youtube
eSports Dota 2

Gebrakan Para Veteran Dota 2 Cina untuk Menang di TI10

Sudah bukan hal yang tabu jika The International 9 adalah moment yang membuat veteran Dota 2 Cina terpukul. Pada ajang tersebut Cina resmi mengalami kegagalan yang kedua kalinya sebagai juara dunia Dota 2. Padahal, sebelumnya mereka sudah berjuang keras dengan durasi dan cara latihan di atas rata-rata pemain Dota 2 pada umumnya. Namun, hasil akhir yang kurang memuaskan membuat mereka harus menerima kekalahan di negeri sendiri, yang jadi tuan rumah The International 9.

Tidak mau berlama-lama dalam keterpurukan, veteran Dota 2 Cina langsung mengambil inisiatif untuk memperbaiki keadaan tak memuaskan ini. Mereka coba untuk membentuk generasi Dota 2 terbaik yang baru dari negeri sendiri agar bisa menjadi harapan selanjutnya. Mereka tidak ingin Trofi The International 10 nanti pun gagal mereka raih karena tak lagi mampu bersaing dengan region sebelah. Atas dasar itulah inisiatif para veteran Dota 2 Cina ini muncul dengan ambisius dan  semangat membara.

The International
The International

Para pemain veteran Dota 2 Cina ini punya wadah atau tempat bernaung yang disebut dengan “The Old Boys”. Anggota The Old Boys sendiri adalah Gong ‘ZSMJ’ Jian, Zhang ‘Mu’ Pan, Chen ‘Zhou’ Yao, dan Jiang ‘YYF’ Cen. Mereka adalah nama-nama yang punya kontribusi besar di akademi Old Boys untuk melahirkan talenta baru Dota 2 Cina. Melatih dan membimbing para pemain Dota 2 muda Cina adalah aktivitas yang mereka anggap sebagai tugas mulia seorang veteran.

Para veteran Dota 2 tersebut bisa dibilang pelatih hebat dengan segudang prestasi pada masa-masa keemasannya. Beberapa di antaranya pernah menjuarai The International dan beberapa lainnya hampir meraih Aegis of Champion. Hebatnya lagi, pada masa keemasannya, mereka hampir tidak ada yang menandingi sekalipun para utusan region barat TI. Keseriusan mereka dalam mencetak talenta muda Dota 2 yang baru sepertinya akan membuahkan hasil yang manis pada TI10 mendatang.

Mereka tahu bahwa waktu mereka telah habis untuk membela tim Dota 2 negaranya, namun masih bisa memberi kontribusi. Mereka sadar betul bahwa penerus bangsa dalam ranah esports Dota 2 harus terus dilahirkan agar Cina tetap punya taring di TI. Untuk itu, secara sukarela mereka siap mengorbankan waktu dan tenaga untuk melatih pemain muda Dota 2 Cina. Sepertinya The International 10 yang akan datang jadi api semangat mereka dalam melakukan kontribusi besar ini.

youtube
youtube

Para veteran ini melakukan proses seleksi yang dengan syarat posisi inti wajib punya diatas MMR 7500 (tidak boleh kurang). Namun dengan MMR 7200, masih bisa dikhususkan untuk posisi support tanpa terkecuali. Dengan Quality Control yang memasang kualitas tinggi, besar kemungkinan akan lahir talenta baru Dota 2 di Cina. Semakin banyak talenta baru Dota 2 bermunculan di Cina, maka semakin besar peluang untuk memenangkan TI10.

TI9
TI9

Fans Dota 2 Cina mungkin masih belum terima dengan kemenangan TI9 yang diraih oleh OG, padahal Shanghai jadi tuan rumah. Terlebih, pada penyelenggaraan TI8, Cina pun gagal merebut Aegis of Champion yang pada waktu itu juga diraih oleh OG. Namun, dengan perjuangan para veteran Dota 2 Cina saat ini, apakah TI10 nanti masih bisa dijuarai oleh OG? Bagaimana menurut Anda mengenai prediksi sepak terjang Cina di TI10 Dota 2 nanti mengingat perjuangan veterannya saat ini?

Leave a Reply