Twitch StarLadder DoTA 2 Minor
eSports Dota 2

Penonton Twitch StarLadder DoTA 2 Minor Turun

Event esports DoTA 2 tentu sangat seru disaksikan. Melihat teknik – teknik para pemain pro dan juga laga mereka untuk saling mengalahkan bisa dibilang sangat menginspirasi. Walaupun begitu ternyata beberapa event DoTA 2 tidak sepopuler dulu lagi. Salah satu event yang mulai meredup penontonnya adalah StarLadder DoTA 2 Minor.

Penurunan ini tentu bisa terjadi akibat beberapa hal. Beberapa alasan ini adalah

  • Penurunan antusiasme penonton tentang DoTA 2
  • Para penonton lebih mementingkan event major daripada minor
  • Rooster tim yang ada dalam event
  • Jam tayang
  • Performa pertandingan tim di dalam event

starladder-dota-2-minor-Twitch

Alasan di atas tentu tidak sepenuhnya benar. Beberapa diantara alasan tersebut adalah teori belaka. Walaupun begitu penurunan penonton sudah terbukti dan terhitung. Dari data yang diambil, penonton StarLadder DoTA 2 Minor pada tahun 2018 mencapai 1,27 juta jam total menonton sedangkan pada 2019 ini angka menurun menjadi 810,73 ribu jam total menonton. Total jam menonton ini diukur berdasarkan banyak penonton di tiap jamnya.

Penurunan ini tentu sangat terasa karena angka penurunan mencapai sepertiga dari jumlah jam tonton. Jika penurunan ini terus terjadi, event esports minor lain tentu dalam bahaya. Sayangnya para organizer tidak memiliki petunjuk apa yang salah dari event ini.

StarLadder_i-League_Invitational

Semua infrastruktur, program dan juga konten bisa dibilang hampir sama. Event juga bisa dikatakan sukses dari segi pelaksanaan dan penonton di arena, walaupun untuk penonton live stream terjadi penurunan.

Hal yang bisa ditarik kesimpulan adalah tingkat ketertarikan penonton pada event minor ini. Di beberapa event major, angka penonton tidak banyak mengalami penurunan dan bahkan ada beberapa kasus angka menunjukan peningkatan. Tapi untuk event minor, makin banyak saja penurunan penonton.

Hal seperti ini tentu tidak bagus. Semakin kecil penonton di event minor, artinya interest para sponsor juga bisa terpengaruh. Jika event minor makin jarang diadakan karena masalah interest ini, para tim pro juga makin kesulitan mencari arena bertanding di luar event major.

dota-2-starladder-

Event minor walau tidak sebanding dengan event major, tetap bisa berpengaruh sebagai alat seleksi tim untuk maju ke panggung besar. Di DoTA 2 sendiri, banyak event minor yang diadakan hanya sebagai setup untuk major event setelahnya.

Mudah – mudahan para organizer event esports DoTA 2 minor ini mampu menemukan solusi untuk masalah penurunan penonton ini. Kita sebagai fans esports juga sebaiknya berusaha mendukung dengan menonton minor event ini kedepannya.

Leave a Reply