan bagi komunitas Dota 2 dalam negeri.

1. Khezcute

Sejak dibentuknya tim BOOM ID (sekarang BOOM Esports), Alfi “Khezcute” Nelphyana adalah salah satu pemain paling loyal. Dialah sosok kapten yang mampu membawa timnya merajai berbagai turnamen Dota 2 dalam negeri. Jadi tidak heran kalau pemasukannya selama berkarier sebagai pro gamer pun cukup besar.

Menurut situs web Esports Earnings, pemasukan Khezcute mencapai $38.414 dari 15 turnamen yang diikutinya. Terakhir, dia memimpin BOOM Esports di ajang SL ImbaTV Minor dan menempati posisi keempat. Selain itu Khezcute juga dikenal sebagai seorang pemain support yang luar biasa.

2. Dreamocel

BOOM ID
BOOM ID

Sama seperti Khezcute, pemain Indonesia lainnya, Randy “Dreamocel” Muhammad juga masih setia di BOOM Esports. Dia adalah sosok carry paling berpengaruh bagi timnya saat ini. Dari segi penghasilan, angka yang didapat tak jauh berbeda dengan Khezcute, yaitu senilai $39.914.

Prestasi lain yang juga patut dibanggakan oleh Dreamocel adalah pencapaiannya meraih top leaderboard MMR Asia Tenggara. Jadi, bagi pemain-pemain muda Dota 2 di Indonesia, sosoknya memang cukup menginspirasi. Baru-baru ini Dreamocel membawa timnya memenangkan ONE Esports Invitational Jakarta: Indonesia Qualifier.

3. Jhocam

Tri Kuncoro alias Jhocam adalah salah satu pemain Dota 2 lokal berpengalaman yang layak diikuti jejaknya. Tahun lalu, dia tergabung dalam tim Dota 2 SEA Games Indonesia yang berlaga di Filipina. Meski gagal meraih medali emas, setidaknya Jhocam pernah mewakili negaranya di kancah internasional.

Di ajang itu Jhocam bermain untuk timnya, PG.BarracX, tetapi sebelumnya dia juga pernah memperkuat BOOM ID. Kini dia sedang merintis karier internasionalnya dengan bermain di tim T1 Dota 2. Meski penghasilannya tak sebesar dua pemain sebelumnya, tetapi Jhocam punya peluang meraih itu bersama T1.

4. Xepher

Di regional Asia Tenggara, nama Xepher Dota 2 tentu sudah tidak asing lagi. Dia kini menjadi roster Geek Fam, salah satu tim Asia Tenggara yang cukup sering bersaing di ajang utama. Dia memulai karier internasionalnya setelah sudah menjuarai banyak turnamen lokal bersama tim Rex Regum Qeon.

Sempat menjadi juara Dota Summit, Xepher alias Kenny Deo berhasil meraih penghasilan sebesar $57.583.71 dari 19 turnamen.

5. Mikoto

Rafli Fathur Rahman alias Mikoto adalah mantan pemain Alter Ego yang kini sukses di bawah bendera BOOM Esports. Pada bulan Februari 2020, Mikoto menjadi pemain Dota 2 dalam negeri pertama yang MMR-nya mencapai 10.000. Sementara di Asia Tenggara dia adalah pemain keempat dan orang keenam di dunia.

Fakta tersebut membuktikan bahwa prestasi ini sangat sulit diraih. Tidak heran kalau kiprahnya kemudian menjadi sorotan di komunitas Dota 2 Indonesia. Midlaner tim BOOM Esports itu pun langsung banjir pujian dan ucapan selamat dari pendukung timnya di media sosial.

6. InYourDream

boom-id

Muhammad “InYourDream” Rizky atau juga dikenal dengan nickname IYD merupakan bintang Dota 2 Indonesia. Pengalaman bermain roster berusia 22 tahun tak perlu diragukan lagi. Dia telah keluar masuk tim papan atas Indonesia dan Asia Tenggara dengan meninggalkan jejak positif.

InYourDream tercatat pernah memperkuat Fnatic, Tigers, EVOS Esports, dan BOOM Esports. Kini, bersama Jhocam, keduanya menjadi support andalan di tim T1 Asia Tenggara. Pemain seperti IYD diharapkan bisa mewakili Dota 2 SEA Games Indonesia di masa depan untuk meraih medali emas.

Itulah beberapa nama pemain Dota 2 Indonesia yang pastinya sangat menginspirasi bagi semua pencinta Dota 2 Tanah Air. Semoga ke depannya akan lebih banyak lagi pemuda-pemuda bangsa yang mencatatkan prestasi di pentas esports internasional.

Leave a Reply