dotabuf

Dota 2 Reach Season 1 Akhirnya Dimulai

eSports Dota 2

Dota 2 Reach merupakan sebuah liga untuk para pemain Dota 2 yang dikerjakan oleh ESL dan DotaBuff. Gagasan utama di balik proyek ini adalah untuk membantu mengorbitkan pemain dari tier dua dan tiga. Seperti yang Sobat Gamer tahu, itulah yang menjadi masalah terbesar di kancah Dota 2 profesional saat ini.

Dilansir dari estnn dan dotabuff, minimnya turnamen kecil yang mendapat pengakuan mendapat banyak pemain berbakat tak terpantau. Padahal mereka sebenarnya berpotensi menjadi tim besar apabila diasah dengan pengalaman bermain di berbagai turnamen. Atas dasar alasan itulah Reach hadir untuk para pemain setia Dota 2.

Twitter

ESL dan DotaBuff berharap konsep liga yang mereka buat ini dapat mengubah situasi yang terjadi. Dota 2 Reach sebelumnya telah menjalani pengujian beta selama beberapa bulan. Namun sekarang, proyek tersebut telah resmi diluncurkan dan siap menggelar liga yang bisa melahirkan pemain-pemain top.

Satu hal yang mungkin akan dikeluhkan mungkin adalah karena Reach bukanlah platform gratis. Meski demikian, ada akses satu bulan gratis bagi pemain yang mendaftar di masa-masa awal ini. Satu-satunya hal yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs web Reach dan membuat akun di sana.

dotabuf

Setelah selesai membuat akun, kemudian cukup tekan tombol Play Now dan nikmati perjalanan di liga ini. Ingat untuk mengeklik opsi “Explore public match data” (jelajahi kecocokan data publik) di pengaturan Dota 2. Dengan begitu, platform ini mendapatkan akses ke medali pemain.

Setelah selesai, pemain bisa memilih peran apa yang diinginkan, lalu cukup tekan “Enter Queue”. Sebuah mekanisme yang sederhana dan memang sudah dipikirkan matang-matang oleh pengembang. Ini merupakan hasil pengujian selama berbulan-bulan dan tidak menutup kemungkinan masih akan ada banyak pembaruan lagi.

youtube

Hal yang perlu diperhatikan adalah Reach tidak akan tersedia di sembarang waktu. Dilansir dari ESTNN.com, akan ada jadwal mingguan baru yang menunjukkan kapan pemain bisa benar-benar bermain. Secara umum, jangka waktu akan disesuaikan untuk pemain di wilayah Eropa dan Amerika Utara sebagai dua wilayah aktif dalam platform.

Jadi, bagaimana peringkat pemain diberlakukan dalam liga ini? Menurut rilis resmi, Reach memiliki dua liga utama, yaitu divisi Pinnacle dan Contender. Divisi kedua memiliki lima divisi lagi, di mana setiap pemain baru akan ditempatkan di sana setelah pertandingan pertama mereka.

Secara umum, divisi yang didapat oleh pemain akan disesuaikan dengan medali Dota 2 yang dimiliki. Misalnya, jika Sobat Gamer adalah pemain di level Immortal, maka akan ditempatkan ke tingkat “S”. Pemain bergabung bersama 100 orang lainnya di divisi tersebut.

Pada setiap akhir “sprint” (begitu mereka menyebutnya), 10 pemain top dari divisi itu akan melangkah lebih jauh. Sedangkan 10 terbawah, sayangnya, harus diturunkan ke divisi yang lebih rendah.

Adapun divisi Pinnacle merupakan tempat bagi para pemain terbaik dari liga Reach ini. Untuk sampai di sana, pemain harus berada di antara 250 pemain top di tingkat “S”. Terlepas dari keuntungan itu, pemain juga bisa mengikuti ESL Academy yang menawarkan hadiah hingga $240 ribu.

Akan ada satu klasemen besar di sana, bukan divisi. Seperti yang diharapkan, mereka yang berkinerja baik pada setiap akhir sprint akan mendapatkan hadiah uang tunai. Ini sungguh menguntungkan bagi pemain yang mungkin sama sekali bukan seorang pro.

Adapun aturan poin di Reach adalah +4 untuk kemenangan dan -4 untuk kekalahan dalam enam pertandingan pertama. Setelah enam pertandingan, poin yang berlaku adalah +2 dan -2.

Informasi lebih lengkap tentang Dota 2 Reach dapat Sobat Gamer baca di pengumuman rilis resminya pada tautan ini.

Leave a Reply