dotesports

Jenis-jenis Bangunan di Dota 2 yang Penting untuk Diketahui

Tips and Trik

Bangunan di Dota 2 adalah elemen penting dalam permainan yang berpengaruh terhadap gameplay. Bukan hanya bagi pemain, tetapi penonton juga perlu untuk memahami fungsi dari setiap bangunannya. Ada banyak jenis bangunan, tetapi jika Sobat Gamer hanya ingin menonton, maka tidak perlu memahami semuanya.

Dilansir dari gamepedia dan duniagames, pada dasarnya bangunan adalah unit permainan yang tidak dapat dikendalikan oleh pemain. Lokasinya sudah ditentukan di awal untuk masing-masing tim, dan set bangunan yang sama, baik jenis maupun jumlahnya. Perbedaannya hanya tampak dari tampilan saja untuk membedakan bangunan milik tim A dan B.

Sifat Dasar Bangunan di Dota 2

weplay
weplay

Bangunan di Dota 2 sudah jelas tidak bisa bergerak dan mereka kebal terhadap spell. Tidak semua, karena ada beberapa spell yang nyatanya bisa memengaruhi bangunan. Di satu sisi bangunan dapat menyerang, namun ketika hancur maka dia akan memberikan gold untuk pemberi last hit.

Yang harus digarisbawahi, bangunan tidak menambah XP. Setelah bangunan hancur, maka itu akan hilang secara permanen dan tidak akan respawn lagi pada waktu lain di pertandingan.

5 Bangunan Terpenting di Dota 2

Dota Blast

Jika melihat di daftar Dota Wiki, ada sekitar 11 bangunan yang ada di Dota 2. Sebagian sudah hadir sejak Dota 1, namun ada pula bangunan tambahan yang muncul di patch baru. Dari keseluruhan bangunan tersebut, di bawah ini adalah beberapa yang paling penting untuk diketahui fungsinya.

1. Menara

Tower atau menara sudah jelas bagian penting dari permainan. Bangunan ini adalah garda pertahanan yang turut membantu masing-masing tim di areanya. Mereka hanya akan menyerang musuh (bukan netral) yang berada dalam jangkauannya.

Masing-masing tim memiliki set tiga tower di ketiga lane. Selain itu Ancient milik setiap tim juga diawasi oleh dua tower. Dengan begitu, secara keseluruhan ada 11 tower yang berdiri di masing-masing wilayah tim.

Tower dibagi menjadi empat tier yang didasari oleh letaknya. Tier satu adalah yang terletak di ujung lane, lalu semakin dekat dengan Ancient adalah tier empat.

2. Barrack

Barrack juga merupakan bangunan penting dalam Dota 2 gameplay. Mereka diawasi oleh tower tier tiga yang tugasnya adalah menjaga lane. Setiap tim memiliki dua barrack di lane masing-masing. Masing-masing barrack terdiri dari jarak dekat (Melee Barrack) dan jarak jauh (Ranged Barrack).

Bangunan ini tidak bisa dihancurkan sampai musuh bisa menghancurkan tower tier tiga yang ada di dekatnya. Jika barrack hilang, maka tim lawan bisa mendapatkan kekuatan lebih. Sayangnya, sifat barrack ini adalah pasif, tidak dapat menyerang dan tidak memiliki kemampuan khusus.

3. Ancient

Ancient atau singgasana adalah bangunan yang menjadi tujuan masing-masing tim di permainan. Bangunan ini pula yang menginspirasi nama DotA, yaitu Defense of the Ancient. Sobat Gamer hanya bisa melihat satu bangunan Ancient di base milik masing-masing tim.

Penjaganya adalah dua tower tier empat dan keduanya harus dihancurkan untuk bisa menghancurkan Ancient. Jangkauan penglihatannya mencapai 2600 di siang hari dan malam hari. Kemampuan khususnya adalah True Sight di area 900 sekitar mereka.

4. Fountains

Ketika ada hero yang mati, maka dia akan kembali di respawn di area Fountains dari masing-masing base. Lokasi ini juga menyediakan regenerasi mana dan scaling health untuk semua hero tim. Bangunan ini bukan sembarang bangunan, karena mereka punya serangan cepat dengan daya rusak tinggi.

Bahkan Fountains bisa menonaktifkan beberapa kemampuan, seperti Blink Dagger dan Heart of Tarrasque. Satu lagi, jangan harap bisa menghancurkan Fountain karena ini permanen.

5. Outpost

Outpost ini adalah bangunan baru yang dirilis pada saat Valve mengeluarkan patch 7.23 akhir 2019 lalu. Outpost hadir untuk menggantikan Side Shop di permainan. Bangunan ini terletak di hutan utama kedua kubu, biasanya dekat dengan neutral creep camp.

Fungsinya adalah membantu pemain membeli item untuk setiap hero. Pemain dapat melakukan teleportasi ke Outpost, tetapi dibutuhkan waktu enam detik. Bangunan baru ini masih terus dalam pengembangan Valve. Jadi pastikan Sobat Gamer terus memantau Dota 2 outpost update di setiap patch baru.

Itu tadi beberapa jenis bangunan di Dota 2 yang rasa-rasanya paling penting untuk diketahui dan dipahami fungsinya. Walaupun bangunan lain pastinya juga perlu dipelajari. Namun untuk pemula, kelima bangunan tadi sudah cukup untuk membuat Anda paham waktu menonton pertandingan Dota 2.

Leave a Reply