Skill Mentok di Situ Saja? Coba Ikuti Panduan Dota 2 Ini

Tips and Trik

Panduan Dota 2 adalah hal penting yang harus dipelajari oleh pemain karena Dota sangatlah kompleks. Apalagi pengembang secara rutin meluncurkan pembaruan yang menambah lebih banyak detail di dalamnya. Sehingga seorang pemain berpengalaman sekalipun masih perlu memahami setiap mekanisme baru.

Dilansir dari dotafire, reddit dan dotesports, jika Anda adalah pemain dengan pengetahuan minim, mungkin pernah merasakan kalau skill bermainnya tidak berkembang. Itulah alasan mengapa setiap pemain perlu menambah pengetahuan tentang hero serta item Dota 2 dan fungsinya. Itu akan membuat skill bermain secara tidak langsung juga ikut bertumbuh.

Panduan Dota 2 untuk Meningkatkan Skill Pemula

Digi Statement

Cara meningkatkan skill setiap pemain berbeda-beda, mulai dari rutin melakukan latihan hingga memperhatikan detail yang kecil. Namun yang menarik ketika belajar adalah bagaimana proses berpikir Sobat Gamer yang juga akan ikut berkembang. Untuk mendapatkan itu, coba ikuti panduan Dota 2 berikut ini.

1. Mengontrol Hero

Valve

Kemampuan mengontrol hero yang dimaksud adalah seberapa akurat Sobat Gamer mengklik sebuah objek atau area. Itu termasuk panduan item Dota 2 dan menggunakan skill yang tepat. Jangan sampai mati konyol karena salah sasaran dan sialnya itu yang sering terjadi di pub match pada pemain pemula.

Selalu perhatikan di mana Anda mengklik dan apa yang akan terjadi setelahnya. Intinya adalah, apabila Anda bisa menggunakan item atau skill hero dengan baik, maka permainan akan jauh lebih efisien. Cara melatihnya adalah dengan tidak hanya terfokus mengklik item saja.

2. Tambah Pengetahuan Tentang Skill

Setiap skill dari hero pasti memiliki kegunaan dan dampaknya masing-masing. Keterampilan ini biasanya datang secara alami seiring dengan bertambahnya jam bermain. Namun, skill juga bisa menjadi senjata makan tuan yang menjadi penyebab kematian Anda sendiri.

Jadi jika sudah memilih hero Dota 2 tertentu yang menjadi ciri khas, maka pahami juga setiap skill-nya. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa yang bisa dilakukan dalam berbagai situasi. Namun disarankan untuk tidak terlalu mengambil risiko dalam menggunakan skill, terutama ketika bermain sebagai core.

3. Belajar Antisipasi Kehilangan Gold

Sebisa mungkin usahakan agar tidak terbunuh lawan demi melancarkan upaya tim. Namun apa daya karena terkadang Anda mungkin sedang lengah atau terperangkap lawan. Jika sudah demikian, yang perlu dilakukan adalah menyelamatkan diri agar tidak kehilangan gold secara percuma.

Dalam situasi ini, tombol quickbuy sangatlah berguna, yang mana jarang disadari oleh pemain pemula. Daripada kehilangan banyak gold ketika mati, maka sebaiknya segera beli item agar berguna setelah respawn. Buat dan ingat-ingat hotkey quickbuy untuk menyelamatkan tim dari kehilangan banyak gold.

4. Asah Terus Kemampuan Last Hit

Banyak yang bilang last hit adalah soal momentum, padahal tidak selamanya momentum itu datang. Seorang pemain Dota berpengalaman pasti lebih mudah mendapatkan last hit apalagi sebagai seorang carry. Salah satu cara mengembangkan skill last hit adalah menonton pemain lain.

Ya, tontonlah aksi pemain pro melakukan last hit karena itu akan meningkatkan wawasan dan pengambilan keputusan. Ingat bahwa last hit yang benar akan memberi perubahan besar untuk tim.

5. Jangan Individualis

Valve

Oke, selalu ingat bahwa permainan Dota 2 terdiri dari lima orang pemain dengan role-nya masing-masing. Ini bukanlah seperti film Rambo, di mana seringkali hal semacam itu dilakukan oleh pemula. Kemungkinan selamat dari upaya bermain individual sangat kecil, jadi jangan pernah coba-coba melakukannya.

Ini sama sekali tidak akan mengembangkan skill Anda, walaupun perasaannya mungkin terlihat keren. Pemain pro tidak akan bertempur sendirian kecuali itu benar-benar dibutuhkan. Tetapi secara keseluruhan, Dota 2 adalah pertarungan satu tim dengan saling bekerja sama.

6. Tingkatkan Komunikasi dengan Tim

Meski hanya bermain di pub match, sebaiknya jangan malu berkomunikasi. Ini sangat penting dalam permainan tim apapun apalagi seperti Dota 2. Pertempuran di arena akan jadi lebih sulit jika yang terdengar hanya suara SFX dari permainan saja.

Ini tidak semudah kelihatannya, karena faktanya pemain di peringkat bawah masih mengesampingkan komunikasi. Sebagai alternatif, gunakan perintah pada chat wheel untuk berkomunikasi. Akan tetapi lebih disarankan berkomunikasi satu sama lain dengan audio agar terbiasa berkoordinasi dengan teman satu tim.

Itu tadi adalah panduan Dota 2 bagi Sobat Gamer yang merasa stuck atau skill-nya berhenti di situ-situ saja. Jadi selama ini masalahnya mungkin hanya kurang pengetahuan dari luar dan tidak mau berkomunikasi dengan rekan satu tim.

Leave a Reply