China Dota 2 Pro League Menuju Playoff

eSports Dota 2

China Dota 2 Pro League Season 1 menjadi kompetisi yang paling disoroti penggemar di Tiongkok saat ini. Terlepas dari pembukaan WePlay! Bukovel Minor jatuh pada hari ini, 9 Januari, tetapi turnamen regional tersebut tak kalah kompetitif. Setelah berlangsung selama delapan minggu, akhirnya turnamen menuju babak playoff.

Dimulai pada bulan Oktober 2019 lalu, ada 10 tim Dota 2 Tiongkok yang bertarung selama sekitar empat bulan. Kompetisi ini menggunakan sistem liga untuk menentukan enam tim yang lolos ke upper dan lower bracket playoff. Setelah perjalanan yang panjang itu, pertandingan pekan kedelapan pun akhirnya selesai.

youtube

Enam tim teratas di tabel klasemen akan kembali bertanding pada akhir Februari mendatang. Vici Gaming menjadi tim terbaik dengan menempati puncak klasemen China Dota 2 Pro League Season 1. Kemudian diikuti oleh PSG.LGD, RNG, dan Invictus Gaming, yang mana keempat tim tersebut akan bermain di upper bracket.

Sementara dua lainnya adalah iG Vitality dan Team Aster, yang menempati peringkat kelima dan keenam. Keduanya sama-sama akan bermain di lower bracket melawan tim yang kalah pada dua pertandingan upper bracket.

liquipedia

Vici Gaming dipertemukan lagi dengan IG dalam pertandingan playoff yang pertama. Kemudian dilanjutkan dengan duel sengit antara PSG.LGD dan RNG pada pertandingan upper bracket lainnya. Tim yang kalah akan turun untuk berhadapan dengan iG Vitality atau Team Aster di lower bracket.

Hasil di atas didapat setelah pertandingan pekan kedelapan yang melelahkan. Vici Gaming sekali lagi membuktikan diri sebagai salah tim terbaik di regional Tiongkok saat ini. Setelah memenangkan turnamen di Singapura bulan lalu, mereka kembali menunjukkan dominasi tersebut.

Faktanya, mereka belum kehilangan satu pertandingan pun selama dua minggu terakhir. Vici berhadapan dengan tantangan terakhir di minggu kedelapan, yaitu Team Aster. Ini menjadi lebih sulit karena Song “Sccc” Chun dan timnya sedang bermain sangat baik belakangan ini.

Sayangnya, ternyata itu belum cukup untuk menjatuhkan juara ONE Esports World Pro Invitational. Vici memberikan pukulan knock-out hanya dalam dua pertandingan yang masing-masing berlangsung selama 40 menit.

Hasil itu membuat Vici mengumpulkan skor yang sama persis dengan PSG.LGD, yaitu 15 menang dan 4 kekalahan. Vici sebelumnya berhasil memenangkan pertandingan saat melawan PSG.LGD dan akhirnya berhak atas puncak klasemen.

Selain itu, yang menjadi sorotan adalah kembalinya Invictus Gaming pada bentuk terbaik mereka. IG menjadi tim kedua yang terlihat paling menonjol selama delapan minggu kompetisi ini berlangsung. Setelah melakukan beberapa kali perubahan roster, tim ini akhirnya mampu bangkit.

Meskipun banyak orang yang meragukan kemampuan mereka, namun kinerja tim ini membungkam segala komentar tersebut. Pada minggu terakhir, Invictus Gaming hanya kehilangan satu seri yaitu saat melawan Team Aster. Namun, sebenarnya mereka sudah bermain dengan sangat baik dan nyaris merebut kemenangan.

vici
Vici gaming

Setelah penampilan terakhir, iG berada di posisi keempat dalam turnamen ini. Berikutnya, tantangan nyata ada di depan mata saat mereka harus kembali berjumpa dengan Vici Gaming di upper brakcet playoff ronde pertama.

Terakhir, penggemar cukup antusias menyaksikan aksi dari Team Aster. Sama seperti iG, tim ini juga sempat melakukan beberapa kali perubahan roster. Alhasil, saat ini mereka memiliki skuat yang mumpuni dan sangat ambisius.

Tidak mengherankan jika mereka juga berhasil lolos ke Leipzig Major. Aster bermain cukup baik selama minggu kedelapan. Hasil menunjukkan mereka hanya kalah dari Vici Gaming, yang tampaknya memang masih terlalu kuat untuk dikalahkan sekarang. Sangat menarik untuk melihat apa yang akan terjadi pada tim ini di masa depan.

China Dota 2 Pro League Season 1 baru akan kembali dimulai pada 27 Februari mendatang. Bulan ini, pastikan Sobat Gamer tidak melewatkan pertandingan seru di Bukovel Minor dan Leipzig Major.

Leave a Reply