The International
eSports Dota 2

Cemooh Penonton Pada Kekalahan TNC di TI9

Ajang The International 9 menjadi mimpi buruk  bagi  tim raksasa Dota 2 TNC yang menelan kekalahan di main event TI9. Pertandingan TNC melawan Vici Gaming pada main event TI9 Dota 2 merupakan match terpanas saat itu. Asumsi itu terjadi karena TNC merupakan perwakilan terbaik tuan rumah namun terjerat kasus yang memicu marahnya fans Dota 2 China. Kasus yang menjerat TNC adalah masalah komunikasi yang kurang persuasif dan akhirnya di salah tanggapi oleh publik.

Dilansir dari esports.id, salah satu anggota dari tim TNC Dota 2 dianggap telah mengutarakan pernyataan rasis di pub game terhadap pemain Cina. Anggota tim TNC tersebut bernama Kuku yang kasusnya ditindaklanjuti dengan pemberian sanksi terhadapnya. Kuku tidak diizinkan ikut serta dalam kompetisi Chongqing Major,dan WESG 2018-2019 yang diselenggarakan di Cina. Keputusan tersebut pun sudah mendapat persetujuan dari pemerintah setempat dan Valve selaku pengembang Dota 2.

The International
The International

Walaupun perseteruan ini terbilang sudah cukup lama, namun sepertinya kekesalan penduduk Cina belum selesai sampai disini. Hal itu terlihat saat Kuku tampil bersama TNC ajang The International 9 melawan Vici Gaming di main event. Sorakan dan dukungan penonton pada lini stream menjadi sunyi secara mendadak, padahal sebelumnya tak begitu. Ini hanya terjadi saat TNC mendapat kesempatan emas dan peluang untuk membabat lawan pada match yang sedang berlangsung.

Ketidak hangatan penonton pun sudah terlihat ketika upacara opening sebelum main event diselenggarakan. Nampak bahasa tubuh yang kurang bersahabat dari para penonton yang menyaksikan jalannya pertandingan di main event TI9 tersebut. Pada saat pengenalan peserta dan narator memanggil tim TNC, serentak suara penonton berubah jadi cemoohan. Ibarat sorakan supporter sepak bola yang mengintimidasi pemain lawan saat mencoba mencetak gol.

The International
The International

Hasil akhir dari kejadian tersebut adalah kekalahan bagi TNC setelah sengit bersaing sampai babak belur oleh Vici Gaming. Saling membalas serangan dan memakai strategi culik menculik pun jadi tontonan yang flat (harusnya ini jadi tontonan yang ramai). Seperti ada ketidak adilan supporter pada pertandingan main event TI9 antara TNC dengan Vici Gaming tersebut. Dukungan dan sorakan indah dari para penonton hanya ada saat Vici Gaming yang menyerang TNC.

Banyak pihak yang berasumsi jika TNC jadi pemenangnya, maka akan terjadi kerusuhan yang lebih agresif dari para penonton. Jika demikian yang terjadi, tentu The International bisa ternoda namanya hanya karena hal tersebut. Harusnya penonton berpikir lebih dewasa saat menyikapi pertandingan antara TNC melawan Vici Gaming di main event TI9. Walau bagaimanapun juga, dukungan dan cemoohan dari para penonton sangat berpengaruh bagi psikologi pemain untuk memenangkan pertandingan.

The International
The International

Baik TNC maupun Vici Gaming merupakan dua tim raksasa Dota 2 yang punya kekuatan besar dan prestasi gemilang. Asumsi itu dapat terlihat jika kita mau menelusuri riwayat prestasi kedua tim raksasa Dota 2 tersebut. Jika saja tidak ada cemoohan penonton pada pertandingan TNC melawan Vici Gaming, mungkin keadaan bisa terbalik. Tapi menurut Anda selaku peminat Dota 2, wajarkah bila TNC mendapat perlakuan itu dari penonton saat main event TI9 berlangsung?

Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari The International 9 yang saat ini sedang diselenggarakan di Shanghai. Semoga tidak ada lagi penistaan oleh penonton kepada peserta TI9 yang sedang bertanding. Tetaplah jadi penonton yang baik dan bijak, dalam menyikapi kesalahan pemain yang sedang bertanding dan dipertontonkan. Semoga informasi ini bermanfaat, salam esports untuk Anda yang sudah membaca.

Leave a Reply