ESL Indonesia
eSports Dota 2

Setelah Sukses di Indonesia, ESL DoTA 2 Akan Menyebar Ke Negara ASEAN Lain

ESL sekarang tengah berusaha memperluas struktur event esports skala nasional di area Asia Tenggara. Setelah mendapatkan sukses di Indonesia, ESL Asia akan memulai event liga DoTA 2 di Thailand, Vietnam serta region gabungan Malaysia/Singapura. Setiap turnamen yang akan diadakan ini menampung 8 tim dan akan memperebutkan prize pool sebesar 12 ribu US Dollar.

Dalam usaha ini, 4 kualifikasi besar akan diadakan di tiap negara secara online dalam beberapa minggu kedepan. Pada bulan April dan Mei, diharapkan kualifikasi bisa selesai dan pada bulan Juni, grand final offline sudah bisa diadakan.

ESL-Clash-of-Nations

Menurut Senior Wakil Presiden untuk ESL Asia-Pacific Japan, Nick Vanzetti, Asia tenggara merupakan region yang masih berkembang jika dilihat dari sisi esports. Region ini memiliki potensi baik untuk menghasilkan tim – tim unggulan dan berharap liga esports DoTA 2 ini bisa menjadi fasilitas bagi para SEA players untuk memanjat ke panggung esports internasional.

ESL region Asia sebenarnya sudah mulai mengembangkan cakupannya di Asia Tenggara pada tahun 2018 lalu. Dimulai dari Indonesia, ESL ini membawa konsep Pertandingan Esports Nasional dan melakukan uji coba. Karena sukses dan cukup banyak menghasilkan interest, dorongan untuk mengembangkan esports di area inipun mulai menjadi kuat.

ESL SEA

Untuk sementara dua game yang dibopong ke panggung esports ESL Asia Tenggara adalah DoTA 2 dan Arena of Valor. Tapi untuk kedepannya, tidak mustahil jika banyak game esports lain mulai dimasukan ke dalam kategori. Hal ini mengingat interest game di region ini cukup besar, apalagi untuk game esports.

Beberapa pengamat esports mengatakan bahwa perkembangan ESL ke negara – negara region ini membuka juga kesempatan kerja sebagai penyelenggara event. Pada beberapa bulan terakhir, ESL terlihat membuka kesempatan kerja untuk kebutuhan event ini. Pembangunan kantor pusat di area Singapore juga membuat bukti keseriusan ESL ini makin terlihat dalam mengembangkan esports area Asia Tenggara.

esl-indonesia

Untuk perkembangan esports di Indonesia sekarang ini, ESL bukan satu – satunya yang mengadakan event pertandingan. Perusahaan nasional seperti JD.ID juga terlihat serius mengadakan Highschool League untuk game Mobile Legends untuk cakupan nasional. Jika pasar esports bisa terus berkembang, jalur prestasi para gamer tentunya akan makin terbuka. Kita lihat saja perkembangan dunia esports Asia Tenggara ini selanjutnya.

Leave a Reply