eSports Dota 2

Drow Ranger Dihindari pada StarLadder ImbaTV

Turnamen Starladder ImbaTV Minor S2 sudah resmi berakhir dengan menghadirkan tim Ninja in Pyjamas sebagai juaranya. Ninja in Pyjamas (NiP) berhasil menjadi juara setelah melakukan pertandingan yang cukup alot melawan Alliance. Bahkan, babak final tersebut dilangsungkan hingga pertandingan ke-5 untuk menentukan juaranya. Meski begitu, baik NiP maupun Alliance sama-sama berhak melaju ke turnamen DPC terakhir, yaitu EPICENTER Major 2019.

Turnamen Dota 2 kali ini bertepatan dengan keluarnya patch terbaru Dota 2, yaitu 7.22 yang sepertinya memunculkan fakta unik selama turnamen StarLadder ImbaTV Minor Season 2 ini diselenggarakan. Pada turnamen ini, tak ada satu pun tim peserta yang mengambil Drow Ranger sebagai pick mereka. Ada apa sebenarnya?

Padahal, jika kita melihat-lihat lagi ke belakang, pada gelaran turnamen minor maupun major sebelumnya, yaitu OGA Dota Put dan juga MDL Disneyland Paris, hero dengan tipe agility ini sangat populer dan banyak sekali dipakai oleh para peserta. Pada turnamen OGA Dota Pit kemarin, Drow Ranger sendiri telah digunakan hingga 13 kali oleh para tim. Sementara pada turnamen MDL Disneyland Paris Major, Drow Ranger juga digunakan sebanyak 27 kali.

Memang benar bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan akibat efek patch baru ini. karena efek patch 7.22 ini, Drow Ranger mendapatkan nerf yang sangat berpengaruh pada permainan, yaitu Maksmanship tak bisa lagi melakukan serangan instan kill kepada Ancient Creeps. Nerf tersebut juga yang sepertinya membuat para peserta StarLadder ImbaTV Minor Season 2 merasa enggan untuk melakukan pick hero Drow Ranger. Mereka lebih memilih hero lain yang jauh lebih kuat seperti Templar Assassins.

Pada pertandingan StarLadder ImbaTV Minor Season 2, Drow Ranger bersama 21 Hero lain pun tak pernah terpilih sama sekali. Penurunan popularitas Drow Ranger pun tak terelakkan lagi. Menurut Anda, seperti apa sebenarnya Drow Ranger ini?

Sekilas tentang Update Patch 7.22

Valve telah merilis update patch 7.22 sejak 25 Mei lalu. Memang ada cukup banyak perubahan pada update terbaru ini, salah satu di antaranya adalah pemberian buff kecil seperti semacam penambahan attack speed dan mana regen khusus untuk hero-hero tertentu.

Pada patch terbaru ini, Valve juga telah melakukan berbagai penyesuaian pada bagian map kecil, hero adjusment, dan juga beberapa perubahan pada sisi game play yang bisa menghilangkan rasa bosan pemain.

Meski begitu, patch 7.22 ini sepertinya kurang memuaskan untuk beberapa sisi. Oleh karena itu, muncullah update penyesuaian lewat patch 7.22b yang dirilis beberapa hari setelah patch 7.22. Pada perilisan patch penyesuaian ini ada 6 hero yang diotak-atik, yaitu Clinkz, Dark Willow, Lycan, Grimstroke, Slark, dan Necropos. Semua hero tersebut mendapatkan nerf.

Patch baru ini juga membawa perubahan yang sangat besar pada Drow Ranger seperti yang sudah dijelaskan di atas. Bahkan, pemain professional saja menghindari Drow Ranger dan juga 21 Hero lainnya untuk diambil dalam pertandingan internasional. Ini berarti memang ada yang salah pada patch terbaru ini. Kita nantikan saja bagaimana tanggapan Valve setelah mengetahui fakta menarik ini. Mungkin saja akan ada patch baru yang segera dirilis.

Ini merupakan analisa paling masuk akan mengapa popularitas Drow Ranger mengalami penurunan. Fakta bahwa tak ada satupun tim yang menggunakan Drow Ranger memang cukup mengejutkan. Lalu, menurut Anda, apa lagi yang menyebabkan popularitas Drow Ranger ini menjadi turun?

 

Leave a Reply