Tips Menghasilkan Uang dari Bermain Game Dota 2

eSports Dota 2

Game Dota 2 adalah permainan MOBA PC paling populer dan memiliki basis penggemar besar di dunia. Jadi, seharusnya game ini bisa menjadi ‘lumbung penghasilan’ bagi siapapun yang memainkannya.

Dilansir dari quora, dotainternational, rechaaarge dan support, memang tidak semua pemain Dota 2 serius ingin berkarier sebagai gamer profesional. Namun, tahukah Anda kalau ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar hobi bermain Dota 2 itu bisa menghasilkan pundi-pundi uang? Meski tidak bergabung dengan tim yang bersaing di turnamen besar, tapi game ini tetap layak untuk diseriusi.

Cara Mendapatkan Uang dari Game Dota 2

Liquipedia
Liquipedia

Berikut adalah beberapa alternatif menghasilkan uang dengan bermain game Dota 2 meski Sobat Gamer bukan seorang pemain pro. Jadi, setidaknya Anda tidak harus punya skill tingkat tinggi untuk bisa berpenghasilan dari game ini.

1. Menjadi Penyelenggara Turnamen Dota

Dot Esports

Sejak era Dota 1, mulai banyak warnet yang menyelenggarakan turnamen kecil-kecilan. Nah, jika Sobat Gamer adalah pemilik warnet atau kafe internet, tidak ada salahnya sesekali mencoba menggelar turnamen Dota 2. Meski saat ini turnamen esports seluler lebih diminati, namun Dota 2 masih memiliki cukup banyak penggemar.

Keuntungan bisa didapat dengan menjual makanan dan minuman untuk penonton, biaya sewa komputer, atau mungkin tiket. Untuk menyediakan hadiah, Anda bisa membuat proposal untuk mencari sponsor potensial. Cara ini bisa mendatangkan pemasukan yang cukup lumayan selama beberapa hari.

2. Menjual Item Game

Jika Anda bukan pemilik warnet tetapi sudah lama berkecimpung di Dota 2, ada cara lain yang bisa dilakukan. Terutama bagi pemain yang suka mengoleksi item kosmetik Dota 2. Ketidakmampuan beberapa pemain membeli item dengan PayPal atau kartu kredit bisa menjadi peluang bisnis.

Jual item kosmetik yang Anda miliki dengan metode pembayaran lebih mudah, misalnya lewat rekening bank lokal. Ini akan membuat pemain lain lebih mudah mendapatkan item yang mereka inginkan. Cara ini adalah legal selama Anda juga mendapatkan item secara legal.

3. Merancang Kosmetik dan Menjualnya

ModSKinDota

Meski Dota 2 download tersedia gratis di Steam, tetapi ada pembelian item di dalam game. Beberapa di antaranya adalah kosmetik hasil rancangan para desainer di luar pengembang Dota 2. Dari situ, Anda dapat menyimpulkan bahwa cara ini juga bisa menghasilkan uang.

Ini tidak memerlukan skill tinggi dalam memainkan Dota, tetapi tentu Sobat Gamer harus menguasai desain 3D. Kirimkan desain tersebut ke workshop Dota 2 untuk ditinjau dan akan segera tersedia di toko jika itu lolos peninjauan. Tetapi bagi hasil penjualannya memang tidak terlalu besar.

4. Ikut Turnamen Amatir

Terlalu banyak talent Dota 2 di berbagai tingkatan, sampai-sampai di tingkat amatir pun persaingannya sangat kompetitif. Tetapi jika skill yang Anda miliki belum terlalu mumpuni, turnamen amatir bisa jadi ajang uji coba. Barangkali Anda bisa menang dan membawa pulang hadiahnya.

Jika tidak bisa menemukan turnamen kelas warnet, carilah turnamen online di beberapa platform populer. Meski demikian, hadiah yang ditawarkan biasanya memang tidak besar, berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

5. Menjadi Caster atau Komentator

Liquipedia

Punya pengetahuan bagus seputar permainan Dota 2 dan pandai berbicara di depan umum? Mungkin Sobat Gamer cocok dengan pekerjaan menjadi caster atau komentator. Di Indonesia, jumlah caster Dota 2 sepertinya mulai berkurang karena kalah bersaing dengan esports seluler.

Cobalah promosikan diri Anda ke acara-acara streaming Dota 2 atau buat saluran sendiri di platform berbagi video. Untuk menjadi caster terkenal, cobalah cari pembeda dari caster Dota 2 kebanyakan. Selain itu selalu pantau Dota 2 update agar mengetahui perkembangan meta terbaru.

6. Pembuat Konten Dota 2

Baik di Twitch maupun YouTube, konten Dota 2 masih sangat diminati dan banyak ditonton. Jadi jika Sobat Gamer punya perangkat yang memungkinkan, buatlah saluran sendiri di dua platform tersebut. Unggah konten secara rutin atau lakukan live streaming.

Sumber pendapatan sebagai pembuat konten ini bisa berasal dari iklan, sponsor dan donasi dari pemirsa. Ketika saluran Anda sudah tumbuh dan memiliki kelompok penggemar, mulailah berjualan merchandise dengan brand sendiri. Ini bisa menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan bagi para pembuat konten.

Kesimpulannya, selain menjadi pemain pro ternyata ada cara lain menghasilkan uang dari game Dota 2. Itu bisa dilakukan dengan cara-cara kreatif meski Sobat Gamer tidak punya skill tingkat tinggi. Selamat mencoba!

Leave a Reply