twich
eSports Dota 2

Pendemo Hong kong Ramaikan Twitch Chat TI9

Seperti biasa ketika ajang The International berlangsung, pasti ada kemeriahan di berbagai ranah yang erat dengan Dota 2. Itu terjadi mulai ajang The International 1 hingga The International 9 yang saat ini sedang diselenggarakan. Mulai dari kemeriahan saat menyaksikan ajang tersebut secara langsung sampai dukungan berupa ketikan pada Twitch Chat. Pada The International 9 Dota 2 ini, kemeriahan Twitch Chat tersebut semakin ramai untuk saling mendukung tim idolanya.

Seluruh penggemar Dota 2, sekarang sedang menikmati tayangan kompetisi tahunan yang sangat ditunggu-tunggu. Tayangan tersebut adalah ajang kompetisi The International 9 dengan prize pool yang berkisar 33 juta USD. Ajang ini diklaim sebagai turnamen esports yang memberikan hadiah paling besar pada tahun 2019. Tak heran jika banyak pihak yang berasumsi bahwa prize pool tersebut akan memecahkan rekor sebelumnya.

twich
twich

Lucunya, selama group stage yang sedang digelar sekarang ini, komentar yang tertera di lini Twitch Chat malah dipenuhi oleh protes. Protes tersebut dilontarkan oleh para pendemo dari Hong Kong yang entah apa tujuan sebenarnya. Selidik punya selidik, ternyata awal kemarahan para pendemo tersebut berawal dari langkah Valve memilih Shanghai. Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa Valve menjadikan Shanghai sebagai tempat penyelenggaraan ajang The International 9.

Lalu apa hubungannya Shanghai yang dijadikan tempat penyelenggaraan The International 9 dengan para demonstran? Asumsi sementara, diduga ada masalah politik yang menjadikan Twitch Chat TI9 sebagai wadah berargumen bagi oposisi. Jika Anda melihat live streaming Dota 2 TI9 pada Twitch Chat, kolom komentar akan terlihat penuh dengan pesan-pesan terselubung. Pesan terselubung yang dimaksud adalah pesan politik yang mengarah pada oposisi negara Cina.

TI9
TI9

Tidak sedikit juga konspirasi yang terlontarkan pada chat seperti “Bebaskan Hongkong” atau mengirim foto Winnie The Pooh. Memang apa hubungannya foto Winnie The Pooh dengan propaganda atau konspirasi? Kabarnya, Winnie The Pooh adalah sosok yang seringkali diasosiasikan pada pemimpin negara Cina. Entah apa tujuan para demonstran tersebut melontarkan propaganda dan konspirasi tersebut.

Namun Anda tetap masih bisa melihat percakapan mengenai match yang sedang diselenggarakan pada kolom komentar. Meskipun begitu, para pendemo kerap kali berkomentar seiring berjalannya pertandingan. Mereka seakan bersemangat memenuhi kolom komentar dengan kalimat-kalimat propaganda dan tuntutan. Parahnya lagi, kelakuan para pendemo ini jadi perbincangan hangat pada forum Reddit.

Wykrhm Reddy

Pendemo ini melangsungkan aksi besar-besaran pertama kali di Hong Kong pada bulan Juni 2019 lalu. Ada sekitar satu juta penduduk Hong Kong yang turut serta dalam kegiatan spam chat di Twitch ini. Banyak yang kecewa karena Valve memilih Shanghai sebagai tempat penyelenggaraan The International 9.  Tapi kabar itu sudah diberitahukan oleh Valve sejak bulan Agustus tahun 2018 lalu dan tak ada masalah di awal.

Game Dota 2 besutan Valve ini memang begitu terkenal hampir di setiap negara yang ada di dunia ini. Namun, bukan berarti Dota 2 dan semua yang erat dengannya bisa jadi tunggangan politik untuk menyampaikan aspirasi. Semoga saja tidak ada lagi pihak-pihak yang menjadikan Dota 2 dan semua hal yang berhubungan dengan esports untuk urusan politik. Jika Anda adalah seorang pemimpin negara, maka jadilah pemimpin yang baik dan jika Anda adalah rakyat, maka jadilah rakyat yang baik.

Leave a Reply