Tipify
eSports Dota 2

Valve Berniat Tunda Kualifikasi DPC 2019-2020

Valve sempat mengumumkan jadwal lengkap untuk kualifikasi DPC 2019-2020 yang mana menjadi bagian dari LAN Minor dan Major. Adapun DPC musim ini baru saja dimulai, dengan berlangsungnya Minor dan Major pertama. Yang terbaru, tim-tim terbaik dunia tengah bersaing di MDL Chengdu Major, Tiongkok.

Dilansir dari vpesports, babak kualifikasi pertama yang diadakan Valve disebut-sebut telah bertentangan dengan Midas Mode 2.0. Komunitas pun gempar tentang itu dan membahasnya cukup serius di Reddit. Hal itulah yang sepertinya cukup meyakinkan Valve untuk memindahkan tanggal kualifikasi berikutnya.

Tipify
Tipify

Tanggapan cepat dan kesediaan Valve untuk mendengarkan komunitas mendapat puijian dari para penggemar. Kini mereka akan bekerja untuk mengubah tanggal untuk kualifikasi DPC gelombang kedua. Itu terhitung untuk WePlay! Bukovel Minor dan DreamLeague: Leipzig Major.

Menurut informasi dari berbagai sumber di kancah Dota 2, sudah ada tanggal yang digadang-gadang masuk dalam rencana. Valve kabarnya ingin memindahkan tanggal kualifikasi tertutup dari tanggal 1-6 Desember menjadi 8-14 Desember. Akan tetapi, jadwal kualifikasi terbuka akan digelar sesuai dengan rencana awal.

App DoTA Pro Circuit
Valve

Publik dapat menyaksikan babak kualifikasi terbuka pada 28-30 November mendatang. Informasi itu pun langsung menjadi perhatian dan perbincangan tim-tim profesional yang akan ikut serta dalam kualifikasi. Pasalnya, pengumuman dibuat saat agenda MDL Chengdu Major sedang berlangsung.

Dilansir dari VPEsports, salah satu sumber melaporkan bahwa berita itu tidak diterima dengan baik di kalangan tim profesional. Ada banyak alasan yang membuat mereka tampaknya cukup kesal dengan perubahan jadwal yang terkesan mendadak.

App DoTA Pro Circuit 1
Valve

Bahkan kabarnya semua tim membuat surat untuk bertanya kepada Valve. Ini lantaran perubahan tanggal kualifikasi berpotensi mengacaukan rencana mereka yang sudah dibuat jauh-jauh hari. Ya, bagi beberapa tim tingkat atas, tanggal kualifikasi baru berbenturan dengan ONE Esports Dota 2 World Pro Invitational.

Turnamen LAN berhadiah total $500.000 di Singapura itu memang bakal dihelat pada awal Desember mendatang. Ajang itu juga disebut-sebut sebagai cara yang tepat untuk mengakhiri tahun 2020 bagi seluruh penggemar Dota 2. Beberapa tim pun baru akan melakoni debut mereka musim ini di sana.

Sebut saja Team Secret dan PSG.LGD, yang absen di Minor dan Major pertama DPC 2019-2020. Menurut agenda yang sudah diumumkan, acara bakal dimulai pada tanggal 17 Desember. Tetapi 12 tim yang terlibat diharapkan sudah tiba di Singapura sejak tanggal 14.

Sebagian besar penerbangan para pemain pun dipesan untuk tanggal 13 Desember. Hal inilah yang membingungkan bagi tim peserta ONE Esports Dota 2 World Pro Invitational. Sementara mereka yang tidak diundang pada event di Singapura juga telah membuat rencana untuk putaran kedua kualifikasi DPC.

Itu berarti penerbangan dan akomodasi sudah dibayarkan sesuai tanggal kualifikasi awal. Selain harus mengeluarkan biaya tambahan atau tidak bisa mengubah pemesanan, proses visa bagi pemain juga menjadi masalah. Semua tim Asia harus mengajukan visa baik untuk Ukraina atau Jerman.

Sejauh ini, Valve masih belum membuat pengumuman resmi tentang jadwal kualifikasi baru. Adapun tanggal 8-14 Desember hanyalah menurut rumor yang beredar di kalangan profesional. Namun jika pergeseran tanggal itu memang perlu, seharusnya Valve menyesuaikannya dengan jadwal agenda lain.

Penundaan selama satu minggu ini pun sepertinya juga akan berbenturan dengan pembaruan Outlanders. Di mana menurut jadwal, pembaruan tersebut bakal diumumkan setelah MDL Chengdu Major selesai. Sekarang tinggal tunggu saja bagaimana respons Valve tentang perubahan jadwal kualifikasi DPC 2019-2020 ini.

Leave a Reply