TNC
eSports Dota 2

Kuku Isyaratkan Keluar Dari TNC Predator Dota 2

Usai penyelenggaraan The International 9, tim esports Dota 2 banyak mengalami perubahan serta drama. Mulai dari drama perebutan pemain antar klub esports, perpindahan, pensiun, hingga pajak pendapatan pemain Dota 2. Kabar terbaru, muncul lagi dari Kuku sang punggawa TNC yang namanya booming semenjak TI9 berlangsung. Setelah kasus etika yang membuat namanya hangat diperbincangkan, sekarang malah kabar hengkangnya dari TNC yang diviralkan.

TNC memang sebuah nama yang sudah sangat familiar di dunia Dota 2, khususnya Asia Tenggara. Ia adalah tim raksasa Dota 2 yang punya potensi besar memenangkan kejuaran The International tahun ini. Namun sayangnya, karena kasus etika yang menimpa Kuku membuat namanya jadi sorotan buruk bagi publik. Mereka pun kalah di babak main event The International 9, karena serangan psikologi dari publik yang tidak menyukai Kuku.

TNC
TNC

Pemain TNC asal Filipina tersebut menampilkan performa baik selama ajang The International 9 yang akhirnya dimenangkan OG. Namun apalah artinya performa yang baik tanpa dukungan dari public yang menyakskannya. Akibat kasus etika yang diperbuat oleh Kuku, semua pemain TNC jadi kena imbasnya pada pertandingan The International. Ujung dari imbas kasus etika Kuku adalah kekalahan yang harus ditelan TNC pada ajang The International.

Bahkan, usai kekalahannya, pemain TNC masih saja diejek dan dicemoohkan oleh para fans Dota 2 yang ada disekitar. Kasus etika yang menimpa Kuku sepertinya begitu fatal sampai-sampai kebencian publik tak kunjung reda. Ia kerap kali disebut-sebut sebagai penyebab apesnya tim TNC karena masalah etikanya tersebut. Akhirnya, melalui akun Twitter resminya, Kuku memberi indikasi bahwa dirinya akan meninggalkan TNC.

Setelah postingan Tweet dari Kuku, berbagai macam  asumsi pun muncul dari para fans Dota 2 mengenai keputusannya. Sebagian asumsi tersebut mengarah pada ketidak inginan Kuku menjadi beban bagi TNC yang disebut-sebut apes karena dirinya. Sebagian lainnya berasumsi bahwa Kuku ingin mencapai hasil lebih karena belum puas dengan hasil yang dicapai TNC pada TI9. Lalu kemanakah Kuku akan bernaung setelah kepergiannya dari TNC yang sudah lama dibelanya?

Jika melihat riwayat prestasi yang pernah dicapai oleh Kuku, tentu akan banyak tim raksasa Dota 2 yang berminat meminangnya. Ia pernah menjuarai beberapa kejuaraan besar Dota 2 dengan skill individu yang sudah menyetarai pemain bintang. Bisa jadi ia akan bermain untuk tim Amerika serikat atau Eropa di kejuaraan The International 10 nanti. Namun, tak sedikit fans Dota 2 yang malah meledeknya untuk bermain membela Tiongkok saja.

Belum ada kepastian dari managemen TNC mengenai kapan Kuku akan hengkang dan memulai debutnya di tim lain. Jika memang demikian, tentu TNC harus mencari punggawa baru untuk mempersiapkan kekuatan di The International 10 nanti. TNC juga tak perlu khawatir mengenai kabar Kuku yang memberi indikasi untuk hengkang karena ajang TI10 masih jauh. Terlebih, TNC masih punya anggota pemain lainnya dengan kemampuan yang menyetarai pemain bintang.

Dimanapun Kuku akan bermain nantinya, semoga saja ia bisa tetap bersinar dengan prestasi yang semakin menjadi-jadi. Begitupun dengan TNC, jika nanti benar akan bermain tanpa Kuku, semoga saja itu tak berpengaruh besar. Tapi menurut Anda, kira-kira bagaimana menyikapi statement Kuku melalui Twitter yang mengindikasikan bahwa ia akan hengkang? Tim manakah yang akan ia bela jika kabar hengkangnya memang benar demikian?

Leave a Reply