Ini Alasan Masih Banyak Orang Main Dota 2 Sampai Sekarang

eSports Dota 2

Bagi beberapa orang, main Game Dota 2 sudah menjadi seperti gaya hidup. Tanpa Dota sehari saja, rasanya seperti ada yang kurang dan harus segera dipenuhi. Bukan hanya di kalangan pro, namun sebagian pemain kasual pasti juga pernah merasakan hal itu.

Dilansir dari pcinvasion, quora, kincir dan jalantikus, begitu membuat candunya permainan ini sehingga terkadang orang sampai lupa waktu. Namun itu hanyalah sedikit dari sisi buruk Dota 2, karena game ini punya banyak alasan untuk dicintai. Sobat Gamer pun mungkin dulu sama sekali tidak tertarik dengan Dota, tetapi lama kelamaan bisa jatuh cinta juga, kan?

Mengapa Sobat Gamer Suka Main Dota 2?

Dot Esports

Ada banyak jawaban dari para pemain tentang alasan mengapa mereka suka main Dota 2. Dari semua itu, beberapa di antaranya mungkin juga dialami oleh Sobat Gamer sendiri. Berikut alasan mengapa banyak orang masih suka Dota 2, walaupun popularitasnya sudah mulai kalah dari game MOBA lainnya.

1. Dota 2 Itu Free-to-play

Digi Statement

Alasan pertama yang pasti juga disepakati Sobat Gamer adalah karena Dota 2 gratis. Di Steam, Dota 2 adalah salah satu game PC free-to-play paling banyak diunduh sampai saat ini. Tentu tidak banyak game PC berstandar tinggi seperti Dota yang tersedia secara gratis di toko.

Ketika game MOBA gratis di ponsel belum muncul, Dota adalah pilihan pertama. Apalagi pemain Dota kebanyakan sejak dulu adalah kalangan siswa sekolah atau mahasiswa. Daya beli mereka belum terlalu tinggi, sehingga download Dota 2 gratis adalah hal yang sayang untuk dilewatkan.

2. Gameplay yang Tidak Monoton

Windows Report

Pernah menonton pertandingan olahraga seperti sepak bola atau basket? Mungkin Dota 2 layak disandingkan dengan permainan fisik semacam itu. Pasalnya, Dota 2 gameplay tidak pernah monoton seperti beberapa game gratis lainnya. Berbagai kemungkinan bisa terjadi dan berpotensi mengejutkan pemain atau penonton.

Tidak heran kalau pemain kasual saja sampai betah memainkannya selama berjam-jam. Menariknya, di Dota jumlah kill bukanlah tujuan utama untuk memenangkan pertandingan. Di kancah profesional, Dota lebih mengedepankan strategi bahkan hingga taktik yang sangat detail untuk mengalahkan lawan.

3. Dota 2 Sangat Bervariasi

Sampai dengan Dota 2 update 2020, setidaknya ada 100 hero lebih yang tersedia di dalam permainan. Variasi ini sangat jarang terlihat di jenis game apapun, bahkan di MOBA lainnya sekalipun. Bayangkan, Sobat Gamer bisa langsung memilih di antara banyak hero tersebut sejak pertama memulai permainan.

Bahkan sebenarnya Valve tidak secara spesifik mengelompokkan hero tersebut berdasar posisi atau peran. Jadi, setiap hero memiliki potensi di semua posisi, mulai dari cara kerjanya hingga kombinasi itemnya. Pick hero tim Anda dan tim lawan akan sangat menentukan jalannya setiap permainan.

4. Pengembang Memuaskan Pemain

Masih dari sisi visual, Dota 2 adalah salah satu game paling konsisten sejak pertama kali diluncurkan. Pengembang sepertinya memiliki misi untuk selalu memuaskan pemain dan penggemarnya. Caranya dengan rutin memberikan update konten dan memperbaiki bug yang dilaporkan komunitas.

Pemula juga pasti merasa terbantu karena permainan memiliki fitur belajar dan panduan yang lumayan lengkap. Sayangnya, di komunitas Dota 2 memang masih banyak orang-orang toxic. Tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba terjun ke dunia Dota 2 yang pasti akan bikin ketagihan.

5. Menemukan Banyak Teman

Alasan non teknis dan di luar game yang pasti disukai para pemain game online adalah bertemu teman baru. Apalagi komunitas Dota 2 ini kebanyakan sudah terbentuk sejak era DotA. Jadi tidak ada alasan Sobat Gamer kesepian saat bermain Dota karena pasti ada teman-teman baru yang datang.

Anda mungkin menemukan teman baru dari warnet karena sering main bareng, atau karena matchmaking di permainan. Ini bisa jadi awal dari terbentuknya tim atau untuk sekadar menemani bermain di waktu luang. Tidak jarang juga orang menemukan jodoh atau relasi kerja dari Dota, lo.

Sobat Gamer dulu mungkin memainkan game Dota 2 hanya karena ikut-ikutan atau karena suka dengan Warcraft III. Tetapi saat pertama kali mencobanya, itu seperti mencicipi makanan yang sangat enak dan cocok di lidah. Ketika mencobanya sekali lagi, rasanya tidak pernah cukup dan ingin mencobanya lagi.

Itulah beberapa alasan paling umum orang masih suka main Dota 2. Apakah Sobat Gamer juga sama atau punya alasan lain?

Leave a Reply