push hero
Tips and Trik

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan Untuk Push di DoTA 2

Dalam game moba, tiap tim tentu memiliki objective utama menghancurkan bangunan induk di base musuh. Hal ini juga berlaku di game DoTA 2. Sebanyak apapun hero kill yang kamu lakukan, jika Ancient tim kamu diserang dan kamu tidak bisa menghancurkan Ancient musuh lebih cepat, tentu kamu akan kalah.

Istilah yang digunakan untuk mengutamakan objective ini disebut push. Push ini berhubungan dengan menggerakan arus creep ke wilayah musuh dengan menghancurkan tower – tower pertahanan milik mereka.

Walau hal ini terlihat sederhana, push tentu tidak bisa dianggap enteng. Dalam menjalankan push ini kamu perlu perhatikan hal – hal berikut ini:

Memilih Hero yang Cocok Untuk Peran Push

push-tower-dota

Setiap hero dalam DoTA 2 tentu memiliki kelebihan sendiri – sendiri dan hal ini juga berhubungan dengan push. Hero dengan kemampuan push baik adalah hero yang memiliki tool AoE baik untuk wave clear ataupun skill yang mampu membantu menghancurkan tower.

Hero seperti Bane adalah contoh yang lemah dalam pushing, sedangkan Jakiro adalah hero push yang sangat baik. Memilih hero yang tepat untuk tugas push, akan meringankan beban untuk melakukan strategy push.

Gunakan Strategy Push yang Pas

push-tower-dota

Umumnya dalam melakukan push, banyak strategy yang bisa kamu gunakan. Setiap strategi tentu harus didukung timing yang tepat. Strategi umum untuk push contohnya:

  • Counter Push

Saat musuh melakukan push dan tim kamu bisa membunuh banyak hero yang melakukan push tersebut, kamu bisa bertahan di line yang sama dan berusaha melakukan counter. Hal ini efektif untuk membalikan keadaan saat banyak player di tim musuh masih harus menunggu death timer.

  • Focus Push

Semua anggota tim berfokus pada satu lane dan berusaha mendorong push di lane itu sampai mencapai base musuh. Fokus push ini tentu berbahaya jika tidak dihentikan dan tentu menjadi trigger untuk team fight.

  • Split Push

Tim kamu membuat kelompok sendiri di 2 lane berbeda dan melakukan push yang bersamaan. Hal ini menyebabkan tim musuh harus melakukan pertahanan di dua lane yang tentunya akan membuat kekuatan mereka terpecah.

Hero-Dota-2-push

Perlu diperhatikan bahwa push adalah usaha tim dan bukan individu. Jika kamu tidak dapat berkomunikasi baik dengan tim, usaha push kamu biasanya bisa gagal. Entah karena ada ambush dari musuh atau, line lain di push oleh musuh terlebih dahulu. Sebisa mungkin berlatihlah dengan teman – teman kamu untuk membentuk tim solid dan melatih strategy push kamu. Sekian informasi yang bisa kamu gunakan. Terima kasih sudah membaca!

Leave a Reply