Singapura Tuan Rumah Last Major DPC 2019-2020

eSports Dota 2

Kota Chengdu bulan lalu menjadi tuan rumah untuk Major pertama DPC 2019-2020. Sementara Leipzig akan menjadi kota kedua dan Los Angeles menjadi kota ketiga. Alih-alih mengumumkan kota untuk Major keempat, baru-baru ini justru Singapura yang diumumkan sebagai kota terakhir.

Dilansir dari estnn, ONE Esports Singapore dipastikan menjadi Major terakhir di ajang Dota Circuit Pro musim 2019-2020. Ini adalah kabar baik bagi para penggemar Dota 2 di Singapura dan Asia Tenggara, setelah event besar lainnya pada akhir tahun. Seperti diketahui, Singapura juga menggelar ajang ONE Esports Dota 2 Invitational Desember ini.

Apactix

Bekerja sama dengan PGL Esports, ini adalah Major terakhir DPC 2019-2020, tepat sebelum TI10 digelar. Adapun venue yang digunakan juga masih sama, yaitu Singapore Indoor Stadium. Total ada 16 tim peserta yang berkompetisi dengan prize pool mencapai $1 juta dan 15.000 poin DPC.

Sejauh ini setidaknya sudah ada satu Major yang berakhir dan satu lainnya segera berlangsung dalam waktu dekat. Babak kualifikasi untuk DreamLeague Major telah usai, namun turnamen baru digelar pada Januari 2020 mendatang. Beberapa tim papan atas yang belum berhasil lolos ke Major pun kini hanya punya tiga kesempatan lagi.

Twitter

Sama seperti ONE Esports Dota 2 Invitational, tampaknya Singapore Major nanti juga digunakan sebagai tempat balas dendam. Sejumlah tim pasti akan mati-matian memperjuangkan tempat mereka di Major terakhir demi mengoleksi poin DPC. Sebab, poin ini sangat penting untuk lolos ke TI10 tanpa harus melewati kualifikasi regional.

Banyak tim besar yang menghindari kualifikasi regional karena sering terjadi ‘kebrutalan’ di sana. Tidak jarang tim-tim unggulan di setiap wilayah kalah oleh tim-tim baru atau yang tidak terlalu punya nama. Kejadian seperti itu sudah terbukti pada saat kualifikasi Major pertama dan kedua DPC musim ini.

Beberapa tim top pada akhirnya terpaksa harus memburu satu tiket Major terakhir melalui turnamen Minor. Poin DPC ini memang cukup menguntungkan bagi tim tier pertama Dota 2.

Twitter

Seperti yang pernah dialami oleh Alliance menjelang digelarnya TI9 lalu. Mereka berhasil melaju hingga ke babak final EPICENTER Major, gelaran Major terakhir sebelum TI9. Hal itu membuat mereka lolos otomatis karena memenuhi syarat.

Agak aneh memang bahwa penggemar terlebih dahulu diberitahu tentang Major terakhir sebelum tahu tentang yang keempat. Tetapi setidaknya Sobat Gamer jadi tahu akan ada agenda besar apa saja untuk Dota 2 pada tahun 2020 mendatang. Berikut ini adalah jadwal resmi Major DPC musim 2019-2020:

Turnamen Tanggal
MDL Chengdu Major 16-24 November
Dream League Season 13 Major 13-28 Januari
ESL ONE Los Angeles Major 15-22 Maret
Belum diumumkan 2-10 Mei
ONE Esports Singapore Major 20-28 Juni

Selain turnamen Major, tentu ada pula beberapa turnamen Minor yang digelar sebelumnya. Tetapi menurut kabar terakhir, penyelenggara turnamen baru akan memberitahukannya setelah atau saat mendekati WePlay! Bukovel Minor. Adapun Minor setelah itu tentu saja mempertaruhkan satu tiket untuk Los Angeles Major.

Selain beberapa informasi dasar tadi, belum banyak detail yang dibocorkan mengenai Singapore Major. Sebab, ONE Esports saat ini masih fokus menangani turnamen yang sedang berlangsung di Singapura. Menurut jadwal, babak utama ONE Esports Dota 2 Invitational akan berlangsung pada 20-22 Desember mendatang.

Selain itu ONE Esports juga memiliki satu agenda besar lain di luar DPC 2019-2020, yang pastinya tak kalah menarik. Sobat Gamer pasti sangat bersemangat karena World Pro Dota 2 Invitational juga diagendakan di Jakarta pada 17-19 April 2020. Tahun 2020 sungguh menjadi tahun yang sangat melelahkan bagi ONE Esports.

Leave a Reply