Kiat Bermain Dota 2 Supaya Tidak Sering Mati di Patch Baru

Tips and Trik

Salah satu kiat bermain Dota 2 yang wajib dipelajari lebih mendalam adalah bagaimana cara untuk tidak terbunuh. Pasalnya, ketika seorang pemain sering mati, maka tentunya beban tim akan jadi semakin berat.

Dilansir dari Hotspawn, ini karena pemain yang mati harus menunggu waktu respawn sebelum kembali ke arena. Belum lagi pemain juga akan kehilangan gold yang telah dikumpulkan di waktu sebelumnya. Pada gilirannya, semua pemain memang berpeluang mati, tetapi kemungkinan itu bisa diminimalkan.

Kiat Bermain Dota 2 di Patch Terbaru

Fanesports

Belakangan ini, komunitas Dota sedang ramai membahas tentang keseimbangan di patch terbaru. Jika Sobat Gamer sudah download Dota 2 patch 7.26 versi terbaru, maka mati akan jadi jauh lebih merugikan buat tim. Untuk menghindari kemungkinan terburuk, berikut adalah kiat Dota 2 yang dibagikan oleh Hotspawn.

1. Sering Pantau Minimap

Minimap adalah elemen penting di Dota 2, yang memang dirancang untuk memantau situasi jalannya permainan. Namun adanya fog of war memang bisa membatasi pandangan di waktu-waktu tertentu. Hero bisa bersembunyi di suatu tempat tanpa disadari dan menyerang Anda.

Tetapi hal semacam ini dapat diminimalkan dengan lebih sering menengok ke arah minimap. Misalnya Sobat Gamer sedang bergerak melakukan farming di lane. Jangan hanya fokus pada farming, tetapi lirik ke minimap beberapa saat sekali untuk menghindari gank musuh.

Apabila di minimap musuh terlihat melakukan pergerakan merata di setiap lane, maka potensi gank tak akan datang. Selain itu Sobat Gamer juga disarankan untuk menampilkan ikon hero di minimap untuk mengurangi waktu untuk menekan Alt. Pengaturannya dapat dilihat di panduan cara install Dota 2.

2. Gunakan Item Town Portal Scrolls

Membeli item Town Portal Scrolls adalah salah satu cara terbaik untuk menghindari terlalu sering mati dalam permainan. Ini karena fungsinya untuk membawa Anda berjalan-jalan peta dengan cukup cepat. Artinya, dalam situasi sulit item ini juga akan sangat berguna untuk melarikan diri.

Town Portal Scrolls ini wajib dimiliki hero yang tidak memiliki kemampuan teleportasi. Terutama hero Dota 2 seperti Venomancer, Viper, Bloodseeker, atau Bristleback. Sayangnya, harga item ini menjadi lebih mahal setelah patch 7.25 dirilis beberapa minggu lalu.

3. Harus Bisa Menahan Diri

Dota Blast

Sobat Gamer tahu bahwa setiap membunuh musuh, artinya Anda akan dapat lebih banyak gold dan XP. Jika ini adalah satu dari dua pilihan, maka sebagian pemain Dota mungkin akan memilih melakukan kill. Tetapi, di saat-saat tertentu pilihan itu terkadang tidak tepat.

Benar-benar dibutuhkan kebijaksanaan demi kelangsungan strategi tim dalam permainan. Ada waktunya di mana Anda harus menahan diri daripada all-in untuk kill ekstra yang memang menggiurkan. Salah satu gerakan saja, maka tim yang mendapat dampaknya.

Intinya adalah ketahui kapan waktu yang tepat untuk sedikit pasif dan agresif. Selama menahan diri dari pertarungan untuk kill ekstra, lakukan hal lain sementara waktu. Misalnya pergi ke camp di hutan untuk melakukan farming atau hal lain yang tidak berisiko besar.

4. Timing adalah Kunci

Kiat keempat ini mungkin akan sangat berguna untuk pemain di posisi carry. Timing adalah kunci dan mencari timing yang tepat dibutuhkan kecermatan dalam melihat situasi. Ketika melihat rekan tim Anda terlibat dalam team fight, jangan langsung ikut terlibat di dalamnya.

Tahan untuk menekan tombol Town Portal dan coba berpikir sejenak. Jika ternyata farming adalah opsi yang lebih menguntungkan buat tim, maka jangan paksaan bergabung dengan team fight. Kiat ini juga perlu diperhatikan oleh hero yang lemah tanpa item tertentu seperti Medusa atau Anti-Mage

5. Tak Perlu Jadi Pahlawan Kesiangan

dotafire

Bukan bermaksud merendahkan, tetapi dalam pertandingan pub biasanya ada saja yang ingin menjadi pahlawan. Untuk menghindari banyak kill dari musuh, sebaiknya tidak perlu selalu berusaha menyelamatkan rekan satu tim. Apalagi, kebanyakan yang melakukan ini justru pemain dengan skill di bawah rata-rata.

Membantu rekan tim saat terkena gank musuh memang baik di situasi normal. Namun itu tidak selamanya baik, bahkan terkadang lebih baik membiarkan mereka mati. Jangan membuang waktu untuk misi bunuh diri, yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan gold dan XP.

Sebuah kiat Dota 2 yang sangat sederhana terutama untuk pemain yang sering mengedepankan ego. Ingat untuk selalu mengedepankan kepentingan tim alih-alih ingin show off sendiri.

Leave a Reply