ESL
eSports Dota 2

Kualifikasi Terbuka Los Angeles Major di Tiongkok Resmi Ditunda

Wabah coronavirus yang masih belum teratasi di Tiongkok mengakibatkan kualifikasi terbuka Los Angeles Major untuk regional CN ditunda. Jadwal ESL One LA Major pun terancam berubah, namun belum ada konfirmasi resmi dari Valve. Hal ini cukup meresahkan dan mengacaukan panggung internasional Dota 2.

Dilansir dari vpesports, set ketiga turnamen Dota Circuit Pro (DPC) Major dan Minor dijadwalkan berlangsung bulan depan di Los Angeles dan Kyiv. Tetapi, kualifikasi regionalnya akan dimulai pada akhir pekan ini. Salah satu wilayah kualifikasi tentu saja Tiongkok, yang secara teknis harusnya berlangsung pada 7 Februari mendatang.

ESL
ESL

Namun akibat wabah coronavirus, para kontestan dari Tiongkok diberitahu bahwa kualifikasi terbuka ditunda oleh Valve. Pengumuman itu baru dibuat pada 4 Februari lalu melalui akun Huomao TV, host dari kualifikasi wilayah CN. Pesan itu ditulis dalam bahasa Mandarin, yang jika diterjemahkan berisi:

Update: karena wabah coronavirus, Valve memutuskan untuk menunda kualifikasi terbuka dan kualifikasi tertutup untuk Los Angeles Major. Tanggal baru untuk kualifikasi terbuka adalah 12 Februari, sementara waktu untuk kualifikasi tertutup belum diputuskan.

ESL

“Silakan lanjutkan pendaftaran tim Anda di PVP Perfect World untuk kualifikasi terbuka.”

Sampai dengan tulisan ini dibuat, belum ada pembaruan informasi yang dibuat dari oleh Valve atau ESL One. Sementara kualifikasi regional terbuka dan tertutup di wilayah lainnya seharusnya bisa berlangsung sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Kualifikasi terbuka berlangsung pada 7-8 Februari dan kualifikasi tertutup pada 9-12 Februari.

DoTA 2 WESG Final
WESG

Menyusul pembatalan tersebut, final LAN kualifikasi WESG APAC dan Hainan Master Spring juga ditunda. Pengumuman yang dibuat oleh penyelenggara turnamen Dota 2 ini memang sedikit lebih lama. Sebab, sebelumnya beberapa turnamen esports lainnya sudah membatalkan dan menunda acara mereka.

Untuk Final kualifikasi WESG APAC seharusnya sudah sejak 3-5 Januari lalu di Malaysia. Tetapi saat wabah coronavirus menyebar, jadwal tersebut diundur ke tanggal 16-18 Februari di Makau. Sampai akhirnya penyelenggara menangguhkan acara tanpa tanggal yang pasti.

Pengumuman serupa dibuat oleh penyelenggara Hainan Master Spring Invitational. Turnamen dijadwalkan berlangsung bulan depan pada 3-8 Maret di Haikou, Tiongkok. Dalam pengumuman yang dibuat di Weibo, panitia menyatakan bahwa mereka tengah mencari opsi untuk turnamen ke negara lain.

Kualifikasi mungkin bisa dimainkan secara online, tetapi tim-tim Tiongkok mungkin akan kesulitan untuk bepergian ke luar negeri. Beberapa negara termasuk AS telah memberlakukan karantina selama 2 minggu untuk WNA yang berada di Tiongkok dalam 14 hari terakhir.

Maskapai penerbangan di Eropa, Asia dan Amerika Utara pun telah menangguhkan penerbangan ke dan dari Tiongkok. Hal ini dilakukan sesuai dengan rekomendasi WHO. Jadi, tentu situasi ini sangat menyulitkan para pemain dan tim Dota 2 Tiongkok.

Perusahaan Amerika Utara, Delta, mengumumkan akan menghentikan sementara semua penerbangan dari AS ke Tiongkok. Dimulai dari 6 Februari dan berjalan hingga 30 April mendatang.

WESG dan Hainan Master tidak berhubungan dengan peluang lolos tim Dota 2 ke The International 2020. Tetapi kualifikasi ESL ONE LA Major dan StarLadder ImbaTV Kyiv Minor sangat penting Dota 2 profesional Tiongkok. Sayangnya, keadaan darurat coronavirus mungkin bisa mengacaukan hal tersebut.

Apabila tak kunjung ada kejelasan, bisa jadi tidak akan ada wakil CN di Major dan Minor ketiga musim ini. Baik ESL One, StarLadder atau Valve sama-sama belum mengeluarkan pernyataan mengenai situasi untuk tim-tim Tiongkok. Kyiv Minor dijadwalkan pada 3-8 Maret, sedangkan Los Angeles Major pada 15-22 Maret.

Leave a Reply