Daftar Turnamen Dota 2 Online yang Bisa Ditonton di Rumah

eSports Dota 2

Turnamen Dota 2 online menjadi alternatif setelah pembatalan dan penundaan berbagai turnamen akibat wabah COVID-19. Meski tidak diadakan di venue dan ditonton ribuan orang, setidaknya acara ini bisa mengisi kekosongan hiburan bagi penggemar.

Seperti dilansir dari liquipedia, ESL One dan weplay, pemerintah telah menganjurkan masyarakat agar berkegiatan dari rumah. Jika Sobat Gamer mulai bosan dikarantina rumah, turnamen Dota 2 2020 online yang sedang berlangsung bisa jadi pilihan. Sepanjang Maret hingga April mendatang, ada beberapa turnamen yang patut disaksikan.

Streaming Acara Turnamen Dota 2 Online

liquipedia

Turnamen Dota 2 online digadang-gadang sebagai solusi bagi penyelenggaraan esports di tengah krisis pandemi virus. Berikut ini adalah acara-acara Dota 2 yang tetap bisa Sobat Gamer saksikan di rumah dari platform streaming.

1. ESL One Los Angeles 2020 (Major)

ESL
ESL

Sesuai jadwal turnamen Dota 2 2020, ESL One Los Angeles harusnya menjadi Major ketiga musim 2019-2020. Meski acara Minor ketiga sempat diselesaikan, sayangnya ESL dan Valve acara tak bisa menyelamatkan Major ketiga ini. Pada akhirnya, ESL mengubah rencana mulai dari tempat acara, tanggal dan formatnya.

Turnamen dimulai pada 28 Maret hingga 19 April 2020 mendatang. Kali ini pesertanya tidak hanya 16 tim, melainkan ada 32 partisipan dengan 14 tim tambahan. Format kompetisinya juga diganti dengan model liga regional di lima wilayah (CIS dan Eropa menjadi satu liga).

Seluruh tayangan streaming dapat ditonton di saluran Twitch dan YouTube ESL Dota 2 secara gratis.

2. China Dota 2 Pro League S2 (Major)

PSG.LGD baru saja dinobatkan sebagai pemenang China Dota 2 Pro League musim perdana. Penyelenggara acara, ImbaTV, langsung mengumumkan jadwal untuk Season 2 yang menjadi musim reguler berikutnya. Kali ini turnamen akan bergulir secara online mulai 1 April hingga 14 Juni 2020.

Turnamen diikuti oleh total 10 tim dengan fase pertama menggunakan sistem setengah kompetisi. Enam tim teratas kemudian akan maju ke fase playoff dengan sistem double elimination. Adapun hadiah yang disediakan adalah ¥1.500.000 atau setara $211.383.

Sejauh ini pemegang hak siar resminya adalah ImbaTV di Tiongkok. Belum ada pengumuman lebih lanjut tentang siaran dalam bahasa Inggris di Twitch atau YouTube.

3. SIGUL Pro League (Minor)

SIGUL Pro League merupakan turnamen minor berhadiah total $15.000 untuk tim-tim Dota 2 dari wilayah CIS. Jika Sobat Gamer ingin menonton persaingan di tier 2 wilayah CIS, acara ini sangat direkomendasikan. Dilansir dari Liquipedia, SIGUL Pro League dimulai sejak 25 Februari hingga 15 April mendatang.

Tim seperti Winstrike Team dan Aggressive Mode adalah dua dari sembilan tim undangan yang berpartisipasi. Sementara satu tim lainnya adalah pemenang SIGUL Club League S1, yakni Cyberium. Pada saat tulisan ini dibuat, turnamen sudah memasuki akhir penyisihan grup dan menuju double elimination playoff.

Streaming pertandingan bisa disaksikan secara gratis dalam bahasa Rusia, di saluran Twitch Sigul Universe dan KalashnikovMediaTV.

4. CDA League Season 1 (Minor)

Asosiasi Dota 2 Tiongkok (CDA), yang baru dibentuk beberapa pekan lalu, memiliki satu acara yang patut ditonton. Bertajuk CDA League Season 1, turnamen online ini diikuti oleh tim-tim Dota 2 terbaik di Tiongkok. Di dalamnya termasuk delapan tim pendiri sekaligus anggota tetap CDA.

Delapan tim tersebut adalah PSG.LGD, Vici Gaming, iG, Team Aster, RNG, EHOME, Keen Gaming, dan Newbee. Sementara dua tim peserta lainnya berasal dari babak kualifikasi, yaitu Ocean dan Sparking Arrow Gaming. Turnamen sudah dimulai sejak 28 Maret dan berakhir pada 19 April 2020.

Untuk turnamen Tiongkok satu ini, Anda dapat menyaksikannya di saluran Twitch BeyondTheSummit2 (Inggris).

Turnamen Online Lainnya yang Akan Datang

ESL
ESL

Turnamen Dota 2 Indonesia 2020, One Esports Jakarta Invitational diundur hingga November. Tetapi ada pilihan lain yang jadwalnya lebih dekat daripada acara itu, WePlay! Pushka League. Ini adalah liga regional Dota 2 untuk wilayah Eropa dan CIS. Turnamen ini dimulai pada tanggal 23 April dengan hadiah $250.000.

Selain itu ada pula pengganti ESL One Birmingham 2020, yang juga dialihkan menjadi turnamen online. ESL menjadwal ulang turnamen itu dan akan berlangsung pada Mei hingga Juni 2020 dengan format liga regional. Total hadiahnya mencapai $335.000, dibagi untuk semua wilayah.

Itulah beberapa rekomendasi tontonan turnamen Dota 2 online untuk mengisi kegiatan di rumah saja selama masa karantina.

Leave a Reply