Tips Melatih Kematangan Menjadi Dota 2 Hard Support

Tips and Trik

Dota 2 hard support adalah posisi harus ditempati oleh pemain dengan pengetahuan baik terhadap permainan. Pasalnya, role ini seringkali dikambinghitamkan ketika tim mengalami kekalahan. Jadi, kalau Sobat Gamer merasa belum jago, sebaiknya jangan coba memainkan posisi hard support, apalagi di pertandingan penting.

Dilansir dari dotafire dan gamebrott, apabila Anda ingin belajar bermain sebagai hard support, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Ini memang membutuhkan jam terbang untuk mengasah pengalaman dan keahlian dalam memainkan peran. Intinya, jangan langsung menyerah di percobaan pertama karena pasti itu akan terasa sulit dan sangat berat.

Belajar Menjadi Dota 2 Hard Support yang Baik

valve

Tempat belajar menjadi Dota 2 hard support yang paling cocok adalah di pub, karena Anda akan bertemu dengan berbagai karakter pemain. Ini penting untuk meningkatkan mental Sobat Gamer agar selalu siap menerima ‘blame’ dari rekan satu tim. Nah, bagi Anda yang mau belajar, coba ikuti beberapa panduan untuk pemula berikut ini.

1. Mengontrol Emosi

Hard support adalah peran yang sangat berpengaruh dalam permainan tim, jadi Anda harus bisa menahan emosi. Ini harus dilakukan agar bisa berpikir secara jernih untuk mengambil keputusan. Itulah pentingnya jam terbang dan pengalaman bermain dengan berbagai macam karakter pemain lain.

Latihan akan membuat Sobat Gamer semakin lihai bermain sebagai hard support. Kendati demikian, seiringan dengan hal tersebut Anda juga perlu mempelajari Dota 2 hard support meta terbaru. Terus tingkatkan pengetahuan terhadap permainan dan pastikan selalu membaca patch notes setiap ada pembaruan yang datang.

2. Maksimalkan Komunikasi

Sebagai seorang hard support, komunikasi adalah faktor penting untuk mendukung rekan setim. Walaupun tidak kenal, tetapi cobalah mengobrol untuk membangun kekompakan yang bermanfaat dalam pertandingan. Terkadang itu sulit karena pasti ada banyak pemain toxic, tetapi mau tidak mau support harus bisa melakukannya.

Cobalah ‘say hi’ kepada pemain lain untuk mencairkan suasana sekaligus mendeteksi rekan setim mana yang paling toxic. Jika ternyata ada, maka abaikan dia dan tetaplah mencoba berkomunikasi tanpa berkata kasar atau terbawa suasana.

3. Memaksimalkan Warding

 

ModSKinDota

Sobat Gamer tidak hanya perlu memahami Dota 2 hard support lane, tetapi keseluruhan peta. Dalam hal ini, warding adalah hal yang wajib disiapkan dan dilakukan dengan baik supaya Anda terhindar dari blame rekan satu tim. Warding memberikan pandangan terhadap keseluruhan peta dan menghindari ganks.

Intinya, Anda memberikan informasi yang berguna tentang tindakan musuh dan memungkinkan tim untuk selangkah lebih maju. Tetapi pertimbangkan juga potensi tim Anda dan tim musuh di semua fase. Ada tiga jenis warding dalam game, yaitu Rune Wards, Deep Wards dan Defensive and Aggressive Wards.

Ada pula istilah dewarding, yang sama pentingnya bagi support. Ini adalah salah satu cara membuat musuh buta dan mencegah mereka untuk dapat melawan serangan.

4. Stacking Creep di Awal

Bagi seorang hard support, ini adalah salah satu hal yang memang membosankan, tetapi itu adalah suatu kewajiban. Pasalnya, hasil stacking creep bisa jadi bekal untuk melakukan comeback di fase permainan lainnya, terutama untuk carry. Tetapi Anda juga harus waspada karena ini juga bisa digunakan oleh carry lawan.

5. Pemilihan Hero

Dari sekian banyak pilihan di daftar Dota 2 support heroes, setiap pemain pasti punya signature hero masing-masing. Anda pun harus demikian dan cara menemukannya adalah dengan mencoba hero di banyak pertandingan. Tetapi perhatikan juga counter hero yang kemungkinan bisa dipilih oleh tim lawan.

Ketika Sobat Gamer sudah merasa memilih hero terbaik, terkadang akan jadi sia-sia jika lawan head-to-head-nya adalah counter hero. Jika itu terjadi, maka situasi ini akan sangat sulit bagi siapapun, apalagi saat pertempuran. Daripada merugikan tim, sebaiknya berhati-hatilah saat memilih hero.

Kesimpulan

ModSKinDota

Hard support bisa diibaratkan sebagai kru belakang panggung dalam sebuah pertunjukan. Mereka berperan untuk membuat jalannya acara terlihat sempurna tetapi kinerjanya terkadang tidak mendapat sorotan besar. Ketika tim kalah, core hero mendapat pujian, sedangkan jika tim kalah hard support yang paling disalahkan.

Tetapi dengan tips di atas, walaupun tidak terlalu teknis, setidaknya Sobat Gamer bisa jadi Dota 2 hard support yang lebih baik. Kuncinya adalah terus berlatih karena ini bukan hanya tentang pengetahuan hero dan strategi. Tetapi pengambilan keputusan juga sangat penting dan itu hanya bisa didapat dengan menambah pengalaman.

Leave a Reply