eSports Dota 2

Patch 7.22f Dota 2 Dirilis Oleh Valve

Valve kembali hadirkan pembaruan di Dota 2 menjelang tibanya ajang The International 9 yakni patch 7.22f. Pembaruan tersebut memberi keuntungan bagi hero midlaner dengan buff penting meski ada di talent. Layaknya Tinker yang diberi tambahan cast range/amplification serta manacost reduction dalam game kembangan Valve, Dota 2. Hal tersebut tentu menjadikan Tinker akan lebih sering melakukan spam skill dikarenakan mana yang lebih hemat.

Efek dari mana yang lenih irit tersebut tentu membuat Tinker bisa mengeluarkan lebih banyak rocket dan laser. Lebih banyak rocket dan laser yang keluar tersebut tentunya juga akan menciptakan lebih banyak Dagon dan Infinite Hex. Sederhananya, itu membuat keuntungan yang besar bagi para Tinker dan memungkinkan kemenangan tim fight. Tapi, lagi-lagi skill individu juga sangat berperan dan tak bisa lepas bagi kemenangan pertandingan.

Selain itu, Invoker juga menyetarakan persona cilik dengan skill yang lebih mumpuni untuk unggul dalam pertandingan. Terutama Cold Snap yang saat ini mengakibatkan damage besar menyertai mini-stun bak skill dewa yang sulit dihindari jika sudah terlanjur fight. Di patch terbaru ini, sepertinya build Quas-Wex plus Spirit vessel akan jadi build favorit bagi para Invoker. Walaupun semua itu lagi-lagi kembali pada skill Individu masing-masing player.

Pembaruan lain yang dihadirkan dalam patch 7.22f masih berjalannya hero over power yang selalu di nerf untuk menyeimbangkan permainan. Waveform jadi sasaran nerf untuk Morphing di patch terbaru Dota 2 ini dengan harapan tidak ada lagi permainan yang tidak seimbang. Permainan tidak seimbang yang dimaksud adalah fight by one yang selalu dimenangkan hero over power. Walaupun ketika tim fight dimulai, semua kemungkinan bisa terjadi dengan skill player paling kawakan yang jadi penentu kemenangan.

Selain itu, Cenatur juga masih dianggap terlalu kuat yang akhirnya harus membuatnya di nerf habis-habisan oleh Valve selaku pihak pengembang. Jika tadinya Cenatur begitu menakutkan dengan damage yang besar, sekarang bisa dibilang agak sedikit berkurang daya rusak darinya. Namun masih ada offlane yang bagus yakni Beastmaster dan Underloard yang juga mempertahankan keseimbangan permainan. Hal itu tentu sudah diperhitungkan dengan matang oleh Valve agar meta tidak terlalu berantakan.

Hero lain yang diprediksi akan jadi favorit adalah Bloodshaker  yang lagi-lagi mendapat tambahan MS pada patch terbaru ini. Abaddon juga bisa jadi offlaner favorit dengan attack speed yang semakin menjadi-jadi saat menyerang lawan. Kemampuan Abaddon pun terlihat semakin mumpuni dengan Curse of Avernus yang diperkuat. Selain itu, Rikimaru cukup berpotensi untuk menjadi hero popular walau hanya sebagai support.

Yang jadi sorotan dari patch terbaru ini adalah item Aghanim Scepter yang didiskon dengan harga 1.800 gold saja. Asumsi terkini mengenai hal itu, tampaknya Valve berusaha agar permainan Dota 2 kekinian dikontaminasikan oleh efek Aghanim yang penuh kemewahan. Dengan adanya pembaruan berupa patch 7.22f ini, tentu permainan Dota 2 akan lebih seru dan lebih menegangkan. Terlebih lagi, ada buff dan nerf yang diberikan Valve pada hero min power dan over power yang diputarbalikan.

Ajang The International 9 yang sebentar lagi akan berlangsung sepertinya akan semakin sulit diprediksi siapa pemenangnya. Itu terjadi karena para peserta sebelumnya berlatih dengan patch 7.22e yang belum ada pembaruan seperti sekarang. Walaupun tidak bisa dibilang bahwa hasil berlatih menjadi sia-sia, tapi jika pembaruan datang lagi maka harus berlatih lagi untuk membiasakan item dan hero yang terkena nerf maupun buff.

Leave a Reply