youtube
eSports Dota 2

EHOME Akhiri MDL Chengdu dengan Kontroversi

Salah satu tim Dota 2 Tiongkok melakoni perjalanan penuh drama setelah keluar lebih awal dari ajang MDL Chengdu. EHOME mengumumkan bahwa Cheng “vtFaded” Jia Hao dilepas tim untuk beristirahat dari Dota 2. Kritikan publik dan pelatih EHOME, Zhang “xiao8” Ning disebut menjadi alasan di balik keputusannya.

Meskipun EHOME terlihat begitu agresif sebelum DPC musim baru dimulai, tetapi hasil di Major pertama sangat berkebalikan. Mereka seolah tidak berdaya dan tersingkir di Braket Bawah dengan kinerja yang sangat biasa-biasa saja. Hal inilah yang kemudian mendorong terjadinya perubahan dalam tim.

youtube

“Xiao8 dalam siaran langsungnya mengatakan bahwa posisi 1 dan 2 EHOME tidak memiliki potensi membawa tim menuju kemenangan. Tapi tentunya saya tidak bisa berdiri dan berbicara sendiri,” kata vtFaded dalam posting yang panjang di laman Facebook.

“Saya masih harus banyak belajar. Namun, saya pikir pernyataannya bukan hanya tidak sensitif, tetapi itu adalah cara yang jelas untuk mendorong kesalahan,” tambahnya.

youtube

Pemain asal Tiongkok itu mengkritik Xiao8 yang mengungkapkan kritikannya secara terbuka di depan publik. Walaupun, di satu sisi vtFaded juga mengakui bahwa seharusnya dia memang bisa bermain lebih baik selama MDL Chengdu Major. EHOME pun harus mengakhiri turnamen dengan hanya finish di posisi 9-12.

Sementara itu banyak orang yang mendukung vtFaded setelah dia mendapatkan kritik di Chengdu Major. Xiao8 memang merupakan salah satu pemain paling disegani di komunitas Dota 2. Pria asal Tiongkok itu dianggap sebagai kapten terhebat dalam sejarah permainan dan salah satu pemain paling dipercaya.

youtube

Secara total, pemain Dota 2 veteran ini telah meraih hadiah sebanyak $1.831.266 sepanjang kariernya sebagai profesional. Karier panjang di LGD Gaming dan finish pertama di TI4 bersama Newbee adalah prestasi yang mengesankan.

Oleh karena itulah kritikannya di depan publik dianggap sangat berbahaya bagi pemain yang baru dikenal seperti vtFaded. Di antara orang-orang yang melayangkan dukungan kepada vtFaded, salah satunya adalah caster Dota 2 Austin “Capitalist” Walsh. Dia menjadi yang paling lantang menyerukan suaranya.

“Jika benar, ini terdengar seperti pelatihan yang buruk. Ketika Anda adalah seorang pelatih, maka Anda bertanggung jawab untuk membangun pemain Anda. Beri mereka kepercayaan dan tanamkan kepercayaan itu,” tulisnya di Twitter.

“Berbicara tentang pemain setelah mereka pergi, itu bisa dilakukan sesuka Anda. Tetapi ketika mereka masih berada di dalam tim, tugas Anda adalah menjadikan mereka pemain terbaik selama waktu itu.”

Bersamaan dengan tweet tersebut, banyak kata-kata dukungan dari para penggemarnya. Mereka mendorong vtFaded untuk tetap berlaga di kancah kompetitif jika masih memiliki motivasi dan tidak ingin terus dikritik.

Adapun vtFaded sendiri masih belum mengetahui akan ke mana dia berlabuh selanjutnya. Pada posting Facebook-nya, dia hanya mencatat bahwa kontraknya dengan EHOME masih tersisa. Dia pun hanya bisa menunggu ada organisasi lain yang ingin melakukan transfer.

Namun demikian, tidak menutup kemungkinan situasi ini bisa membuatnya absen untuk waktu yang lama.

Namun demikian, kebersamaan vtFaded dengan EHOME kini sudah sepenuhnya selesai. Organisasi secara resmi melepasnya seperti yang tercantum di halaman registrasi utama pada 21 November lalu. Ini akan memaksa EHOME harus menemukan carry baru untuk kualifikasi DreamLeague Leipzig Major mendatang.

Mereka perlu menemukan pengganti dengan cepat karena kualifikasi berikutnya untuk dimulai dalam waktu beberapa hari lagi. Dota 2 di Tiongkok benar-benar sangat kompetitif saat ini, jadi mereka pasti membutuhkan pemain yang terkenal. Siapakah yang akan merapat ke EHOME setelah MDL Chengdu Major?

Leave a Reply