eSports Dota 2

Trik Memainkan Dota 2 Offline untuk Latihan

Memainkan Dota 2 offline tidak semudah yang dibayangkan karena berpotensi eror atau menyebabkan crash. Pasalnya, Dota 2 pada dasarnya adalah game yang dirancang untuk permainan online atau memerlukan koneksi internet. Ada beberapa trik yang biasanya dilakukan para pemain Dota 2 Update, tetapi tidak semuanya berhasil.

Seperti yang dilansir dari qoura dan pinoytechsaga, Dota 2 hanya bisa diunduh dan dimainkan melalui Steam. Nah, kali ini kita akan mencoba menjalankan Dota 2 tanpa menggunakan Steam dan koneksi internet.

Bermain Dota 2 dengan Steam Mode Offline

valve

Cara yang paling umum dilakukan untuk memainkan Dota 2 offline adalah dengan mengaktifkan mode ‘Go Offline’ di Steam client. Walaupun tidak selamanya berhasil, tetapi Sobat Gamer bisa mencoba cara paling sederhana ini.

  1. Pertama-tama, matikan jaringan internet di komputer atau laptop.
  2. Kemudian buka Steam client, dan aktifkan mode ‘Go Offline’ di menu ‘Steam’.
  3. Buka halaman gameAnda dan luncurkan Dota 2.
  4. Jika berhasil, maka Anda bisa bermain melawan bot untuk latihan.

Sebagai catatan, selalu buka Steam dengan mode offline supaya klien game tidak meminta pembaruan. Selain itu, Sobat Gamer juga tidak bisa bermain dengan teman menggunakan LAN pada mode ini.

Menggunakan Dota 2 Offline Launcher

valve

Selain dengan mode offline pada Steam client, Anda juga bisa menggunakan Dota 2 Launcher Offline. Tetapi sebelum memasang dan menjalankannya, pastikan matikan dulu antivirus untuk sementara supaya file tidak terdeteksi sebagai malware.

Adapun untuk menjalankan Dota 2 secara offline Anda harus memenuhi persyaratan minimumnya, baik PC maupun Laptop. Sebab meski dijalankan secara offline, Dota 2 tetap harus dijalankan di perangkat yang mumpuni.

Syarat berikutnya adalah memasang atau memperbarui Dota 2 versi terkini. Pada saat tulisan ini dibuat, Dota 2 baru saja merilis patch 7.24. Jadi mau tidak mau sebelum bermain offline, Anda harus mengunduh pembaruan tersebut.

Berikutnya unduh Offline Launcher + Emu 06212019 . Jika ingin memainkan custom game, unduh juga GCFscape (opsional), Microsoft .NET Framework terbaru dan Microsoft Visual C ++ terbaru. Setelah itu, ikuti instruksi pemasangannya berikut ini.

  1. Jalankan file.exe Offline Launcher yang telah Anda unduh. Pada bagian ‘Destination folder’ pilih win32 pada folder pemasangan Dota 2 di Steam.
  2. Klik ‘Extract’, lalu tunggu prosesnya sampai selesai.
  3. Buka folder dota di path“Steam\SteamApps\common\dota 2\game\dota”. Salin filebernama ‘steam.inf’ yang ke folder win32. Letaknya sama-sama di folder pemasangan Steam, yaitu  “…\common\ dota 2 \game\bin\win32\dota”.
  4. Pemasangan Offline Launcher akan membuat shortcutDota 2 baru di desktop. Klik kanan shortcuttersebut kemudian klik ‘Run as administrator’. Klik ‘OK’ dan mulai jalankan game.

Sekarang Sobat Gamer dapat memainkan Dota 2 secara offline bahkan tanpa harus membuka aplikasi Steam. Cara ini cocok untuk gamer solo dan pertandingan latihan melawan bot AI.

Penutup

dotesports

Dota 2 adalah game MOBA untuk PC yang hingga saat ini tidak menawarkan versi offline atau mobile secara resmi. Jadi beberapa orang mencoba berbagai cara untuk bisa memainkan Dota 2 tanpa koneksi internet atau dari perangkat mobile. Kedua cara ini sama-sama membutuhkan Steam dan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara di atas bisa saja berhasil tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi crash. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk melakukan backup terlebih dahulu.

Di sisi lain, beberapa orang mengaku tidak bisa memainkan Dota 2 offline sepenuhnya walaupun Steam sudah menggunakan mode offline. Meski bermain melawan bot, tetapi Steam tetap membutuhkan koneksi internet di awal. Baru setelah game berjalan, Anda bisa memutuskan koneksi internet.

Leave a Reply