eSports Dota 2

Ajang The International 9 Capai $30 Juta USD

Bagi Anda para pecinta game esports Dota 2, tentunya sudah sangat familiar dengan ajang The International. Ajang tersebut adalah turnamen paling bergengsi di dunia esports saat ini khususnya Dota 2. Tak lama lagi, babak utama The International 9 (TI9) akan dimulai dengan penampilan tim-tim raksasa Dota 2 yang bertanding. Prize pool yang sudah terkumpul untuk ajang The International 9 (TI9) ini pun sukses menembus angka $30 Juta.

Valve selaku pihak pengembang Dota 2 selalu mengadakan turnamen besar setiap tahunnya yakni The International. Ajang kompetisi terbesar Dota 2 tersebut memang terkenal akan pencetakan rekor prize pool-nya dari tahun ke tahun. Itupun terjadi pada ajang The International tahun ini (TI9) dengan prize pool turnamen esports terbesar setelah melampaui Fortnite World Cup.

Jika ajang TI8 tahun lalu hanya mencapai prize pool sebesar $25.5 juta, maka tahun ini TI9 sukses menembus angka $30 juta USD. Itu berarti melewati prize pool dari turnamen Fortnite World Cup, serta mencetak pencapaian baru untuk hadiah TI. Hebatnya lagi, tidak menutup kemungkinan jika angka tersebut bertambah sampai durasi penggalangan dana TI9 ditutup.

Awalnya, pihak Valve hanya memberikan prize pool sebesar $1.6 juta untuk ajang TI9 yang diselenggarakan di Shanghai tahun ini. Namun jumlah prize pool tersebut telah meningkat hingga 1.800% yang membuat ambisi pecinta Dota 2 semakin menjadi-jadi. Tentunya, angka tersebut akan terus bertambah mengingat masih ada kurun waktu beberapa minggu lagi sebelum babak utama TI9 dimulai.

Sistem interactive prize pool ini memang terbukti berhasil menggiring partisipasi fans dengan penjualan Battle Pass. Jumlah $30 juta USD yang saat ini berada di prize pool, berarti Valve sudah mendapatkan kira-kira $113.2 USD atau sebesar Rp.1.577 milyar. Jumlah tersebut tentu sangat besar bagi keuntungan sebuah ajang kompetisi esports kasta dunia. Valve sendiri cukup puas dengan rekor baru prize pool The International tahun ini.

Epic games memberi $100 juta USD untuk total keseluruhan turnamen yang diselenggarakan pada tahun 2019 ini. Namun mengalokasikan prize pool terbesarnya di main event Fortnite World Cup, yakni sebesar $30 juta USD. Dengan total prize pool yang saat ini tembus $30 juta USD, sepertinya tidak sulit bagi Valve untuk mengalahkan Epic Games. Tentunya hal tersebut bisa dicapai oleh Valve berkat partisipasi dan dukungan dari para fans yang selalu ada dan setia.

Babak utama The International 9 akan diselenggarakan pada tanggal 15 – 25 Agustus 2019 nanti. Ajang tersebut menampilkan tim-tim Dota 2 papan atas yang akan berjuang memperebutkan gelar juara. Apakah Team Secret, Virtus-pro, Vici Gaming, Evil Geniuses, Team Liquid, PSG.LGD, Fnatic, NIP,TNCP, dan OG adalah favorit Anda? Ataukah Anda lebih mendukung Alliance, KG, Mineski, Natus vincere, Infamous, RNGU, CEC, dan Forward Gaming?

Tim manapun yang Anda dukung, bukanlah masalah karena para pecinta Dota 2 punya hak untuk mendukung tim favoritnya. Siapapun yang keluar sebagai sang juara, maka memang dialah yang lebih layak menjuarai ajang TI9 ini. Sebagai penggemar, kita hanya perlu memberikan dukungan penuh.

Semoga kedepannya The International akan mencetak prize pool yang lebih dari $30 juta USD agar ajang ini semakin meriah. Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat untuk Anda, dan jangan lupa untuk menjadi gamers yang baik dengan tidak meninggalkan prioritas lain.

 

Leave a Reply