eSports Dota 2

Memahami Istilah Crowd Control Dota 2 dan Jenis-jenisnya

Crowd control Dota 2 (CC) adalah salah satu istilah untuk kemampuan hero untuk ‘mematikan’ pergerakan musuh. Maka dari itu kemampuan ini juga sering disebut dengan istilah disables. Pada dasarnya, kemampuan ini sangat bervariasi untuk setiap hero, jadi wajar jika ini tidak mudah untuk dikuasai.

Dilansir dari gamepedia, ggwp dan metaco, selain di permainan, CC juga sering digunakan ketika pemain mengevaluasi strategi dalam permainan. Disebut-sebut sebagai elemen penting di Dota 2, apa pengertian crowd control dan apa saja jenis-jenisnya? Khususnya bagi pemain pemula, istilah ini penting untuk dipahami lebih dalam.

Apa Itu Istilah Crowd Control Dota 2?

Dev

Sederhananya, crowd control Dota 2 ini bisa diartikan sebagai kemampuan untuk mengendalikan efek dari monster musuh. Bukan hanya satu, tetapi Sobat Gamer bisa ‘mengendalikan’ hingga beberapa musuh sekaligus. Penggunaan CC dapat menguntungkan buat tim jika digunakan di waktu yang tepat.

Merujuk pada Dota 2 Wiki, CC adalah kemampuan untuk mencegah, menghalangi dan menghambat musuh. Itu artinya bukan hanya ada satu jenis kemampuan, melainkan ada beberapa kategori. Lalu di masing-masing kategori juga memiliki variasi tersendiri untuk setiap hero.

Yang dimaksud mengendalikan di sini tentu saja tidak sepenuhnya, melainkan hanya sekadar membatasi. Misalnya Sobat Gamer bisa membatasi damage yang diberikan oleh hero musuh atau kemampuan tertentu. Kemampuan ini berasal dari ability dari masing-masing hero di permainan atau bisa juga dari item.

Perlu diketahui bahwa crowd control ini bukan hanya ada di Dota 2, melainkan di semua jenis game MOBA. Jadi jika Anda memainkan League of Legends atau MLBB sekalipun, pasti juga akan menemukan kemampuan seperti ini.

Crowd Control Paling Populer di Dota 2

Kill Ping

Di Dota 2, secara keseluruhan ada 18 efek crowd control yang tentunya sulit dikuasai dalam satu waktu. Maka dari itu kali ini kita hanya akan membahas beberapa kemampuan CC populer di permainan. Setidaknya penjelasan berikut ini sudah bisa memberikan gambaran tentang CC dan jenis-jenisnya.

1. Stun

Saat mendengarkan caster Dota 2 mengomentari jalannya permainan, Anda pasti sering mendengar kata ‘stun’. Bagi awam atau mungkin pemain baru, istilah ini tentu terdengar asing. Singkatnya, stun adalah kemampuan hero kita untuk membuat musuh diam, tidak bisa menyerang dan menggunakan kemampuannya.

Di Dota 2 ada pula istilah ministun, yaitu versi pendek dari Dota 2 stun reguler. Bedanya adalah dari segi durasi, yang mana cukup efektif untuk membatasi pergerakan musuh di waktu tertentu. Contoh dari stun reguler misalnya seperti Split Earth dan Slithereen Crush, sedangkan ministun misalnya Lightning Bolt.

Tipe hero yang dibekali dengan kemampuan stun biasanya mereka yang sering bermain untuk support atau jenis mage. Tetapi kita tahu bahwa di Dota 2 setiap hero punya kemungkinan untuk bermain di banyak posisi.

2. Slow

Kemampuan crowd control yang kedua adalah Dota 2 slow, yang fungsinya sesuai dengan terjemahannya. Anda bisa membuat pergerakan musuh menjadi lebih lambat, tetapi dia masih bisa melakukan aksinya. Ini bisa memberikan efek bumerang jika penggunaannya tidak tepat.

Tidak heran kalau kemampuan CC slow dianggap sebagai yang tidak terlalu berdampak untuk semua hero. Terkecuali jika hero Sobat Gamer memang bergantung pada gerakan. Di Dota 2 sendiri ada dua jenis CC slow, yaitu untuk gerakan dan serangan musuh.

Contoh kemampuan untuk melambatkan gerakan seperti Thunder Clap atau Poison Sting. Sedangkan contoh untuk melambatkan serangan adalah Fire Spirits, Liquid Fire, atau Untouchable.

3. Silence

Efek ketiga adalah silence, yang artinya membuat musuh tidak bisa menggunakan ability, mantra dan keterampilan. Namun sama seperti slow, musuh yang terkena kemampuan ini masih bisa bergerak dan menyerang. Dengan artian Sobat Gamer tetap harus waspada dengan kemampuan pasif musuh.

Itulah alasan penggunaan slow dan silence lebih membutuhkan perhitungan waktu yang tepat. Ini guna menghindari kemampuan pasif lawan yang tetap bisa memberikan damage. Ada pula sub kemampuan slow bernama mute, yang fungsinya sama namun tidak menonaktifkan mantra musuh.

Contoh silence reguler misalnya seperti Global Silence atau Crippling Fear. Sedangkan kemampuan mute misalnya Static Storm atau Doom dan Aghanim’s Scepter yang telah di-upgrade.

Ketiga kemampuan crowd control Dota 2 di atas adalah yang paling populer dan sering digunakan. Bahkan di MOBA lainnya pun fokusnya memang hanya di seputar stun, slow dan silence. Namun di Dota 2 masih ada 15 kemampuan CC lagi yang perlu Anda ketahui lebih mendalam.

Leave a Reply