vpesports
eSports Dota 2

Gagal Bukovel Minor, CDEC Gaming Rekrut Ahjit

WePlay! Bukovel Minor menjadi harapan terakhir bagi tim-tim Dota 2 yang ingin berpartisipasi di Leipzig Major tahun depan. Hanya tersisa satu slot yang akan didapatkan oleh pemenang Minor tersebut. Sialnya, usaha CDEC Gaming untuk lolos ke Bukovel gagal total dan mereka pun langsung melakukan perombakan tim.

Dilansir dari dotesports, estnn, dan vpesports, Lai “Ahjit” Jay Son telah menghabiskan empat bulan di skuat CDEC Avenger setelah hengkang dari Mineski pada musim panas. Pemain Dota 2 pro itu pun kini diangkat ke tim utama, CDEC Gaming, untuk menggantikan Guo “Eve” Yuhang. Kehadiran Ahjit diharapkan dapat memperbaiki performa tim untuk ajang berikutnya.

estnn

CDEC Gaming dulunya adalah salah satu tim terbaik wilayah Tiongkok, terutama pada saat TI5. Namun, setelah menempati posisi kedua di sana, performa mereka perlahan-lahan menurun dan beralih ke tier kedua.

CDEC berharap bisa tampil di WePlay! Bukovel Minor dengan mengikuti serangkaian kualifikasi. Tetapi, langkah mereka dijegal oleh Royal Never Give Up di final kualifikasi wilayah Tiongkok. Padahal mereka lebih diuntungkan dengan bermain di upper bracket final dan mengalahkan EHOME.

estnn

Ahjit bergabung dengan tim utama CDEC sebagai posisi satu yang baru, sementara Eve dipindahkan ke daftar pemain tidak aktif. Langkah ini kabarnya diputuskan karena Eve mengajukan permintaan untuk cuti dari kompetisi Dota 2. Untuk saat ini, berikut daftar lengkap pemain tim CDEC Gaming:

  • Lai “Ahjit” Jay Son
  • Shen “123” Chao
  • Guo “Xm” Hongcheng
  • Chen “Victoria” Guanhong
  • Zhou “James” Yifu

Selama setahun terakhir, Ahjit bermain di Asia Tenggara untuk Tigers dan Mineski. Menyusul hanya finish 6 besar di Minor terakhir sebelum TI9, Ahjit pun digantikan dari skuat Mineksi oleh Nikolay “Nikobaby” Nikolov. Nikobaby pun akhirnya bermain di TI bersama tim asal Asia Tenggara untuk pertama kalinya.

revivaltv

Kemudian Mineski kehilangan seluruh pemain Dota 2 mereka sepenuhnya setelah TI9 shuffle. Nikobaby akhirnya kembali ke Eropa dan bergabung dengan Alliance, sedangkan AhJit direkrut oleh tim anak perusahaan CDEC di, CDEC Avenger.

Avenger tidak berhasil melewati kualifikasi terbuka untuk turnamen Major dan Minor pertama pada DPC 2019-2020. Tetapi tim utama CDEC berhasil mencapai grand final kualifikasi regional Minor dua kali berturut-turut. Sayangnya mereka juga selalu gagal melangkah lebih jauh.

Sekarang CDEC Gaming harus menunggu leg ketiga kualifikasi yang dijadwalkan berlangsung bulan Februari 2020. Keputusan merekrut Ahjit ini cukup menjadi langkah yang cukup jarang dilakukan oleh CDEC. Sebab mereka memang lebih sering memasukkan daftar pemain yang sedikit pengalaman.

Di satu sisi, Ahjit adalah pemain berpengalaman yang pernah menjadi bagian dari beberapa tim besar di masa lalu. Ya, satu-satunya kerugian tim utama CDEC selama ini mungkin karena tidak datang ke kualifikasi dengan nama berpengalaman. membawa veteran seperti Ahjit pun mungkin akan membantu mereka untuk jangka panjang.

Bahkan dia juga sempat bermain di DPC termasuk Minor pertama musim ini, Dota Summit 11, bersama Team Serenity. Sejauh ini belum ada kejelasan tentang langkah perekrutan Ahjit oleh CDEC Gaming. Apakah dia akan menjadi pemain permanen atau sementara.

Pasalnya, Eve sejauh ini sekadar ditempatkan pada daftar pemain tidak aktif dan belum ada tanda-tanda dia akan dilepas. Bisa jadi tim memberi cuti kepada Eve, sedangkan Ahjit sendiri bisa menggunakan kesempatan ini sebagai ajang unjuk kebolehan.

Untuk WePlay! Bukovel Minor sendiri, wilayah Tiongkok hanya diwakili oleh satu tim, yaitu Royal Never Give Up. Kualifikasi di wilayah tersebut diikuti oleh empat tim yang gagal di kualifikasi Leipzig Major. Dua lainnya adalah Look For Smile dan EHOME.

Leave a Reply