DoTA 2 WESG Final

Daftar Acara Esports Dota 2 yang Dibatalkan karena COVID-19

eSports Dota 2

Esports Dota 2 akan mengalami kekosongan hingga beberapa minggu ke depan terkait dengan situasi terkini. Dikarenakan penyebaran pandemi COVID-19 yang semakin meluas, penyelenggara acara terpaksa membatalkan atau menjadwal ulang acara. Dota 2 hanya segelintir dari esports tournament yang terkena dampak masif dari kejadian ini.

Dilansir dari espn dan medcom, bisa dibilang Dota 2 cukup lambat dalam merespons situasi penyebaran COVID-19. Di antara judul esports lainnya, Dota 2 adalah yang paling akhir memutuskan penundaan dan pembatalan. Kendati demikian, keputusan ini patut diapresiasi karena mengutamakan keselamatan tim dan para penggemar.

Beberapa Acara Esports Dota 2 yang Ditunda dan Dibatalkan

Salah satu penyebab pembatalan berbagai acara esports Dota 2 ini adalah larangan perjalanan. Ditambah lagi, pemain harus menjalani karantina selama 14 hari yang pastinya dapat mengacaukan jadwal acara. Nah, untuk kembali mengingatkan Sobat Gamer, berikut adalah daftar acara Dota 2 yang ditunda atau dibatalkan.

1. WESG APAC FINAL 2019

TNC DoTA 2 WESG Final 2019
WESG

World Electronic Sports Game Asia Pacific Final 2019 rencana awalnya akan dilangsungkan di Malaysia pada Januari 2020. Penyelenggara acara kemudian menunda dan memindahkan acara tersebut ke Makau pada Februari 2020. Namun karena situasi tidak memungkinkan, acara akhirnya secara resmi dibatalkan.

Penyelenggara tidak mau ambil risiko karena penyebaran COVID-19 sudah semakin meluas ke luar Tiongkok. Padahal 16 tim Dota 2 dari berbagai negara telah siap untuk bertanding di ajang tersebut. Alhasil, manajemen tim terpaksa menjadwal ulang agenda tim mereka akibat pembatalan ini.

Selain Dota 2, tiga judul lainnya di ajang WESG APAC Final 2019 juga turut dibatalkan, yaitu CS: GO, Hearthstone dan Starcraft 2. Menurut keterangan di Liquipedia, tidak ada rencana untuk menjadwal ulang acara ini.

2. ESL One Los Angeles Major

ESL
ESL

Lambatnya pengambilan keputusan dari pihak terkait membuat ESL One Los Angeles Major akhirnya dibatalkan di detik-detik akhir. Ketika banyak acara esports lain yang dibatalkan, kualifikasi LA Major dan SL ImbaTV Minor Dota 2 tetap berlangsung seperti biasa. Sampai akhirnya LA Major sempat direncanakan digelar tanpa penonton.

Namun karena berbagai pertimbangan terutama terkait keselamatan semua orang, acara itu akhirnya akan dijadwal ulang. Valve dan ESL akan sesegera mungkin mengumumkan jadwal dan tempat baru untuk Major ketiga di DPC musim ini. Penundaan ini diumumkan pada 12 Maret lalu setelah Dota Summit 12 selesai.

Sebelum acara resmi dibatalkan, beberapa tim sempat kebingungan untuk berangkat ke Amerika Serikat. Sebab, negara tersebut menerapkan pembatasan perjalanan hingga beberapa minggu ke depan.

3. ONE Esports World Pro Jakarta Invitational

Para penggemar Dota 2 di Indonesia sangat antusias menyambut ONE Esports Dota 2 World Pro Jakarta Invitational. Acara tersebut awalnya direncanakan berlangsung pada 17-19 April. Tetapi karena Indonesia juga menjadi salah satu negara yang terpapar COVID-19, acara pun dijadwal ulang.

Jumat (13/3/2020) lalu, ONE Esports mengumumkan bahwa turnamen akan dipindahkan ke bulan November 2020. Dengan begitu acara ONE Esports Singapore Dota 2 Major akan berlangsung terlebih dulu pada bulan Juni.

Meski demikian, kualifikasi untuk memperebutkan dua slot turnamen sudah diselesaikan. Reality Rift berhasil memenangi kualifikasi Kuala Lumpur, dan pemenang kualifikasi Jakarta adalah tim asal Indonesia, BOOM Esports.

4. OGA Dota PIT Split Minor

Ini adalah turnamen Minor keempat dalam rangkaian DPC musim 2019-2020. Untuk pertama kalinya, DPC kembali ke Split, Kroasia, yang dijadwalkan bulan April mendatang. Delapan tim akan bersaing untuk total hadiah $300.000 dan satu tempat di EPICENTER Major 2020.

Sayangnya, turnamen yang seharusnya berlangsung pada 23-26 April resmi dibatalkan oleh Valve. Mengingat ancaman coronavirus, Valve pun mengosongkan agenda turnamen langsung tersebut per 15 Maret lalu. Menurut keterangan, Split Minor dibatalkan bukan ditunda atau dijadwal ulang.

5. EPICENTER Major

EPICENTER-Major
EPICENTER

Kabar terakhir yang diberikan oleh Valve adalah acara EPICENTER Major juga tidak memungkinkan untuk digelar. Banyak orang mengira bahwa ini akan menjadi akhir dari DPC dan membuat The International 2020 dibatalkan. Namun, faktanya Valve masih belum memberi keputusan terkait dengan turnamen DPC kelima.

Pada 15 Maret kemarin, EPICENTER Major resmi dibatalkan oleh Valve dan penyelenggara turnamen. Acara ini seharusnya dijadwalkan pada 2-10 Mei di Moskwa, Rusia. Valve mengumumkan pembatalan tersebut bersamaan dengan OGA Dota PIT Minor.

Penggemar Dota 2 memang perlu cemas, tetapi Anda masih bisa menonton pertandingan tim kesayangan. Sebab, ada beberapa acara esports Dota 2 online yang masih akan disiarkan secara langsung.

Leave a Reply