Panduan ‘Membawa’ Tim Sebagai Carry Dota 2 untuk Pemula

Tips and Trik

Carry Dota 2 adalah salah satu role krusial dalam tim di sebuah pertandingan. Sesuai dengan namanya, seorang carry bertugas ‘membawa’ timnya ke arah yang benar menuju kemenangan. Walaupun kesannya sederhana, namun tanggung jawab carry sangatlah besar.

Dilansir dari dota2freaks, techinasia dan kincir, dalam tim sepak bola, carry bisa diibaratkan seperti seorang pencetak gol. Dia selalu mendapat perhatian besar dari penonton. Oleh karena itulah harus memberikan dampak yang signifikan bagi tim.

Cara Menjadi Carry Dota 2 yang Baik

Fail carry adalah istilah untuk para pemain yang gagal menjalankan role carry dengan baik. Nah, supaya tidak mendapat cemoohan itu dari rekan setim atau orang lain, mulailah belajar menjadi carry yang lebih baik. Sebagai pemula, cobalah awali dengan Dota 2 carry guide berikut ini.

1. Memilih Hero untuk Carry

valve

Hero meta biasanya paling direkomendasikan untuk carry. Tetapi, kalau bisa usahakan memilih hero yang dibutuhkan tim.

Contoh kasus tim Anda sudah cukup kuat untuk sebuah team fight. Maka hero yang dibutuhkan sebagai pelengkap adalah seperti Antimage atau Drow Ranger. Sebaliknya, Phantom Assasin atau Juggernaut lebih dibutuhkan ketika tim Anda tidak terlalu kuat dalam pertarungan.

Tips lainnya adalah jangan pilih Dota 2 carry heroes 2020 lebih awal dalam picking. Ini berpotensi membuat tim lawan memilih counter yang dapat menimbulkan kerugian dalam pertandingan.

2. Farming dan Last Hit

Beberapa role di Dota 2 juga memerlukan kemampuan farming dan last hit yang baik. Tetapi bagi seorang carry Dota 2, dua kemampuan itu mutlak sangat dibutuhkan oleh tim untuk mengumpulkan gold. Farming adalah pekerjaan yang rumit di Dota 2 dan sebagai carry hal itu harus dilakukan sepanjang waktu.

Jika Sobat Gamer hanya berada di lane tanpa melakukan apapun, itu sangat membuang waktu. Opsi paling aman adalah pergi ke hutan dan farming di tempat yang memiliki sedikit creep.

Lalu sebagai carry Sobat Gamer juga harus memiliki statistik last hit per menit yang tinggi. Setidaknya 10 last hit dalam satu menit harus dilakukan untuk memberikan keuntungan bagi tim. Cara lain supaya tidak terlalu terbebani dengan last hit adalah harus kreatif dan memulai stacking di hutan.

3. Tidak Gegabah Mengambil Keputusan

valve

Menjadi semi ataupun hard carry Dota 2 harus punya kesabaran dan tidak gegabah saat mengambil keputusan. Pasalnya, seorang carry pasti sangat diandalkan oleh tim dalam farming dan mendapatkan beberapa item. Bersabar dan menjaga ritme adalah kunci menjadi carry yang baik.

Selain sabar, waspada terhadap keadaan sekitar juga harus selalu ditekankan. Sebab sekali saja lengah ketika farming, Sobat Gamer bisa langsung terkena gank lawan dan malah membuat keunggulan terbuang. Carry tidak perlu terlalu bar-bar supaya tidak merugikan tim.

4. Cara Bertarung Carry

Jika Anda sudah memperkirakan kapan waktu yang pas untuk mulai bertarung, maka lakukan dengan cara yang tepat. Sama seperti teori sebelumnya, tetap bersabar dan menunggu momentum saat melakukan team fight.

Bila perlu, tunggu sampai musuh mengeluarkan ultimate mereka kepada pemain lain. Dari situ carry bisa masuk dan membunuh musuh tanpa risiko yang besar. Tetapi tetap waspada terhadap kemampuan dan sumber daya musuh.

Apabila musuh memiliki item untuk bertahan hidup, maka sebaiknya pikir dua kali untuk bermain bar-bar dalam pertarungan. Selalu klik musuh agar Anda mengetahui item mereka dan jangan terpisah dengan tim. Selain itu, dalam team fight sebaiknya carry tidak berada di posisi terdepan.

5. Bangun Kepercayaan Diri

Valve

Ini adalah tips non teknis yang tidak dimiliki oleh banyak carry pemula. Kepercayaan diri hanya bisa terbangun lewat jam bermain dan variasi lawan yang dihadapi. Secara tidak langsung, kepercayaan diri dan faktor psikologis sangat menentukan pertandingan, lo.

Jadi walaupun dituntut bersabar dan berhati-hati, kepercayaan diri carry harus diperlihatkan. Sesekali menjadi egois tidak mengapa, asalkan itu demi mengutamakan kebutuhan tim. Jika rekan setim sudah percaya kepada Sobat Gamer, maka jalan selanjutnya pasti akan lebih mudah.

Untuk menjadi seorang carry Dota 2 memang penuh liku-liku dalam perjalanannya. Dibutuhkan banyak latihan dan pemahaman lebih mendalam tentang permainan. Teruslah berusaha sampai menjadi carry yang selalu diharapkan oleh tim, bukan yang sering dibilang ‘fail carry’.

Leave a Reply