Rekomendasi Tempat Nonton Live Streaming Dota 2 Terbaik

eSports Dota 2

Live streaming Dota 2 merupakan salah satu tayangan esports paling diminati selama bertahun-tahun. Meski mengalami penurunan basis pemain dalam beberapa bulan belakangan, namun jumlah penonton Dota 2 masih cukup stabil menurut beberapa situs informasi bisnis. Bukan hanya kompetisi populer saja, melainkan juga streaming amatir dari para pemain kasual.

Dilansir dari esportbet, banyak platform yang bisa Sobat Gamer gunakan untuk menonton konten Dota 2 terbaik. Terutama ketika sedang ada acara-acara besar seperti Minor dan Major DPC atau The International. Walaupun acaranya tidak rutin berlangsung setiap hari, tetapi itu tetap jadi yang paling ditunggu oleh para penggemar.

Tempat Live Streaming Dota 2 Resmi

dota recap youtube
dota recap youtube

Untuk tayangan kompetisi resmi yang disponsori oleh Valve, tentu ada pemegang hak siar eksklusif yang tidak bisa sembarangan di re-stream. Keunggulan menonton di saluran resmi adalah kualitas siarannya pasti yang bagus dan terdapat konten-konten menarik lainnya. Jadi, di mana tempat nonton live streaming Dota 2 yang terbaik?

1. Saluran Resmi Valve di Twitch

dota recap youtube

Twitch tidak bisa dikesampingkan dari daftar platform streaming paling populer di dunia. Hampir semua tayangan game dan esports bisa disaksikan di platform tersebut. Valve pun memiliki saluran resminya sendiri di Twitch yang bernama dota2ti.

Memang tidak secara rutin menayangkan live streaming, karena TI hanya berlangsung setahun sekali. Tetapi di saluran tersebut kamu juga bisa menonton konten eksklusif Dota 2 mulai dari wawancara, pratinjau, True Sight TI, dll. Dota2ti ini tersedia juga dalam beberapa bahasa di saluran yang terpisah dengan ratusan ribu pengikut.

The International Dota 2 adalah turnamen esports dengan hadiah terbesar di dunia. Turnamen ini juga dikenal dengan biaya produksinya yang sangat tinggi sejak pertama kali digelar. Jadi tidak mengherankan jika Valve mencoba menggaet lebih banyak penonton dari Twitch lewat dota2ti.

2. Saluran ESL di Twitch

esl-one
ESL

Electronic Sports League (ESL) merupakan salah satu organisasi esports papan atas di dunia. Mereka telah menangani berbagai macam turnamen Dota 2, baik di wilayah Eropa maupun secara global. Saluran Twitch resmi ESL bernama ESL_Dota2, yang mana mereka menawarkan saluran streaming dan konten video eksklusif.

Saluran ESL_Dota2 adalah salah satu pemegang hak siar untuk acara esports Dota 2 yang disponsori oleh ESL sendiri. Mereka telah memiliki lebih dari 140 ribu pengikut dan ribuan jam pemutaran video di luar live streaming. Mereka menayangkan pertandingan Dota 2 hanya saat ada turnamen yang berlangsung.

3. Saluran Resmi Dota 2 di YouTube

Di luar Twitch, penggemar biasanya juga suka menikmati konten-konten Dota 2 dari YouTube. Dota 2 pun memiliki saluran resmi mereka sendiri di platform YouTube Gaming bernama dota2. Ini bertujuan untuk memudahkan penggemar menonton siaran langsung dan berbagai konten mereka.

Untuk live streaming sendiri sebenarnya cukup jarang ditayangkan di YouTube Dota 2. Tetapi Valve sering mengunggah VOD atau rekaman dari acara esports The International di sana. Durasi videonya bisa berjam-jam, jadi Sobat Gamer dapat menyaksikan keseluruhan pertandingannya secara lengkap.

Saluran YouTube resmi dota2 sampai dengan saat ini memiliki lebih dari 700 ribu pelanggan. Selain konten-konten pertandingan, berbagai pengumuman terkait Dota 2 juga sering diunggah ke saluran ini. Termasuk tentang patch baru, trailer game, dan lain sebagainya.

Dota 2 adalah salah satu dari empat esports utama yang selalu menjadi sorotan dunia. Bersama dengan CS: GO, League of Legends dan Overwatch, live streaming Dota 2 tak pernah sepi peminat. Jadi, platform mana yang jadi tempat nonton Dota 2 favorit Anda?

Leave a Reply