youtube
eSports Dota 2

Ceb Menyusul Keluar, SumaiL Jadi Anggota Terbaru Tim OG

Tim OG Dota 2 benar-benar sedang dilanda krisis pemain belakangan ini. Padahal, juara TI back-to-back itu baru saja mengumumkan akan kembali ke kompetisi DPC. Setelah kehilangan dua pemain minggu lalu, kali ini giliran “Sebastien “Ceb” Debs yang mengundurkan diri dari tim.

Dilansir dari win.gg, langkah Ceb ini mengikuti dua rekan satu timnya yang pergi dengan alasan berbeda. Jesse “JerAx” Vainikka memutuskan pensiun dari kancah kompetitif Dota 2. Sedangkan Anathan “ana” Pham pergi untuk kembali lagi pada musim depan karena ingin memperpanjang masa liburnya.

Ceb membuat pernyataan yang emosional di situs web resmi tim OG. Meski memutuskan mundur, tetapi dia tetap mendukung dua rekannya yang tersisa untuk meraih gelar ketiga.

youtube

“Saya rasa ini adalah waktunya untuk menemukan cara untuk memberi kembali. Saya ingin membantu mereka menggapai mimpi dan menemukan kesuksesan yang saya rasa layak untuk mereka. Membuat semua ini menjadi target pribadi saya adalah hal yang pahit,” kata Ceb.

“Johan dan Topias sedang menatap gelar ketiga mereka, dan saya juga. Saya akan bersama mereka setelah mereka berhasil mengangkat trofi lagi.”

Tidak ada kejelasan tentang kelanjutan karier Ceb setelah ini. Namun beberapa memperkirakan Ceb mungkin akan kembali ke OG dengan peran yang berbeda. Mengingat, dia punya pengalaman sebagai pelatih Dota 2 di tahun 2016.

youtube

Pada 2018, Ceb bermain dan bergabung dengan OG untuk pertama kalinya. Sejak saat itu dia tetap bertahan walaupun tim beberapa kali melakukan perubahan roster. Dia juga sering mengisi kekosongan di posisi yang berbeda untuk tim, tetapi kemudian memilih berperan sebagai lane di TI8.

Di situlah Ceb menemukan pijakannya dan sukses memenangkan TI. Dia pun tetap bermain di posisi itu sepanjang musim berikutnya. Sampai puncaknya adalah ketika OG mempertahankan gelar TI mereka di tahun 2019.

Dengan perginya tiga pemain, maka tersisa dua orang yang aktif di OG. Mereka adalah Johan “N0tail” Sundstein dan Topias Miikka “Topson” Taavitsainen. Tim harus segera melengkapi kekosongan itu sebelum kualifikasi ESL One LA Major dimulai.

youtube

Ini adalah pertama kali OG kembali ke kancah kompetitif DPC setelah memenangkan TI9. Namun karena belum memiliki poin DPC, OG dipaksa harus memulai dari kualifikasi terbuka untuk wilayah Eropa. Perjalanan mereka akan dimulai pada 9 Februari mendatang.

Kabar baiknya, dari tiga tempat yang kosong, satu tempat sudah terisi. Dia adalah mantan pemain Evil Geniuses, SumaiL, yang diumumkan setelah siaran True Sight TI 2019 Finals. Dalam acara tersebut, SumaiL terlihat sudah bergabung dengan tim di atas panggung.

Ini tentu menjadi kabar menggembirakan bagi SumaiL, yang selama berbulan-bulan ‘diparkir’ oleh EG. Dia mengungkap kegembiraannya bisa bergabung dengan tim juara TI. Di sisi lain, Ceb juga merasa senang dengan perekrutan ini, karena dia menganggap SumaiL adalah salah satu lawan terberatnya di Dota 2 pro.

Sampai tulisan ini dibuat, OG belum memastikan posisi apa yang akan diambil SumaiL. Dia pernah memegang peran carry saat masih bermain untuk Quincy Crew. Tetapi mungkin juga dia akan bertukar posisi dengan Topson sebagai mid laner seperti yang dilakukan oleh Nigma dan Team Secret.

OG masih memiliki dua tempat kosong pada skuatnya. Tim membutuhkan pemain support menggantikan untuk Jesse “JerAx” Vainikka dan offlaner untuk menggantikan Ceb.

Tentu saja, memiliki skuat yang diisi oleh pemain-pemain hebat tidak menjamin kesuksesan di Dota 2. Kapten OG, N0tail, adalah contoh bahwa dia pernah masuk dalam tim bertabur bintang namun gagal berprestasi maksimal.

Kualifikasi terbuka Major ketiga akan menjadi ajang pembuktian bagi SumaiL, N0tail dan Topson bersama dua rekan barunya nanti. Dua pemain tambahan itu kemungkinan akan segera diumumkan setelah acara tim OG Night.

Leave a Reply