Begini Solusinya Jika Dota 2 Lag di Windows 10

eSports Dota 2

Masalah Dota 2 lag di Windows 10 mungkin pernah dialami sebagian pemain dengan penyebab yang berbeda-beda. Sebenarnya bukan hanya Dota 2, tetapi pada kasus lain beberapa game juga tidak berjalan dengan baik di Windows 10. Ini memang sangat menyebalkan dan mau tidak mau Sobat Gamer harus mencari solusinya.

Dilansir dari utekno dan driveeasy, Dota 2 adalah game yang memerlukan perangkat keras gaming dengan spesifikasi standar. Tetapi untuk mendapatkan performa maksimal, disarankan untuk menggunakan perangkat yang spesifikasinya di atas minimum system requirements. Ditambah lagi Sobat Gamer harus memiliki koneksi internet yang kencang.

Cara Mengatasi Dota 2 Lag

Valve

Selain karena software dan hardware, internet juga memang sering menyebabkan Dota 2 lag. Nah, untuk mencoba mengatasi masalah tersebut, coba lakukan upaya-upaya berikut ini di komputer Windows 10 Anda.

1. Update Driver Kartu Grafis

Ini adalah solusi paling umum dan paling mudah dilakukan. Driver kartu grafis yang telah usang bisa jadi salah satu penyebab lag saat bermain Dota 2. Jadi, penting untuk memperbaruinya, baik secara manual atau otomatis.

Untuk mendapatkan pembaruan driver secara manual, Sobat Gamer harus mengunduhnya dari situs web produsen. Cari driver yang terbaru dan kompatibel dengan Windows 10 yang Anda gunakan.

Sedangkan pembaruan driver otomatis dapat dilakukan menggunakan software pihak ketiga. Cara kerjanya adalah software tersebut akan mendeteksi driver mana yang telah usang atau outdated, lalu menggantinya dengan yang baru. Keunggulan software ini adalah bisa memilih secara otomatis driver yang kompatibel dengan perangkat Anda.

2. Matikan Opsi Switchable Graphics

Apabila Sobat Gamer menggunakan kartu grafis yang tidak terintegrasi langsung, cara ini bisa diabaikan. Tetapi jika menggunakan kartu grafis yang terindikasi, coba matikan Switchable Graphics melalui menu BIOS.

Restart komputer lalu masuk ke menu BIOS saat booting berlangsung dengan cara menekan tombol F2, F12 atau Delete. Setiap merek motherboard memiliki tombol yang berbeda-beda, jadi mungkin Anda perlu mencobanya beberapa kali.

Temukan pengaturan Switchable Gratis, yang mana letaknya juga berbeda-beda di setiap merek dan versi BIOS. Setelah itu simpan pengaturan dan restart lagi komputernya.

3. Konfigurasi Video dalam Game

dotesports
dotesports

Setelah menginstal Dota 2 di komputer, Anda mungkin langsung memainkannya dengan pengaturan default. Jika ternyata spesifikasi komputer tidak sesuai dengan standar, maka ini bisa menyebabkan terjadinya lag saat bermain. Maka dari itu, cobalah konfigurasikan tampilan video dalam game secara manual.

Masuk ke dalam game, klik tombol Settings dan masuk ke tab Video. Ubah pengaturan videonya sesuai dengan contoh di bawah ini. Setelah itu klik tombol Apply.

https://images.drivereasy.com/wp-content/uploads/2019/07/image-329.png

Untuk menguji apakah pengaturan tersebut berhasil memperbaiki masalah lag Anda, luncurkan ulang game Dota 2. Apabila masalahnya masih tetap terjadi, coba lakukan cara keempat.

4. Membersihkan Cache Aplikasi Steam

STEAM

Lag juga bisa terjadi karena chache dan cookie terlalu menumpuk di aplikasi Steam Anda. Jadi bersihkan ‘sampah’ tersebut dengan cara jalankan Steam dengan opsi ‘Run as administrator’. Masuk ke Settings lalu klik menu Web Browser dan hapus web browser cache dan cookies dari sana.

5. Mematikan Fitur Xbox DVR

Fitur Xbox DVR di Windows 10 ini berfungsi untuk merekam dan mengambil cuplikan gambar pada saat bermain game. Tetapi terkadang justru itu menyebabkan lag pada Game Dota 2 dan game lainnya. Jadi jika tidak ingin merekam permainan Anda, sebaiknya matikan saja fitur tersebut.

Cari dan buka aplikasi Xbox di Start Menu (ikon berwarna hijau), masuk menu Settings, lalu nonaktifkan Record Game di bagian Game DVR. Setelah itu coba jalankan game dan harusnya Dota 2 lag atau FPS menurun bisa pulih kembali.

Leave a Reply