eSports Dota 2

Ini Dia Daftar Caster Dota 2 Paling Populer di Dunia

Caster Dota 2 adalah elemen penting dalam sebuah siaran dan terbukti membuat pertandingan berjalan lebih menarik. Ini tidak jauh berbeda dengan olahraga tradisional yang memiliki host dan komentator untuk mengomentari jalannya laga. Khususnya di tier 1, ada beberapa caster yang memang sangat populer di komunitas Dota 2.

Dilansir dari TheGameHaus, bukan rahasia lagi bahwa Dota 2 memiliki bakat-bakat caster terbaik di antara judul esports lainnya. Bahkan para penggemar pasti memiliki caster favorit, seperti halnya mereka mengidolai pemain atau tim. Dilansir dari The Game Haus, ini adalah daftar caster terfavorit pemirsa di setiap tayangan turnamen tingkat atas Dota 2.

Jorien “Sheever” van der Heijden

Liquipedia

Kancah profesional memang didominasi oleh para pria, mulai dari pemain, staf bahkan caster Dota 2 pun kebanyakan kaum pria. Tetapi Sheever muncul sebagai pembeda dan langsung menjadi favorit para penggemar. Turnamen di level amatir pada tahun 2012 telah membawanya ke dunia casting.

Selama bertahun-tahun popularitas Sheever Dota 2 terus meningkat. Beberapa waktu lalu, namanya sempat menghilang dari berbagai acara langsung Dota 2 karena Sheever mengidap kanker payudara. Namun setelah pulih dari penyakitnya, ia langsung kembali aktif menjadi host dan caster di beberapa turnamen besar.

William “Blitz” Lee

Caster populer berikutnya adalah Blizt, seorang mantan atlet Dota 2 profesional yang kemudian banting setir menjadi caster. Dalam kariernya, dia juga sempat menangani sebuah tim sebagai seorang pelatih pada 2015. Sejak itulah dia sering berganti-gantian menjadi analis atau caster dalam turnamen pro Dota 2.

Blitz dan beberapa caster profesional pernah dipilih untuk menguji OpenAI dari Valve dalam sebuah acara. Sama seperti kebanyakan tim pro lainnya, tim Blitz dan beberapa pemain kasual papan atas lainnya berhasil dikalahkan OpenAI.

Austin “Capitalist” Walsh

liquipedia

Capitalist atau akrab disapa Cap telah menjadi tokoh sentral dalam dunia casting Dota 2 sejak The International 2014. Dia berasal dari Amerika Serikat, yang sebelum menjadi seorang caster adalah seorang Marinir. Di kancah kompetitif, Capitalist juga pernah merasakan beberapa turnamen semi-profesional Dota 2.

Kemampuannya dalam menganalisis dan mengomentari pertandingan sudah tidak diragukan lagi. Terutama setelah dia memutuskan sepenuhnya menjadi seorang penyiar Dota 2 di tahun 2016. Dia cukup sering terlihat di ajang TI, termasuk di tim Dota 2 casters TI9 tahun lalu.

Ted “Pyrion Flax” Forsyth

Sama seperti Cap, Pyrion Flax juga bersama Sheever adalah bagian dari tim broadcasting talent di TI9. Selain dikenal sebagai komentator Dota 2, dia juga seorang YouTuber Dota 2. Selama bertahun-tahun dia membuat konten yang membagikan pengetahuan tentang permainan dan panduan untuk para pemain.

Bahkan Pyrion ini memiliki kelompok sendiri yang berisikan para YouTuber asal Bristol, Inggris sejak 2014. Kelompok itu bernama Yogscast, yang telah membawa konten-konten analitik Dota 2 ke level berikutnya. Meskipun tidak rutin tampil di acara-acara besar, tetapi Pyrion Flax adalah satu caster dan panelis terbaik di Dota 2.

Owen “ODPixel” Davies

Liquipedia
Liquipedia

ODPixel adalah caster populer lainnya yang berbasis di Inggris. Banyak penggemar menyukainya karena kemampuannya untuk mengikuti kecepatan permainan di sebuah pertandingan profesional Dota 2. Dia mampu berbicara dengan cepat dan menjelaskan dengan jelas apa yang dilihatnya di arena pertandingan.

ODPixel selalu membawa semangat positif setiap kali melakukan pekerjaannya sebagai caster. Adapun turnamen besar pertama yang dia bawakan adalah The International 2015. Namanya juga ada dalam daftar komentator bahasa Inggris untuk TI9 bersama dengan caster top lainnya.

Toby “TobiWan” Dawson

Akan kurang rasanya kalau tidak menyertakan TobiWan dalam daftar ini. Mungkin semua penggemar Dota 2 setuju bahwa dia adalah caster profesional paling populer di permainan ini. Dia punya aksen Australia yang khas dan cocok untuk aksi cepat seperti permainan Dota 2.

TobiWan memiliki pengalaman menjadi caster lebih dari 10 tahun lamanya. Pengalaman casting pertamanya adalah pada tahun 2003 silam dengan membawakan game Call of Duty dan mod Dota di game Warcraft III. Pria Australia ini adalah satu-satunya caster bahasa Inggris yang selalu hadir di setiap The International.

Melihat dari daftar di atas, pengamatan dan kemampuan analisis adalah faktor penting untuk menjadi caster Dota 2 top. Sobat Gamer pun punya kesempatan menjadi caster Dota 2 Indonesia terkenal jika punya kemampuan tersebut. Di luar nama-nama tadi, apakah ada caster lain yang Sobat Gamer suka?

Leave a Reply