Srinfy INDOESPORTS
eSports Dota 2

Peningkatan Penonton Wanita di Area Esports DoTA 2

Esports sekarang ini tentunya didominasi player laki – laki, walaupun begitu para gamer perempuan sepertinya bisa menyusul terjun ke dunia esports kompetitif ini. Hal ini berkat informasi peningkatan penonton wanita untuk esports DoTA 2 dan beberapa game kompetitif lain.

Peningkatan ini berasal dari research dari lembaga analisa data Venture Beat. Menurut mereka penonton mengalami peningkatan cukup signifikan dari 2016 sampai kemarin 2018. Pada tahun 2016 penonton wanita dalam dunia esports hanya sekitar 24% tapi pada akhir 2018 lalu, angkanya mencapai 30%.

Clausie

Peningkatan audience sekitar 6% dalam setahun tentu tidak mudah, apalagi mengingat hiburan esports itu cukup niche. Walaupun begitu hobi gaming sepertinya mulai mainstream akhir – akhir ini, jadi mungkin trend ini menjadi pengaruh yang besar.

DoTA 2 sebagai game epsorts yang cukup besar sepertinya juga mengalami peningkatan ini. Hal yang perlu diingat adalah peningkatan penonton ini tentu berbeda untuk tiap game. Sekarang ini game yang paling mendapatkan penonton tentu saja Fortnite jika dilihat dari data Twitch viewer.

Nessa Miko

Untuk golongan game epsorts moba, League of Legends masih lebih banyak penonton perempuannya dibanding dengan DoTA 2. Hal ini mungkin dipengaruhi karakter game yang lebih mengikat bagi audience perempuan. Jika kamu bandingkan hero di DoTA 2 dengan champion di LoL, tentu lebih banyak character cantik dan ganteng di game LoL.

Selain penonton untuk kedua game besar ini, moba yang ada di mobile seperti Mobile Legends contohnya bahkan mampu menarik atlet wanita. Pada beberapa waktu lalu media esports Mobile Legends serentak mengabarkan artikel tentang Listy Chan. Sepertinya medium game mobile lebih mudah dimainkan dibanding dengan game moba PC seperti LoL ataupun DoTA 2.

Srinfy

Walaupun tergolong masih di bawah game lain, DoTA 2 secara keseluruhan telah mampu mengikat audience wanita. Jika ini berlanjut, kepopuleran game ini akan meningkat dan menjadi game yang mainstream dinikmati dimana – mana sebagai tayangan esports.

Bagaimana menurut kamu tentang hal ini? Apakah kamu mengenal teman perempuan yang juga suka nonton esports DoTA 2 atau game lain? Mudah – mudahan kedepannya makin banyak orang mampu menikmati hiburan kompetisi game ini.

Leave a Reply